Aplikasi BOP 2021 - 2022: Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya
aplikasi bop 2021 2022

Aplikasi BOP 2021 – 2022: Fungsi, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Aplikasi BOP 2021 – 2022 dibuat khusus tenaga pendidik di jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau yang setara. Bagi para pendidik hal ini memiliki fungsi sangat penting karena membantu mempermudah pekerjaan.

Kini aplikasi online tidak hanya dibuat untuk program permainan dan keuangan saja. Namun, saat ini juga mulai banyak diaplikasikan pada dunia pendidikan. Salah satunya adalah mengurus BOP (Bantuan Operasional Penyelenggara).

Bagi kamu yang sudah lama terjun di dunia pendidikan maka tidak akan asing lagi dengan aplikasi tersebut. Kamu bisa mengaksesnya melalui berbagai macam perangkat seperti laptop, ponsel, PC atau tablet.

Tujuan pembuatannya yaitu sebagai bentuk dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi guru dan staf PAUD. Pada umumnya, bantuan akan ditransfer ke rekening milik yayasan PAUD sehingga bisa langsung dimanfaatkan.

Mengenal Lebih Dalam Aplikasi BOP 2021 – 2022

Mengenal Lebih Dalam Aplikasi BOP 2021

Program seperti ini memang sudah ada hanya saja namanya berbeda, yaitu BOP SIMDAK 2020. Programnya juga sudah berjalan lama, berfungsi dengan baik dan tepat sasaran.

Bantuan akan langsung diberikan kepada para guru melalui rekening yayasan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana prosedur mengajukan dan mencairkan dananya.

Kehadiran bantuan itu sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah. Dana operasional tersebut dapat kamu alokasikan untuk berbagai tujuan. Contohnya penerimaan siswa baru dan melaksanakan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pendidikan.

Selain itu, aplikasi BOP 2021 juga digunakan mengembangkan perpustakaan, mendukung ekstrakurikuler, membiayai listrik, memelihara sarana dan prasarana sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit ketika membeli perlengkapan.

Pihak sekolah juga bisa memanfaatkannya agar profesional guru maupun staf meningkatkan. Apabila tenaga pendidik bersifat profesional maka berdampak positif terhadap kemajuan sekolah.

Kehadirannya sangat membantu pihak sekolah dalam melaporkan kegiatan maupun keuangan. Prosesnya juga mudah sehinga tidak merepotkan banyak pihak. Laporan pada umumnya dikirim secara online menggunakan data non fisik.

Saat mengirim data, harus memasukkan informasi secara detail. Data merupakan laporan selama 3 bulan setelah belajar mengajar berlangsung. Semua data yang dimasukkan dalam aplikasi BOP 2021 harus sesuai dengan fakta.

Apabila data yang diunggah tidak lengkap maka akan menimbulkan masalah pada pembayaran selanjutnya. Oleh karena itu, agar tidak muncul masalah pada periode selanjutnya maka kamu harus berhati-hati.

Kamu dianjurkan untuk mengecek data terlebih dahulu sebelum mengunggah dan menyimpan di aplikasi. Hal ini karena apabila ada kesalahan akan berakibat fatal. Misalnya proses pencairan dana menjadi sulit atau terlambat.

Fungsi dan Manfaat dari Aplikasi BOP 2021

aktifitas belajar mengajar guru paud
Kemendikbudristek meluncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Inklusif (foto: Sindonews)

Kehadiran aplikasi ini khusus diberikan kepada pengajar tingkat PAUD. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena memiliki fungsi yang beragam. Beberapa di antaranya adalah berfungsi mengolah data.

Kamu juga lebih mudah mengetahui alur pencairan dana. Fungsi lainnya adalah sebagai media yang mempermudah dalam melaporkan keuangan maupun menyusun ringkasan proposal.

Semua tenaga pendidik yang telah mengajukan proposal maka berhak untuk memperoleh bantuan tersebut. Setelah dana cair maka kamu bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan PAUD agar lebih maju.

Hal ini karena PAUD merupakan tempat belajar bagi anak-anak sehingga akan menambah pengalaman dan menciptakan suasana menyenangkan. Pada umumnya, membutuhkan banyak peralatan untuk memfasilitasi anak bermain.

Aplikasi BOP 2021 memiliki banyak manfaat karena tidak hanya untuk merawat berbagai sarana dan prasarana saja. Namun, bisa digunakan mencukupi kebutuhan administrasi sekolah.

Pembayaran honor staf dan tenaga pendidik juga bisa menggunakan dana tersebut. Lalu, untuk membeli berbagai perlengkapan multimedia yang mendukung pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran dan lain-lain.

