apa itu apple scribble
Begini cara menggunakan Apple Scribble di iPad (image: iphon.fr)

Tekno Business: Apa itu Apple Scribble dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa itu Apple Scribble – Apple memperkenalkan fitur yang disebut Scribble dengan iPadOS 14 ketika diluncurkan pada tahun 2020. Fitur ini memungkinkan pemilik Apple Pencil dan iPad untuk melakukan lebih dari yang mereka bisa sebelum Scribble dirilis; Seperti tulisan tangan di kotak teks misalnya.

Bagaimana cara kerja dari Apple Scribble ini, apa yang perlu Anda lakukan untuk memanfaatkannya, dan bagaimana Anda menggunakannya? Itu saja yang perlu Anda ketahui tentang Scribble di iPad.

Bagaimana Cara Menggunakan Scribble?

Apple Scribble on iPad
Apple Scribble on iPad (image: pocket-lint.com)

Apple Scribble bekerja dengan merekam apa yang Anda ketik di layar dengan Apple Pencil Anda, lalu menerjemahkannya ke dalam teks tertulis yang dapat dibaca oleh aplikasi.

Bekerja dalam skala besar, itu berarti Anda dapat mengetik di bilah alamat di Safari atau kotak obrolan di Slack tanpa harus melepaskan pensil dan mulai mengetik di keyboard.

Di beberapa aplikasi, seperti Notes misalnya, mengetikkan URL situs web secara otomatis akan menjadi hyperlink karena sistem akan dapat mendeteksi bahwa itu adalah URL situs web.

Apa yang bisa dilakukan dengan Scribble?

Pada tingkat paling dasar, fitur Scribble memungkinkan Anda mengetik di mana saja yang biasanya Anda inginkan dengan keyboard Anda (dalam banyak kasus) dan membuat kata-kata yang diketik tersebut dibaca secara otomatis sebagai teks yang diketik.

Ini mengetik di kotak pencarian, kotak obrolan di dalam Slack atau Skype misalnya, atau apa pun yang memerlukan beberapa bentuk input.

Ini belum berfungsi di semua aplikasi di semua tempat tetapi cukup komprehensif di mana itu berfungsi. Ini sangat berguna untuk mengisi formulir web menggunakan Safari atau Chrome.

Pada tingkat yang lebih tinggi, Scribble memungkinkan Anda membuat kata-kata tulisan tangan yang Anda ketik di Catatan dapat diterjemahkan ke dalam teks yang diketik sehingga Anda dapat menyalin dan menempelkannya ke dokumen lain untuk dibagikan dengan cara tradisional.

Jika Anda tidak ingin menggunakan Scribble, Anda dapat mematikannya di Pengaturan > Apple Pencil > Matikan sakelar Scribble.

Apa itu Pintasan Scribble?

fitur scribble

Mengetik adalah satu hal, tetapi Scribble juga memiliki sejumlah fitur dan fungsi pengeditan bawaan untuk membuatnya lebih mudah digunakan.

Anda dapat menghapus kata dengan menulis kata dengan Apple Pencil, atau memilih teks dengan menggambar garis atau memindahkannya dalam lingkaran. Ada juga perintah insert dan join untuk memungkinkan Anda melakukan debug tanpa harus menekan keyboard setiap saat.

Di antara semuanya, alat undelete adalah yang paling berguna dan kemungkinan besar yang akan paling sering Anda gunakan.

Anda dapat menemukan berbagai fitur lengkap dan cara menggunakannya di Pengaturan > Apple Pencil > Coba Scribble

Bahasa apa yang didukung Scribble?

Scribble menawarkan dukungan untuk bahasa Inggris, Mandarin Tradisional dan Sederhana, Mandarin Campuran, Inggris, Portugis, Prancis, Italia, Jerman, dan Spanyol, memungkinkan pengguna mengetik secara manual di bidang teks apa pun dan melakukan tugas tulisan tangan seperti memilih, memotong, dan menempelkan teks dengan mudah ke dalam dokumen lain sebagai teks yang diketik.

Anda harus menginstal iPadOS 14 atau lebih baru di iPad Anda untuk menggunakan fitur Scribble. Aplikasi ini bekerja dengan Apple Pencil atau penawaran stylus dari perusahaan lain seperti Logitech. Semua iPad dalam daftar di bawah ini mendukung Scribble:

  • iPad mini (generasi ke-6)
  • iPad Air (generasi ke-3 dan lebih baru)
  • iPad Pro 11 inci (semua generasi)
  • iPad Pro 12,9 inci (semua generasi)
  • iPad Pro 9,7 inci
  • iPad Pro 10.5″