Rumus Cepat Rambat Gelombang
Rumus Cepat Rambat Gelombang

Rumus Cepat Rambat Gelombang

Rumus cepat rambat gelombang adalah …

Jawaban :

Rumus menghitung cepat rambat gelombang adalah v = v = λ .f atau v = λ/T. Cepat rambat gelombang yaitu jarak yang ditempuh gelombang satu detik.

Penjelasan :

Frekuensi merupakan banyaknya getaran tiap satu menit. Gelombang merupakan getaran yang merambat.

Gelombang merupakan getaran yang merambat. gelombang sendiri terdiri dari dua macam yaitu gelombang tranversal dan gelombang longitudinal.

Gelombang transversal merupakan gelombang yang memiliki arah rambat secara tegak lurus dengan arah getarannya. Gelombang ini juga termasuk dalam contoh gelombang mekanik yang membutuhkan medium sebagai media perambatnya.

Contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari yaitu gelombang air, gelombang cahaya, gelombang tali panjang yang digetarkan, dan gelombang air laut. Satu gelombang transversal yaitu terdiri dari satu bukit dan satu lembah.

Gelombang transversal ini mempunyai beberapa istilah dalam ilmu fisika antara lain simpangan yaitu jarak sebuah titik pada gelombang terhadap posisi yang setimbang.

Selain itu gelombang transversal disebut juga dengan puncak gelombang atau titik tertinggi pada gelombang, dasar gelombang yaitu titik terendah pada gelombang, bukit gelombang yaitu lengkungan yang berada pada bagian atas posisi setimbang.

Gelombang transversal disebut juga dengan lembah gelombang yaitu lengkungan yang ada di bagian bawah posisi setimbang serta amplitudo yaitu jarak puncak atau dasar gelombang terhadap posisi yang setimbang.

Dalam membahas gelombang juga dikenal istilah frekuensi, periode, panjang gelombang, dan cepat rambat gelombang. Periode merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 buah getaran (gelombang / putaran / perulangan). Frekuensi merupakan banyaknya jumlah getaran (gelombang / putaran / perulangan) dalam satu detik. sedangkan panjang gelombang adalah sebuah jarak antara satuan berulang dari sebuah pola gelombang.

Adapun persamaan – persamaan yang berhubungan dengan gelombang atau cepat rambat gelombang yaitu sebagai berikut:

1. Rumus untuk mencari frekuensi dan periode yaitu sebagai berikut:

f = n/t atau f = 1/T dan

keterangan:

f : frekuensi (satuan Hz)
n : jumlah bunyi/ gelombang
t : waktu (satuan detik atau sekon)
2. Rumus untuk mencari periode gelombang yaitu sebagai berikut:

T = t/n atau T = 1/f

keterangan:

n : jumlah bunyi/ gelombang
t : waktu (satuan detik atau sekon)
T : periode (satuan sekon)
3. Rumus untuk mencari cepat rambat gelombang yaitu sebagai berikut:

v = λ .f atau v = λ/T

keterangan:

v : cepat rambat gelombang (satuan m/s)
λ : panjang gelombang atau lamda (satuan m)
f : frekuensi (satuan Hz)
T : periode (satuan sekon)
Nah untuk lebih jelasnya berikut contoh soalnya:

Sebuah gelombang bergetar sebanyak 100 kali dalam waktu 20 sekon, panjang gelombang yang terbentuk adalah 2 m. Berapa frekuensi dan cepat rambat gelombangnya?

Diketahui:

n = 100 kali
t = 20 sekon
λ = 2 m

Ditanyakan:

a. f …?
b. v …?

Jawab:

a. untuk mencari frekuensi caranya sebagai berikut:

f = n/t
f = 100/20
f = 5 Hz

b. untuk mencari cepat rambat gelombang caranya sebagai berikut:

v = λ . f
v = 2 . 5
v = 10 m/s

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal “Rumus Cepat Rambat Gelombang” yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal Rumus Cepat Rambat Gelombang ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.