Samsung Rilis Galaxy Z Fold 4

Samsung Rilis Galaxy Z Fold 4 Dengan Desain Baru Dan Penyesuaian Software

Samsung telah mengumumkan secara resmi bahas Galaxy Z Fold 4 merupakan ponsel lipat terbaru yang akan menjadi kunci masa depan jajaran perangkat selulernya.

Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, Samsung pasti mempengaruhi pasar yang lebih luas. Salah satunya adalah dengan merilis ponsel dengan model flip dan fold ini.

Dikutip dari laman Cnet (12/8/2022), Samsung terus meningkatkan desain ponsel lipatnya dengan Galaxy Z Fold 4, yang akan mulai dijual pada 26 Agustus dan mulai dari $ 1.800  atau sekitar (Rp 26.516.700).  Untuk lebih jelasnya, bisa kita simak ulasan dari ponsel terbarunya itu.

Smartphone Terbaru Dari Samsung

The Galaxy Z Fold 4
Layar penutup Galaxy Z Fold 4 lebih lebar dari pada Z Fold 3 (CNET)

Ponsel lipat gaya buku baru, yang diumumkan pada acara Unpacked pada hari Rabu, memiliki desain yang dimodifikasi yang seharusnya lebih mudah dikelola dalam mode ponsel. Ia juga mendapatkan perangkat lunak baru yang memanfaatkan layar yang dapat dilipat dan peningkatan rutin pada prosesor dan kamera.

Samsung adalah salah satu yang pertama memasuki pasar, meluncurkan Galaxy Fold pertama pada 2019. Samsung memimpin pasar ponsel lipat dengan margin besar dalam hal pengiriman, menurut perkiraan dari Display Supply Chain Consultants dan Omdia. Namun ponsel yang dapat dilipat masih mewakili segmen pasar ponsel yang lebih luas. Z Fold 4 dan Z Flip 4 yang baru adalah upaya terbaru Samsung untuk mengubahnya dengan mengatasi beberapa kritik terbesar dari model sebelumnya, yang dapat membuat perangkat lipat lebih menarik bagi audiens yang lebih besar.

Misalnya, Galaxy Z Fold 4 memiliki layar penutup yang lebih lebar yang sangat mirip dengan ponsel biasa yang tidak dapat dilipat saat ditutup. Perubahan tersebut membuat aplikasi terlihat lebih natural karena layar Z Fold 4 tidak sempit. Perbedaannya tentu terlihat dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 3, namun layarnya masih tidak seluas ponsel standar seperti Galaxy S22 atau iPhone 13.

Samsung juga berbuat lebih banyak untuk membuat Galaxy Z Fold 4 berguna saat layarnya dilipat setengah. Mode fleksibel, yang membagi aplikasi antara bagian atas dan bawah layar saat Z Fold dibuka, mendapatkan fitur baru. Anda dapat menggunakan bagian bawah layar sebagai trackpad untuk mengontrol konten di bagian atas, mirip dengan touchpad pada laptop.

Ini akan mempermudah navigasi antar aplikasi dalam mode fleksibel, karena Anda tidak perlu menyembunyikan bagian atas layar dengan jari Anda saat menggesek. Galaxy Z Flip 4 yang baru diumumkan juga mendapatkan fitur ini, dan Samsung mengatakan akan membawanya ke perangkat Galaxy Z Fold dan Flip yang lebih lama. Samsung juga mengatakan Z Fold 4 adalah perangkat pertama yang dikirimkan dengan Android 12L, versi Android yang dioptimalkan untuk tablet. Salah satu tambahan yang paling menonjol untuk Android 12 adalah taskbar Z Fold 4 baru, yang membuat peralihan antar aplikasi menjadi lebih nyaman.

Desain keseluruhan Z Fold 4 umumnya sama, tetapi Samsung mengklaim bahwa Z Fold 4 memiliki bentuk yang lebih kokoh. Bagian luar dilindungi oleh Gorilla Glass Victus Plus, sedangkan layar internal berukuran tablet dikatakan 45% lebih tahan lama. Samsung juga mengatakan bahwa layar internal Z Fold 4 lebih terang dari pendahulunya, dan kamera internal di bawah layar kurang terlihat. Seperti versi sebelumnya, Z Fold 4 juga kompatibel dengan S Pen.

Performa Galaxy Z Fold 4

Galaxy Z Fold 4
Lisa Eadicicco/CNET

Kebanyakan orang yang tertarik dengan Galaxy Z Fold mungkin lebih tertarik pada layar internal raksasa ponsel daripada kamera. Namun dengan harga setinggi itu, Z Fold 4 seharusnya memiliki kamera yang setidaknya menyamai atau melebihi ponsel non-foldable Samsung. Kamera Galaxy Z Fold 4 jelas merupakan langkah ke arah yang benar, dan merupakan peningkatan nyata dari lensa wide-angle, telephoto, dan ultra-wide 12 megapiksel Z Fold 3. Namun Galaxy S22 Ultra tetap menjadi ponsel kamera terbaik Samsung.

Z Fold 4 juga akan ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1, versi lebih baru yang sedikit ditingkatkan dari chip yang ditemukan dalam jajaran Galaxy S22. Kapasitas baterai tetap sama pada 4.400mAh, yang disayangkan – Patrick Holland dari CNET kecewa dengan masa pakai baterai Galaxy Z Fold 3.