Cara Transfer Gopay ke OVO

Berita Pilihan, Tips & Trik: Cara Transfer Gopay ke OVO, Dijamin Anti Gagal

Cara Transfer Gopay ke OVO banyak dicari oleh orang-orang di era modern ini. Bukan tanpa alasan, kedua platform tersebut memang menjadi salah satu sarana finansial yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki kedua jenis akun tersebut.

Salah satunya adalah kemudahan dalam melakukan berbagai jenis transaksi. Bagi kamu yang sering melakukan pembayaran atau belanja online, memiliki akun pada e-wallet adalah sebuah keharusan. Baik Gopay maupun OVO sering memberikan diskon dan benefit lainnya bagi para pengguna.

Salah satu benefit yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah transfer antar e-wallet. Jadi saldo yang kamu miliki di Gopay bisa ditransfer ke rekening e-wallet lain seperti salah satunya adalah OVO. Tentu saja langkah-langkah yang harus dilakukan juga tidak sulit sama sekali.

Cara Transfer Gopay ke OVO dan Sebaliknya

gopay x ovo

Gopay dan OVO adalah dua platform E-walet terbesar di Indonesia. Penggunanya sendiri sudah mencapai jutaan orang. Tidak heran kalau dua aplikasi ini dianggap sebagai platform keuangan digital dengan kredibilitas tertinggi dibandingkan aplikasi lainnya.

Jika kamu memiliki kedua aplikasi tersebut dan hendak melakukan transfer antara keduanya, ada langkah-langkah yang bisa ditempuh. Tenang saja kata langkah-langkah ini sama sekali tidak sulit. Namun kamu harus melakukannya secara teliti. Jangan sampai melakukan kesalahan karena hal ini bisa memunculkan kerugian dari sisi finansial.

  1. Cara Transfer Gopay ke OVO

gopay pembayaran gojek

Jika kamu hendak mentransfer dana dari Gopay ke OVO, pastikan untuk menggunakan jaringan internet yang stabil. Tujuannya agar kamu terhindar dari resiko double transfer. Cek juga saldo kamu akun kamu dan lakukan transfer hanya jika saldo memadai. Panduan selengkapnya bisa kamu lihat pada poin-poin berikut :

  • Pertama kamu hanya membuka aplikasi gojek di perangkat masing-masing.
  • Langsung saja klik menu “Pay” yang ada pada homepage aplikasi.
  • Pilih opsi “to Bank Account”
  • Scroll ke bawah dan tap menu “Transfer to new account”
  • Masukkan nomor HP atau nomor OVO yang jadi tujuan transfer kamu.
  • Tambahkan kode 8099 di depan nomor akun Ovo tersebut.
  • Kalau sudah, pilih menu Verify.
  • Tunggu hingga ID OVO yang menjadi tujuan transfer muncul
  • Kalau sudah langsung saja klik opsi Continue.
  • Masukkan nominal saldo yang hendak kamu transferkan pada kolom tersedia.
  • Nominal minimum dari sesi transfer ini adalah Rp10.000.
  • Kalau sudah, masukkan PIN Gopay kamu dan tunggu hingga proses selesai.

Selamat, kini kamu sudah berhasil mentransfer dana dari akun go-pay ke Ovo. Lakukan langkah-langkah di atas di atas secara sistematis agar prosesnya berjalan dengan lancar.

  1. Cara Transfer OVO ke GoPay

keuntungan ovo

Jika langkah di atas adalah metode transfer Gopay ke OVO, maka poin-poin di bawah ini adalah cara untuk mentransfer saldo rekening dari OVO ke Gopay. Langkah-langkahnya juga tidak kalah mudah. Simak panduannya di bawah ini :

  • Pastikan aplikasi OVO sudah terinstal dan kamu sudah memiliki akun
  • Buka aplikasi tersebut lalu klik opsi “Transfer” yang ada pada menu utama untuk transfer Gopay ke OVO
  • Langsung saja klik menu “Bank Tujuan”
  • Ketikkan nomor akun gojek (no HP) yang menjadi tujuan transfer
  • Tambahkan angka 898 di depan nomor tersebut.
  • Masukkan nominal atau nilai transfer pada kolom tersedia.
  • Klik opsi “Lanjutkan”
  • Nama akun penerima Gopay akan muncul
  • Cek kembali dana transfer kamu. Kalau sudah sesuai, klik menu “Transfer”
  • Pilih opsi “Konfirmasi”
  • Masukkan PIN OVO pada kolom yang muncul
  • Tunggu hingga proses transaksi dinyatakan berhasil oleh sistem.

