Berita Pilihan, Tekno Business: Microsoft Berikan Solusi Untuk Masalah BitLocker di Update Windows Terbaru

Microsoft telah secara resmi mengkonfirmasi apa yang telah dilaporkan beberapa pengguna selama beberapa hari ini tentang masalah Bitlocker di update windows terbaru.

Menurut pemberitahuan yang diposting di Informasi Dasbor Kesehatan Windows resmi, pembaruan keamanan terbaru untuk Secure Boot DBX (KB5012170) menyebabkan komputer melakukan boot ke pemulihan BitLocker, mendorong pengguna untuk memasukkan kunci pemulihan mereka.

Selain secara resmi mengakui bug aneh ini, Microsoft telah mengungkapkan solusi sementara untuk sistem yang terpengaruh dan masih tidak terpengaruh:

Cara Mengatasi Masalah Bitlocker di Windows

Bitlocker recovery

Mereka yang telah menginstal KB5012170 dan sekarang mendapatkan petunjuk pemulihan BitLocker harus memasukkan kunci pemulihan BitLocker mereka. Panduan resmi tersedia dalam dokumentasi dari Microsoft.

Mereka yang belum menginstal KB5012170 atau memulai ulang sistem mereka setelah menerapkan pembaruan dapat menangguhkan sementara BitLocker untuk melewati bug:

  • Jalankan Command Prompt sebagai Administrator dan masukkan perintah Manage-bde -protectors -disable %systemdrive% -rebootcount 2.
  • Instal KB5012170.
  • Restart komputer Anda dua kali.
  • BitLocker harus kembali berjalan setelah restart kedua
  • Langkah selanjutnya adalah Anda dapat memverifikasi statusnya menggunakan perintah Manage-bde -protectors -Enable %systemdrive%.

Menariknya, Microsoft mengatakan bahwa bug BitLocker tidak mempengaruhi semua komputer. Menurut Microsoft, pengguna yang berhasil me-restart PC mereka dua kali setelah menerapkan KB5012170 tidak akan mendapatkan prompt pemulihan BitLocker. Juga, kesalahan tidak mengganggu sistem Windows 10, hanya Windows 11.

Masalah lain yang disebabkan oleh KB5012170 adalah Error 0x800f0922 ketika pengguna mencoba menginstal pembaruan keamanan untuk DBX Boot Aman. Saat Microsoft sedang menyelidiki masalah ini, pelanggan dapat melewati kesalahan dengan memperbarui UEFI ke versi terbaru. command.