Rumus Luas Persegi Panjang Adalah
Rumus Luas Persegi Panjang Adalah
Rumus Luas Persegi Panjang Adalah

Rumus Luas Persegi Panjang Adalah

Dimata pelajaran Matematika, ada pelajaran bagaimana cara mengukur luas bangun dan kali ini yang akan dibahas adalah Rumus Luas Persegi Panjang. Rumus ini digunakan untuk bisa menghitung dan menetukan nilai dari luasnya, keliling dan sebagainya.

Dibuku soal latihan dari sekolah, ada beberapa pertanyaan yang siswanya disuruh menghitung dan adajuga disuruh menjelaskan rumusnya. Contohnya pada artikel ini, Soal latihannya adalah siswa disuruh menjelaskan apa rumus luas persegi panjang. Nah, teknobgt sudah merangkum jawabannya. yaitu :

Soal Latihan Rumus Luas Persegi panjang

Rumus Luas Persegi panjang

Jadi untuk rumus luas dan keliling persegi panjang adalah sebagai berikut :

👉 TRENDING:  Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Rumus luas persegi panjang adalah Panjang X Lebar (PXL)

Rumus untuk menghitung keliling persegi panjang adalah 2 X (Panjang + Lebar) atau 2X(P+L).

Pelajari Juga : Rumus luas permukaan limas persegi panjang

Penjelasan :

Luas Persegi panjang

Rumus yang digunakan p × l karena untuk mencari ķeseluruhan dari Persegi panjang itu sendiri . Untuk satuan yang digunakan pada Luas Adalah persegi atau kuadrat ( ² ). Misalnya 376 cm² dibaca Tigas ratus tujuh puluh enam persegi. atau Tiga ratus tujuh puluh enam kuadrat.

Keliling Persegi panjang 

Keliling Persegi panjang Rumus yang digunakan adalah 2 × (p + l) ,

atau bisa juga (2 x p) + (2 × l) sama saja hasilnya.

Karena Keliling bertujuan utuk mencari panjang sisinya saja secara keseluruhan untuk Keliling pada semua bangun datar dapat dihitung dengan menjumlahkan seluruh sisinya . Penyebab dikalikan dua adalah karena Persegi panjang memilik 4 sisi yang terdiri dari 2 sisi yang sama dan 2 sisi yang berbeda , atau 2 sisi yang lebih panjang dan 2 sisi yang lebih pendek, akan tetapi kedua sisi itu masing-masing sama panjang.

👉 TRENDING:  Para pejuang kemerdekaan melakukan rapat semalam suntuk di kediaman laksaman muda tadashi maeda untuk mempersiapkan teks proklamasi

Contoh Soal Menghitung Luas Persegi Panjang

Misalnya Ada sebuah kertas dengan panjang 15 cm dan lebar 7 cm .Ditanya Luas dan Keliling .

Luas persegi panjang = p × l

L Kertas
= p × l
=15 x 7
=105 cm²

Keliling Kertas = 2 x ( p + l )

K Kertas
= 2 x (15 + 7)
=2 x 22
=44 cm

Rumus kedua = (2 × p )+ (2 × l)

K Kertas
=(2 x 15) + (2 x 7)
= 30 + 14
=44 cm.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal “Apa Rumus Luas Persegi Panjang” ini sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

👉 TRENDING:  Fenomena berikut yang menunjukkan aspek topologi adalah