Cara Menghitung PPh Final Orang Pribadi
Cara Menghitung PPh Final Orang Pribadi

Cara Menghitung PPh Final Orang Pribadi

Halo Sobat TeknoBgt, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung PPh Final Orang Pribadi.

Pengertian PPh Final Orang Pribadi

Pajak penghasilan final atau PPh Final adalah pajak penghasilan yang dikenakan pada penghasilan tertentu yang jumlahnya sudah ditetapkan oleh pemerintah. PPh Final Orang Pribadi adalah pajak penghasilan final yang dikenakan pada Orang Pribadi yang memiliki penghasilan usaha atau pekerjaan bebas. PPh Final Orang Pribadi ini dibedakan dengan PPh Pasal 21, di mana PPh Pasal 21 dikenakan pada penghasilan Orang Pribadi yang bekerja di bawah pengawasan pihak lain.

Siapa yang Harus Membayar PPh Final Orang Pribadi?

Orang Pribadi yang harus membayar PPh Final adalah Orang Pribadi yang memiliki penghasilan usaha atau pekerjaan bebas. Penghasilan usaha atau pekerjaan bebas termasuk penghasilan dari jasa, honorarium, royalty, keuntungan dari pengalihan harta kekayaan, dan sebagainya.

Pembayaran PPh Final Orang Pribadi

PPh Final Orang Pribadi harus dibayar setiap bulannya paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya. Jika Anda membayar keterlambatan maka akan dikenakan denda sebesar 2% per bulan dari jumlah keterlambatan yang harus dibayarkan.

Cara Menghitung PPh Final Orang Pribadi

Untuk menghitung PPh Final Orang Pribadi, pertama-tama kita perlu mengetahui tarif PPh Final Orang Pribadi yang berlaku saat ini. Tarif PPh Final Orang Pribadi saat ini adalah 0,5% dari total penghasilan kena pajak.

Setelah mengetahui tarif PPh Final Orang Pribadi, selanjutnya kita dapat menghitung jumlah PPh Final Orang Pribadi yang harus dibayar dengan menggunakan rumus berikut:

Jumlah Penghasilan Kena PajakTarif PPh Final Orang PribadiJumlah PPh Final Orang Pribadi
Rp. 10.000.0000,5%Rp. 50.000
Rp. 15.000.0000,5%Rp. 75.000
Rp. 20.000.0000,5%Rp. 100.000

Kapan Anda Tidak Perlu Membayar PPh Final Orang Pribadi?

Ada beberapa situasi di mana Anda tidak perlu membayar PPh Final Orang Pribadi, yaitu:

  • Jika penghasilan Anda kurang dari Rp. 4.800.000 per bulan
  • Jika penghasilan Anda berasal dari gaji karyawan yang sudah dikenakan PPh Pasal 21
  • Jika penghasilan Anda berasal dari penerimaan dividen

Apa Saja Keuntungan dari Membayar PPh Final Orang Pribadi?

Ada beberapa keuntungan dari membayar PPh Final Orang Pribadi, yaitu:

  • Anda tidak perlu repot menghitung dan melaporkan pajak penghasilan bulanan seperti yang harus dilakukan pada PPh Pasal 21
  • Anda tidak perlu mengajukan SPT Tahunan PPh karena sifatnya sudah final

Frequently Asked Questions (FAQ) Mengenai PPh Final Orang Pribadi

1. Apa yang dimaksud dengan PPh Final Orang Pribadi?

Pajak penghasilan final atau PPh Final adalah pajak penghasilan yang dikenakan pada penghasilan tertentu yang jumlahnya sudah ditetapkan oleh pemerintah. PPh Final Orang Pribadi adalah pajak penghasilan final yang dikenakan pada Orang Pribadi yang memiliki penghasilan usaha atau pekerjaan bebas.

2. Siapa yang harus membayar PPh Final Orang Pribadi?

Orang Pribadi yang harus membayar PPh Final adalah Orang Pribadi yang memiliki penghasilan usaha atau pekerjaan bebas.

3. Bagaimana cara menghitung PPh Final Orang Pribadi?

Untuk menghitung PPh Final Orang Pribadi, pertama-tama kita perlu mengetahui tarif PPh Final Orang Pribadi yang berlaku saat ini. Tarif PPh Final Orang Pribadi saat ini adalah 0,5% dari total penghasilan kena pajak.

4. Apa Saja Keuntungan dari Membayar PPh Final Orang Pribadi?

Ada beberapa keuntungan dari membayar PPh Final Orang Pribadi, yaitu: Anda tidak perlu repot menghitung dan melaporkan pajak penghasilan bulanan seperti yang harus dilakukan pada PPh Pasal 21 dan Anda tidak perlu mengajukan SPT Tahunan PPh karena sifatnya sudah final.

5. Kapan Anda Tidak Perlu Membayar PPh Final Orang Pribadi?

Ada beberapa situasi di mana Anda tidak perlu membayar PPh Final Orang Pribadi, yaitu jika penghasilan Anda kurang dari Rp. 4.800.000 per bulan, jika penghasilan Anda berasal dari gaji karyawan yang sudah dikenakan PPh Pasal 21, atau jika penghasilan Anda berasal dari penerimaan dividen.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang Cara Menghitung PPh Final Orang Pribadi. Dalam menghitung PPh Final Orang Pribadi, perlu diketahui tarif yang berlaku saat ini yang sebesar 0,5% dari total penghasilan kena pajak. Ada beberapa situasi di mana Anda tidak perlu membayar PPh Final Orang Pribadi dan ada beberapa keuntungan dari membayar PPh Final Orang Pribadi. Semoga artikel ini membantu meningkatkan pemahaman Anda tentang PPh Final Orang Pribadi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Menghitung PPh Final Orang Pribadi