Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah syariat ?
Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah syariat ?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah syariat ?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah syariat ?

Jawaban :

Istilah Syariat memiliki beragam makna, diantaranya ialah ketetapan dari Allah Swt. bagi hamba-hamba-Nya. Atau segala sesuatu yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw. berupa wahyu yang ada di dalam al-Qur’an dan sunnah. Kata syariah memiliki arti “jalan menuju ke sumber air” yang dimaknai sebagai jalan menuju sumber kehidupan.

Penjelasan:

Awal mulanya syariah diartikan dengan agama, kemudian ditujukan khusus pada praktik agama. Penunjukan tersebut bertujuan agar dapat perbedaan antara agama dengan syariah, namun pada akhirnya agama itu satu dan berlaku secara universal, sementara syariah memiliki makna yang berbeda-beda dalam setiap umat.

Hingga diperkembangan selanjutnya, di dalam agama Islam kata syariah kemudian digunakan untuk menjukkan hukum-hukum Islam. Hukum Islam yang dimaksud baik itu yang bersumber dari al-Qur’an, Sunnah, ataupun yang telah dicampuri oleh pemikiran manusia atau ijtihad.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah syariat? dari mata pelajaran Agama Islam Bab 4 – Perilaku Terpuji Kelas 7 SMP yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.