Download Emulator IOS dan Android
download emulator IOS dan android

Download Emulator IOS dan Android

Untuk mengembangkan sebuah aplikasi, developer menggunakan emulator sebagai tools andalannya. Download emulator IOS dan Android sekarang juga sudah sangat mudah. Jenis perangkat lunak ini cukup beragam, tergantung penggunaannya.

Penggunaan perangkat ini sangat memudahkan pekerjaan developer. Software satu ini bekerja memungkinkan suatu sistem komputer meniru fungsi sistem komputer lain. Untuk lebih lengkapnya tentang download emulator IOS serta Android, simak ulasan berikut.

Definisi Emulator dan Cara Kerjanya

Emulator bisa diartikan sebagai software peniru fungsi sistem komputer lain. Cara kerjanya memungkinkan sistem host agar bisa menjalankan perangkat keras, lunak, maupun komponen lain untuk sistem guest.

Teknik tersebut berguna untuk menciptakan kembali lingkungan software dan hardware pada sistem komputer lain. Saat ini, sistem emulasi juga dikenal dalam dunia game, serta bisa dipakai di perangkat IOS maupun Android.

Mengapa Emulator Banyak Disukai Masyarakat?

Download emulator IOS dan Android marak digunakan. Mengapa demikian? Sebab software sifatnya cenderung spesifik terhadap platform tertentu. Hal ini yang membuat pengembang membuat aplikasi terpisah, tergantung software yang dipakai.

Jika kamu adalah pengguna Windows dan ingin membuat aplikasi yang bisa dijalankan di Mac, maka emulator adalah software yang harus cocok. Bisa dikatakan perangkat lunak ini berperan sebagai ‘pengawet’ digital.

Bagi pengguna, aplikasi ini bermanfaat untuk mendapatkan pengalaman seperti memakai sistem secara langsung. Misalnya ingin bermain game Android, bisa menikmati pengalaman memainkannya di PC, berkat aplikasi ini. Emulator juga dapat dijadikan sebagai tester, khusus bagi pengembang aplikasi

Apa Saja Pilihan Emulator untuk Android?

Pilihan aplikasi untuk download emulator IOS dan Android sangat beragam. Jika ingin mengunduh software ini, sebaiknya pilih yang ringan dan mudah diakses. Seperti beberapa referensi berikut.

1. Memu Play

memuplay emulator android terbaik

Aplikasi ini bisa memberikan sensasi bermain handphone di perangkat komputer. Untuk latar aplikasi Memu juga bebas dipilih dari berbagai merk ponsel. Seperti Samsung, Xiaomi, maupun iPhone.

Cara kerja Memu Play membuat komputermu bekerja layaknya smartphone. Kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi, menjalankannya, hingga menggunakan GPS seperti di smartphone. Tidak hanya itu, Memu Play juga menghadirkan joystick agar pengguna bisa menikmati sensasi bermain game.

2. Nox Player

Noxplayer hadir sebagai emulator android dan iOS

Opsi download Emulator IOS dan Android lainnya adalah Nox Player. Aplikasi satu ini berguna mendukung aktivitas bermain game android di komputermu. Pengguna tidak perlu khawatir kehabisan baterai, dan bisa menikmati sensasi bermain game Android di layar yang lebih luas.

Nox Player termasuk emulator yang cukup ringan. Untuk memakainya, kamu tidak perlu komputer dengan spesifikasi super. Cukup dengan RAM minimal 1,5 Gb, perangkat komputermu bisa digunakan untuk bermain Genshin Impact maupun PUBG Mobile tanpa lag.

Selain ringan, mode penggunaannya juga mudah. Aplikasi untuk emulasi Android ini didesain dengan tombol utilitas khusus. Tombol tersebut berguna membantu para gamers agar bisa lebih mudah mengendalikan keyboard maupun mouse.

3. Game Loop

gameloop emulator android terbaik

Game Loop merupakan aplikasi emulator besutan Tencent, developer Tiongkok. Aplikasi ini berguna agar kamu bisa bermain game Android sepuasnya di komputer, tana khawatir lag. Aplikasinya sangat ringan sehingga tidak perlu PC berspesifikasi tinggi untuk mengoperasikannya.

Pilihan download emulator IOS dan Android ini, juga dilengkapi fitur anti cheat. Ada juga layanan live streaming ke sejumlah platform besar seperti Nonolive maupun Nimo TV. Sistem operasi yang cocok dengan emulator ini cukup lengkap, diantaranya Windows 7, 8 hingga 10.

4. Andy

Andy Emulator android

Sinkronisasi perangkat mobile dan desktop menjadi lebih mudah dengan emulator ini. Smartphone bisa bekerja sebagai touch device maupun controller. Pengguna cukup menautkan dengan WiFi atau Bluetooth untuk menggunakannya.

Berbagai aplikasi favorit di ponsel, bisa digunakan ke perangkat PC. Jangan khawatir komputer lag. Kinerja aplikasi ini sangat ringan, dan mudah digunakan bahkan untuk pemula.

5. Droid 4X

Droid 4X emulator

Merasakan semua fitur Android di PC tidak lagi sulit. Aplikasi emulator ini adalah jawabannya. kamu bisa download emulator IOS dan Android ini secara gratis, dan langsung merasakan fitur unggulannya.

Salah satu keunggulan Droid 4X adalah kemudahan dalam mengontrolnya. Terdapat dukungan add-ons sebagai controller. Kamu dapat mengontrol game, hingga bisa mengubah keyboard sebagai controller agar bermain game lebih seru.

