Bahasa yang Digunakan Untuk Menyatakan Sesuatu Dalam Teks Negosiasi adalah
bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah

Bahasa yang Digunakan Untuk Menyatakan Sesuatu Dalam Teks Negosiasi adalah

Bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi adalah …

A. Imperatif

B. Ekspresif

C. Persuasif

D. Interogatif

E. Deklaratif

Jawaban : E. Deklaratif

Penjelasan :

Teks negosiasi merupakan teks yang memuat bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan berbeda.

Ciri-ciri teks negosiasi adalah menghasilkan kesepakatan, menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan, mengutamakan kepentingan bersama, sarana untuk mencari penyelesaian, dan mengarah pada tujuan praktis. Struktur teks ini terdiri atas orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, sampai dengan penutup. Dalam negosiasi, terdapat beberapa kaidah kebahasaan yang digunakan agar negosiasi berjalan lancar.

Kaidah itu di antaranya, menggunakan bahasa yang santun, pernyataan deklaratif (menyatakan), pernyataan persuasif (mengajak), serta berisi pasangan tuturan. Kalimat yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi disebut dengan kalimat deklaratif.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal bahasa yang digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam teks negosiasi yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawabannya dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.