Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 14 Pembelajaran 2 Lengkap
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 14 Pembelajaran 2 Lengkap
Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 14 Pembelajaran 2 Lengkap

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 14 Pembelajaran 2 Lengkap

Halo teman semuanya, pada kesempatan kali ini Teknobgt akan membahas soal dan kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 14 Pembelajaran 2 dari Buku Tematik Terpadu untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Perlu di ketahui juga bahwa yang dibahas kali ini adalah Subtema 1 tentang Organ Gerak Hewan. Kamu juga bisa melihat penjelasan dari semua soal dari Buku Tema 1 kelas 5 ini di Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD/MI yang dirangkum secara lengkap.

Pada Buku Tematik 1 halaman 5 ini para siswa diajak untuk mencoba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi yang ada di buku tematik 1 halaman 14.

Kunci Jawaban Halaman 14 Tema 1 Kelas 5 SD/MI

Soal tulis nama organ gerak hewan dan fungsi halaman 14 tema 1 kelas 5

Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci.

Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

Soal :

Tulislah nama organ gerak dan fungsinya pada hewan-hewan berikut ini. Ikan, Katak, Burung, Ular, Kadal, Kambing!

Jawaban :

1. Nama Hewan: Kelinci

Nama Organ Gerak: Kaki
Fungsi: Fungsi utama kaki pada kelinci adalah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

2. Nama Hewan: Ikan

Nama Organ Gerak: Sirip dan Ekor
Fungsi: Fungsi sirip dan ekor umumnya adalah untuk membantu ikan berenang. Sirip pada ikan terletak pada berbagai tempat untuk berbagai fungsi, seperti gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak.

3. Nama Hewan: Katak

Nama Organ Gerak: Tungkai Kaki
Fungsi: Katak memiliki tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Fungsi dari tungkai belakang katak adalah untuk melompar, sehingga strukturnya lebih kukuh. Sedangkan tungkai depan berfungsi sebagai penahan tubuh saat mendarat.

👉 TRENDING:  Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 12 - 13 "Ayo Mencoba"

4. Nama Hewan: Burung

Nama Organ Gerak: Sayap dan Kaki
Fungsi: Burung memiliki struktur tubuh seperti hewan bertulang belakang. Alat gerak burung adalah sayap saat terbang dan kaki saat berjalan di tanah.

5. Nama Hewan: Ular

Nama Organ Gerak: Rangka tubuh
Fungsi: Pada ular, gerakan terjadi saat rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dikenal sebagai lokomosi berkelok-kelok.

6. Nama Hewan: Kadal

Nama Organ Gerak: Tungkai Kaki
Fungsi: Kadal bergerak menggunakan kaki untuk berjalan. Kadal mempunyai dua pasang kaki depan dan belakang yang berjari lima dengan cakar diujungnya.

7. Nama Hewan: Kambing

Nama Organ Gerak: Kaki
Fungsi: Kaki pada kambing digunakan untuk berjalan, berlari dan melompat. Dengan ke empat kakinya kambing dapat bergerak kesana-kemari untuk mencari makan.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 14 Subtema 1 Pembelajaran 2 yang sifatnya hanya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.