Tidak ada salahnya kamu mengetahui informasi tersebut, mengingat manfaat dan fungsinya sangat banyak. Dengan demikian, jika ada orang yang tidak bisa memproses pengajuan tersebut maka kamu bisa membantunya.

Adanya bantuan operasional maka masa depan sekolah lebih terjamin. Sumber BOP berasal dari APBN. Dana tersebut sengaja diberikan agar mendukung keberlangsungan PAUD.

PAUD sangat penting bagi anak 0-6 tahun. Failitas yang lengkap menjadi daya tarik tersendiri bagi calon peserta didik untuk semangat bersekolah. Sekolah juga mudah untuk mendapatkan peserta didik.

Intip Cara Mudah Menggunakan Aplikasi BOP 2021

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi BOP 2021

Cara menggunakannya tidak ribet sehingga siapa saja pasti bisa melakukannya. Silahkan kamu buka browser menggunakan perangkat yang dimiliki. Selanjutnya ketikkan https://bop.kemdikbud.go.id/.

Tunggulah beberapa saat sampai loading sempurna. Lalu, silahkan login ke situs tersebut agar bisa mengoperasikan platfom ini. Kamu dianjurkan untuk mengakses saat memiliki waktu senggang.

Tujuannya adalah agar tidak terjadi ledakan pemakaian sehingga memperlancar proses pengisian data saat mengajukan dana maupun memberi laporan. Selanjutnya, klik SSO, isi username dan kata sandi ketika login.

Setelah berhasil login maka akan menampilkan berbagai data dalam bentuk file laporan maupun grafik. Langkah selanjutnya untuk menggunakan aplikasi BOP 2021 kamu perlu memilih fitur perencanaan data.

Pilih paket penggunaan dan mengisi data. Setelah semua data terisi maka kini saatnya untuk menyimpannya. Silahkan klik data report, lalu pilih reporting. Proses telah selesai dan tinggal menunggu dana cair.

Pada faktanya meskipun disebut sebagai aplikasi, namun cara memanfaatkannya tidak seperti apk lain yang terdapat pada Google Play Store. Kamu tidak bisa menginstall dan mengunduhnya karena digunakan menggunakan website.

Aplikasi telah disediakan untuk tingkat pendidikan usia dini atau pendidikan yang setara. Selain itu, berfungsi sebagai platform yang dibutuhkan saat mengolah data, merekap proposal dan mengunggah laporan bantuan operasional.

Menyusun Perencanaan pada Aplikasi BOP 2021

Para tenaga pendidik wajib menyiapkan RAD (Rencana Anggaran Dana) BOP PAUD. Caranya yaitu dengan memilih menu data perencanaan. Langkah selanjutnya adalah memasukkan data dengan melakukan scroll ke bawah.

Ada beberapa data dan komponen yang wajib untuk diunggah. Data tersebut antara lain mencakup kegiatan operasional pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan yang mendukung pembelajaran juga wajib diisi dan pemenuhan administrasi.

Lalu, untuk penggunaannya tergantung pada jenis komponen yang kamu pilih. Masukkan juga nama barang yang sudah dibeli beserta harga satuannya pada aplikasi BOP 2021.

Komponen yang dimasukkan memang banyak dan beragam sesuai kebutuhan. Komponen dapat diajukan dengan syarat masih ada kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar maupun aktivitas bermain.

Contohnya seperti alat musik, mainan edukatif, peralatan masak, pakaian adat dan lain-lain. Program menyediakan makanan sehat juga bisa dimasukkan dalam agenda perencanaan.

Hal ini karena mendukung tumbuh kembang anak dan proses pembelajaran. Di samping itu, pada aplikasi BOP 2021 kamu perlu menuliskan rencana alokasi dana untuk menyelenggarakan kegiatan yang mendukung pembelajaran.

Misalnya seperti pembayaran honor, membeli alat kebersihan dan obat-obatan. Bisa juga untuk menyelenggarakan pertemuan dengan orang tua peserta didik dan lain-lain. Semua data wajib diisi agar bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

Kamu juga harus teliti dan realistis dalam membuat rencana pengeluaran. Dengan demikian, dana bisa lebih mudah dicairkan ke rekening milik yayasan.

Cara Membuat Laporan Realisasi Penggunaan BOP

Apabila kamu telah selesai menyusun perencanaan, maka saatnya mengerjakan tahap selanjutnya. Membuat laporan realisasi tidak jauh berbeda saat mengisi bagian perencanaan.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa tujuan dilakukan pelaporan ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap dana. Dengan demikian, pemberi bantuan bisa mengetahui BOP dimanfaatkan untuk apa saja.