Bagaimana? Langkahnya tidak kalah mudah jika dibandingkan dengan cara transfer Gopay ke OVO bukan? Jangan lupa untuk memenuhi semua syarat dan ketentuan dari kedua aplikasi ketika melakukan transaksi tersebut.

Syarat Transfer Gopay ke OVO

Syarat Transfer Gopay ke OVO

Untuk transfer saldo Gopay ke OVO, tentu ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Syarat-syarat ini bersifat mutlak harus kamu miliki karena jika tidak, proses transfer sama sekali tidak akan bisa dilakukan.

Syarat-syarat yang harus kamu penuhi disebut juga datang dari berbagai aspek dari mulai teknis maupun non teknis. Berikut ini kami sudah merangkum 5 syarat utama yang harus dipenuhi ketika kamu hendak melakukan proses transfer saldo tersebut.

  1. Kamu harus memiliki koneksi internet yang stabil saat transfer dilakukan
  2. Demi keamanan, pengguna juga harus memiliki akun GoPay atas nama sendiri
  3. Saldo akun Gopay yang digunakan harus memadai.
  4. Mengetahui nomor rekening tujuan atau nomor HP pengguna OVO yang hendak dikirim dana.
  5. Baik akun Gopay maupun OVO harus di upgrade ke versi premium.

Syarat-syarat di atas harus dipenuhi seluruhnya. Jika tidak, maka ada kendala besar di dalam proses transfer Gopay ke OVO ini. Tapi jika kita melihat poin-poinnya, tentu syarat-syarat tersebut tidak akan menjadi masalah besar.

Yang menjadi pertanyaan adalah akun premium. Bagaimana cara upgrade akun reguler kamu menjadi premium? Tentu saja ada proses yang harus kamu lewati dalam hal ini. Tapi tenang saja karena disini kami akan membahasnya sampai tuntas.

Cara Upgrade OVO dan Gopay ke Akun Premium

Akun premium dari GoPay kita kenal dengan nama GoPay Plus. Sedangkan akun premium dari Ovo dikenal dengan nama Ovo Premier. Jika kamu ingin memiliki akun premium seperti diatas, pasti ada beberapa syarat dan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Langkah-langkah ini tentu tidak kalah penting dibandingkan mengetahui cara transfer Gopay ke OVO. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti panduan yang sudah kami siapkan di bawah ini :

  1. Cara Upgrade Gopay Reguler ke Gopay Plus 

Gopay Plus

Gopay Plus adalah akun premium dari Gopay yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan fitur finansial lebih lengkap. Untuk memilikinya kamu harus melakukan langkah-langkah berikut

  • Klik ikon “Explore” yang ada di beranda akun Gopay kamu.
  • Akan muncul banyak menu, klik ikon “Plus” yang ada di bagian bawah untuk meng-upgrade akun kamu.
  • Aplikasi akan menampilkan benefit dari kepemilikan akun Gopay Plus setelahnya
  • Siapkan e-KTP kamu lalu ambil fotonya dengan menggunakan tutorial yang sudah disiapkan oleh aplikasi Gojek.
  • Cek data dan lakukan “Konfirmasi” jika sudah sesuai
  • Klik “Kirim Data” untuk mendapatkan akses Gopay Plus

Setelah ini pihak Gopay akan memeriksa permohonan kamu. Biasanya jawaban akan diberikan dalam jangka waktu paling lama 2 x 24 jam. Namun umumnya proses verifikasi akan selesai dalam waktu beberapa menit saja.

  1. Cara Upgrade akun OVO Reguler ke Ovo Premier

Ovo Premier

Cara mendapatkan akun OVO Premier tidak kalah mudah dibandingkan dengan cara transfer Gopay ke Ovo. Untuk panduan selengkapnya sudah kami siapkan di bawah ini.

Kamu bisa menggunakan jasa partner OVO atau membuka aplikasi OVO langsung dari perangkat masing-masing.

  • Kalau sudah langsung saja klik OVO ID yang ada di menu utama.
  • Scroll ke bagian bawah dan pilih Upgrade
  • Isikan data yang diminta oleh aplikasi lalu klik “Mulai”
  • Siapkan e-KTP kamu dan ambil fotonya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh aplikasi.
  • Kalau sudah kamu bisa langsung mengklik tombol konfirmasi.
  • Setelah ini kamu hanya perlu menunggu pihak OVO mengecek permintaan akun OVO Premium tersebut.

