Urutan proses pembentukan urine adalah
Urutan proses pembentukan urine adalah
Urutan proses pembentukan urine adalah

Urutan proses pembentukan urine adalah

Urutan proses pembentukan urine adalah …

A. filtrasi – augmentasi – reabsorpsi

B. filtrasi – reabsorpsi – augmentasi

C. reabsorpsi – filtrasi – augmentasi

D. reabsorpsi – augmentasi – filtrasi

E. filtrasi – absorbsi – augmentasi

Jawaban : B. filtrasi – reabsorpsi – augmentasi

Penjelasan :

Urine terbentuk setelah melalui proses penyaringan darah di ginjal. Darah masuk ginjal melalui pembuluh nadi ginjal. Ketika berada di dalam membrane glomenulus, zat-zat yang terdapat dalam darah (air, gula, asam amino dan urea) merembes keluar dari pembuluh darah kemudian masuk kedalam simpai/kapsul bowman dan menjadi urine primer. Proses ini disebut filtrasi.

Urine primer dari kapsul bowman mengalir melalui saluran-saluran halus (tubulus kontortokus proksimal). Di saluran-saluran ini zat-zat yang masih berguna, misalnya gula, akan diserap kembali oleh darah melalui pembuluh darah yang mengelilingi saluran tersebut sehingga terbentuk urine sekunder. Proses ini disebut reabsorpsi.

👉 TRENDING:  Perbedaan informasi tuturan langsung dan tuturan tidak langsung terletak pada

Urine sekunder yang terbentuk kemudian masuk tubulus kotortokus distal dan mengalami penambahan zat sisa metabolism maupun zat yang tidak mampu disimpan dan akhirnya terbentuklah urnine sesungguhnya yang dialirkan ke kandung kemih melalui ureter. Proses ini disebut augmentasi.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Urutan proses pembentukan urine adalah yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.