Kamu juga perlu mengisi berbagai jenis komponen, penggunaan dan masih banyak lagi lainnya. Semua data yang dilaporkan harus relevan dengan isi dari perencanaan.

Oleh karena itu, persiapkan jauh hari sebelum mengajukan bantuan melalui aplikasi BOP 2021. Persiapan meliputi membuat daftar rencana kegiatan atau list barang yang akan dibutuhkan dalam pembelajaran.

Silahkan kamu buka aplikasi, lalu login menggunakan username dan password yang telah dibuat. Selanjutnya, pilihlah laporan penggunaan dana. Penggunaan dana yang dilaporkan harus realistis dan sesuai dengan perencanaan.

Setelah semua data dimasukkan, maka kamu telah selesai melaporkan penggunaan dana BOP. Langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi agar dana bisa segera ditransfer ke rekening yayasan.

Kamu bisa melakukan pengecekan setiap memasukkan data. Teliti kembali setiap data sebelum disimpan. Sekilas mengisi data memang mudah, namun jika tidak teliti akan terjadi kesalahan data pada aplikasi BOP 2021.

Perlu kamu ketahui bahwa kesalahan data akan berpengaruh terhadap masa depan sekolah. Apabila tidak terjadi kesalahan data maka akan memperlancar proses verifikasi dan pencairan bantuan.

Apabila bantuan operasional tidak dapat dicairkan, maka bisa menghambat aktivitas pembelajaran. Padahal, dana bantuan tersebut sangat dibutuhkan untuk memajukan sekolah.

Di samping itu, untuk membeli perlengkapan pendukung agar peserta didik mendapatkan fasilitas pembelajaran yang memadai. Oleh karena itu, pastikan laporan yang dibuat harus sesuai fakta.

Panduan untuk Melakukan Verifikasi Rekening BOP PAUD

Verifikasi Rekening BOP PAUD
CARA INPUT NOMOR REKENING BARU BOP 2022 DI APLIAKSI DAPODIK (foto: Youtube/Kang Abie

Apabila semua data sudah selesai diisi, maka pada aplikasi muncul laporan rencana kegiatan. Setelah ini, prosesnya belum selesai karena wajib melakukan verifikasi rekening BOP.

Proses verifikasi sangat penting untuk diperhatikan karena berpengaruh terhadap kelancaran pencairan dana. Tujuannya yaitu untuk memastikan kebenaran data nomor rekening yang terdapat di DAPODIK.

Apabila terdapat perbedaan nomor rekening pada DAPODIK maka kamu akan menemukan pesan bahwa sekolah belum terverifikasi pada aplikasi BOP 2021. Guru yang bertanggung jawab mengurus BOP harus melakukan perbaikan data.

Pastikan data terbaru yang telah diperbaiki benar dan sesuai rekening sekolah. Cara untuk melakukan verifikasi yaitu menyiapkan dokumen terlebih dahulu. Dokumen tersebut berupa buku rekening sekolah.

Pastikan nomor rekening masih aktif sehingga verifikasi lancar tanpa ada kendala. Selanjutnya, memperbaiki data rekening. Lalu, isikan nama dan nomor rekening dengan cara login terlebih dahulu.

Setelah itu, pilihlah menu sekolah dan scroll ke bawah. Isikan data rekening, lalu klik simpan. Kamu pilih menu validasi dan sinkronisasi agar data yang diisi terkirim.

Tahap terakhir dari proses verifikasi adalah menyiapkan foto buku rekening dengan format JPG. Pastikan nomor rekening pada foto terlihat jelas. Adapun untuk ukuran file yang diunggah ke aplikasi BOP 2021 maksimal 1 MB.

Langkah berikutnya adalah masuk ke situs berikut https://bos.kemdikbud.go.id/. Lalu, masuk ke SSO DAPODIK. Masuklah ke menu untuk mengunggah buku tabungan dan pilih konfirmasi.

Pada menu tersebut, kamu bisa mengupdate data jika nomor rekening berubah. Klik update jika data telah diisi dengan benar. Kini proses verifikasi telah selesai dan kamu tinggal menunggu dana cair.

Semua tenaga pendidik di tingkat PAUD wajib mengetahui aplikasi BOP. Hal ini karena kehadiran aplikasi BOP 2021 semakin mempermudah melakukan pencairan dana sehingga kamu perlu mengetahui prosedurnya.