Sama seperti GoPay Plus, permintaan ini akan memakan waktu paling lama 2 x 24 jam. Setelahnya kamu bisa mengakses semua fitur dari GoPay Plus dengan sangat mudah.

Perbandingan OVO Premier dan Gopay Plus

Selain memahami cara transfer Gopay ke OOV yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kamu juga harus mengetahui apa dan bagaimana perbandingan dari kedua platform keuangan online tersebut. Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada 7 perbandingan utama yang bisa kamu lihat langsung dari Gopay dan OVO ini. Mari kita bahas poin-poin tersebut satu persatu

  1. Layanan Gopay lebih fokus terhadap layanan dari Gojek, sedangkan OVO terbilang lebih umum karena berdiri secara mandiri.
  2. Untuk fitur-fiturnya, OVO dan GoPay ini bisa dibilang sama saja. OVO umumnya digunakan untuk layanan transportasi Grab. Sedangkan Gopay digunakan untuk layanan transportasi Gojek.
  3. Gopay dan OVO juga sama-sama bekerjasama dengan jutaan merchant yang tersebar di seluruh Indonesia.
  4. Gopay memberikan layanan Top Up yang jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan OVO. Namun OVO memiliki merchant yang lebih banyak sehingga kamu bisa melakukan top up di banyak mitra.
  5. Untuk saldo maksimum dari kedua aplikasi tersebut terbilang sama saja. Gopay dan OVO memiliki saldo maksimum 10 juta untuk akun premium. Sedangkan transaksi hariannya sendiri berada di angka 20 juta perhari.
  6. Sistem keamanan OVO terbilang jauh lebih maju karena menggunakan fingerprint dan security code. Sedangkan Gopay hanya memberikan opsi PIN saja.

Dengan mengetahui perbandingan dari OVO dan Gopay tersebut, kini kamu tahu harus memilih aplikasi yang mana untuk digunakan. Namun jika kita melihat perbandingan di atas, kedua aplikasi ini memiliki kelas yang setara. Cara transfer Gopay ke OVO ataupun sebaliknya juga tidak sulit untuk dilakukan.

Tips Transfer Gopay ke OVO atau Sebaliknya

Agar proses transfer Gopay ke OVO berjalan dengan lancar, tentu ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Tips ini terbilang wajib untuk dipenuhi karena bisa memaksimalkan semua aspek yang wajib dimiliki oleh pengguna E-Wallet. Diantara tips-tips tersebut adalah :

Pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang stabil supaya proses transfer berjalan dengan sukses. Tujuannya untuk menghindari terjadinya double transfer.

  1. Jangan pernah memberikan kode PIN kamu kepada siapapun demi menjaga keamanan data.
  2. Selalu cek ulang nominal dan tujuan transfer sebelum melakukan konfirmasi. Kesalahan satu nomor saja bisa membuat kamu kehilangan dana dalam jumlah besar.
  3. Jangan pernah mengklik tautan yang tidak perlu karena berpotensi physing dan bisa menyebabkan akun terkena peretasan.
  4. Jangan percaya kepada siapapun yang menelepon kamu terkait proses transfer dan meminta PIN. In sudah mutlak penipuan.
  5. Lakukan transfer di jam kerja agar bisa konfirmasi langsung kepada yang dituju terkait dana transfer.

Tips ini akan menjamin kamu dari kesalahan transfer Gopay ke OVO dan membuat akun jadi jauh lebih aman. Jangan pernah menyepelekannya karena tips ini sangat penting untuk kamu lakukan.

Bagaimana Jika Transfer Kamu Gagal ?

Jika transfer Gopay ke OVO ini gagal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek saldo di akun Gopay masing-masing. Cek apakah saldo berkurang?

Jika saldo berkurang, kamu harus segera melakukan konfirmasi ke pemilik akun OVO yang dituju. Tanyakan langsung apakah dana sudah diterima atau tidak.

Kalau saldo masih ada, kamu hanya perlu melakukan transfer ulang. Jangan lupa cek juga histori transaksi secara langsung dari perangkat kamu. Apabila history tidak ada, maka kamu bisa melakukan transfer Gopay ke OVO ini kedua kalinya.