Kendala berpikir ilmiah di indonesia pada masa kini, yaitu masih kokohnya keyakinan yang …
Kendala berpikir ilmiah di indonesia pada masa kini, yaitu masih kokohnya keyakinan yang …

Kendala berpikir ilmiah di indonesia pada masa kini, yaitu masih kokohnya keyakinan yang …

Kendala berpikir ilmiah di indonesia pada masa kini, yaitu masih kokohnya keyakinan yang menentukan sikap keagamaan secara tradisional. bagaimana strategi untuk mengantisipasi kendala tersebut, jelaskan?

Jawaban :

Berfikir ilmiah pada dasarnya pengambilan kesan didukung dengan kaidah –kaidah berfikir umum, dan hasilnya dapat diterima dengan akal. Dalam kaitannya dengan karakteristik berpikir ilmiah, yang rasional akan berbenturan dengan doktrin teologis tradisional jabariah (fatalisme), yaitu paham yang berkeyakinan bahwa apapun serba mungkin, jika Tuhan menghendaki.

Faham seperti ini yang banyak terdapat di Indonesia yang mengedepankan sikap keagamaan secara tradisional. Dalam tinjauan Islam, jika konsekuen dengan Al Qur’an semestinya keyakinan tersebut tidak akan muncul dan jika ada harus segera di kubur, karena bertentangan dengan prinsip berfikir secara ilmiah.

Tidak ada strategi khusus untuk mengantisipasi kendala tersebut, hanya saja sebagai umat muslim selalunya kita dianjurkan menggunakan akal kita untuk berfikir secara logis yang sebagaimana merupakan tuntunan dari Allah.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal kendala berpikir ilmiah di indonesia pada masa kini, yaitu masih kokohnya keyakinan yang menentukan sikap keagamaan secara tradisional. bagaimana strategi untuk mengantisipasi kendala tersebut, jelaskan? yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.