Pada hakikatnya wawasan nusantara merupakan pancaran dari
Pada hakikatnya wawasan nusantara merupakan pancaran dari

Pada hakikatnya wawasan nusantara merupakan pancaran dari

Pada hakikatnya wawasan nusantara merupakan pancaran dari…

a. sumpah pemuda
b. UUD 1945
c. pancasila
d. bendera merah putih
e. budaya daerah​

Jawaban : C.pancasila

Wawasan nusantara pada hakikatnya merupakan pancaran dari falsafah Pancasila yang diterapkan dalam kondisi nyata Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia telah dijadikan landasan idiil dan dasar negara yang tercantum pada Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945.

Pancasila dikatakan sebagai filsafat, karena Pancasila merupakan hasil permenungan jiwa yang mendalam yang dilakukan oleh the founding fathers Indonesia, yang dituangkan dalam suatu sistem (Abdul Gani, 1998). Pancasila sebagai falsafah negara maupun ideologi negara berarti bahwa wawasan dan nilai yang terkandung secara kultural tertanam dalam sanubari serta kepribadian yang menggambarkan kebiasaan perilaku dan kegiatan masyarakat Indonesia.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Pada hakikatnya wawasan nusantara merupakan pancaran dari yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.