Rumusan pancasila yang sah dan benar terdapat dalam
Rumusan pancasila yang sah dan benar terdapat dalam

Rumusan pancasila yang sah dan benar terdapat dalam

Berikut ini adalah soal latihan dari mata pelajaran PPKn Adapun soalnya adalah Rumusan pancasila yang sah dan benar terdapat dalam….

Rumusan pancasila yang sah dan benar terdapat dalam …

A. Pembukaan UUDS

B. Pembukaan UUD RIS

C. Pembukaan UUD 1945

D. Piagam Jakarta

Jawaban yang benar adalah : C. Pembukaan UUD 1945

Rumusan sila-sila Pancasila yang sah tercantum dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945.

Penjelasan :

Pancasila merupakan ideologi bangsa dan negara Indonesia. Dalam kelima sila yang terdapat Pancasila, kita menemukan jati diri dan tujuan kita sebagai bangsa Indonesia. Para pendiri bangsa kita telah berjuang untuk merumuskan kelima dasar hidup bangsa Indonesia, terutama dengan tetap menempatkan diri sebagai umat Allah yang Maha Pengasih. Karena sifatnya yang amat penting, para pendiri bangsa menempatkan rumusan Pancasila dalam pembukaan dasar negara kita, yaitu Undang-undang Dasar 1945.

Berikut rumusan Pancasila yang sah dan benar sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, khususnya paragraf ke-4.

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa,
  2. kemanusiaan yang adil dan beradab,
  3. Persatuan Indonesia
  4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal “Rumusan pancasila yang sah dan benar terdapat dalam” yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya dari materi pelajaran PPKn ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.