6. LDPlayer

ldplayer emulator

LDPlayer memberikan sejumlah kenyamanan bagi penggunanya. Bermain game yang terunduh di ponsel bisa dilakukan dengan mudah di komputer. Spesifikasi PC yang kompatibel dengan aplikasi ini juga tidak harus yang tinggi. Kamu bisa download emulator IOS dan android untuk merasakan kenyamanan dalam bermain game.

Cukup perangkat PC yang menggunakan processor Intel atau AMD. Tersedia control kostum yang sederhana Pengguna bisa memanfaatkan keyboard dan mouse sebagai controller. Ada juga fitur multi instance yang berguna membuka game secara bersamaan, bahkan dengan grafis tinggi.

7. Aplikasi Phoenix OS

Phoenix OS Emulator

Download emulator IOS dan Android satu ini sangat unik. Aplikasi ini bisa digunakan untuk PC dengan prosesor AMD maupun Intel. Instalasi emulator ini juga cukup mudah, dengan tampilan antar muka sederhana.

Pengguna bisa bermain game, menjalankan aplikasi, dan berbagai hal lain yang biasa dilakukan smartphone pada perangkat PC. Walaupun belum didukung Google Play, kamu tetap bisa menggunakan berbagai aplikasi unduhan.

👉 TRENDING:  Buruan Hapus 11 Aplikasi Karena Ada Malware JAHAT! (Khusus Hp Android)

8. Android Studio

Android Studio

Android Studio merupakan pilihan untuk download emulator IOS dan Android dengan ragam fitur menarik. Kamu bisa lebih mudah membuka aplikasi Android di PC, serta ringan dijalankan.

Performanya cukup cepat, dan terdapat fitur yang terhubung dengan Google Play. Tidak sebatas mudah bermain game. Kamu bisa mengembangkan aplikasi di berbagai perangkat Android. Mulai dari PC, Smart TV, Smart Watch, hingga smartphone.

9. KoPlayer

KoPlayer Android Emulator

Bermain game Android di PC menjadi lebih mudah berkat aplikasi satu ini. Performanya lebih cepat dan aman digunakan. Hanya saja, perlu perangkat PC dengan minimal RAM 4 Gb. Walaupun demikian, sejumlah fitur menarik bisa kamu dapatkan.

Salah satunya bisa mengunduh semua aplikasi berbasis Google Play ke komputer. Selain itu, controller yang tersedia juga memudahkan saat bermain game. Pengguna bisa bermain game Android di PC dengan controller keyboard dan mouse.

10. Genymotion

Genymotion Emulator for pc

Bagi pengembang aplikasi, Genymotion adalah opsi download emulator IOS dan Android yang direkomendasikan. Aplikasi ini berperan sebagai fungsi lanjutan untuk menguji game, hingga menguji aplikasi walaupun tidak mengunduhnya secara langsung.

Tampilan interface-nya sangat sederhana. Selain itu, emulator ini juga mudah digunakan. Pengguna dapat mengkonfigurasi perangkat Android ke PC tanpa mengalami masalah, serta kinerjanya lebih ringan.

11. BlueStacks

Panduan Strategi BlueStacks

Bagi yang sedang ingin download emulator IOS dan Android dengan interface ringan, BlueStacks adalah pilihannya. Aplikasi ini hadir dengan grafis ringan, serta gratis. Selain itu, update yang disediakan developer juga berkala.

Cukup bermodal PC dengan RAM 2 Gb, kamu sudah bisa memakainya. Bermain game, menggunakan berbagai aplikasi Android di PC, dan berbagai hal lain bisa dilakukan. Kamu juga bisa menjalankan beberapa aplikasi dengan mode multi instance yang disediakan emulator ini.

Mau coba emulator ini? langsung saja download BlueStacks 4 Terbaru

Apa Saja Pilihan Emulator IOS?

Sistem emulasi IOS bekerja sama seperti yang untuk Android. Aplikasi ini memudahkan pengguna yang ingin merasakan menggunakan software IOS, walaupun tanpa memiliki iPhone. Pilihan aplikasinya juga beragam, seperti beberapa referensi ini.

1. IPadian

IPadian emulator ios

Kamu bisa mendapatkan pengalaman menggunakan IOS di perangkat PC. IPadian merupakan opsi download emulator IOS dan Android dengan tampilan mirip iPad. Sayangnya, untuk perangkat PC yang bisa digunakan hanyalah yang berbasis Windows.

Walaupun demikian, kinerjanya lancar, ringan, dan tentunya kamu bisa menggunakan aplikasi di PC yang sama persis seperti di iPad. Hanya saja, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan. Terutama software asli milik Apple yang memang hanya bisa digunakan di perangkat asli.

2. Air iPhone Emulator

Air iPhone Emulator

Perangkat lunak ini merupakan buatan Adobe AIR, developer ternama yang tentu sudah dikenal. Fungsinya dikhususkan untuk memberi pengalaman menggunakan IOS di komputer. Software satu ini berguna untuk menguji coba aplikasi serta fitur di platform IOS.

Developer aplikasi bisa memeriksa apakah perangkat buatannya sudah berjalan lancar atau sebaliknya. Untuk menggunakan emulator ini, kalian harus mengunduh Adobe AIR terlebih dahulu di PC atau laptop. Untuk mengunduhnya, coba klik link https://air-iphone.informer.com/.

3. IOS Smartface

IOS Smartface

IOS Smartface bisa digunakan di komputer Windows. Tidak hanya sebagai penguji, aplikasi ini juga bekerja sebagai debugger. Kinerja tersebut memungkinkan setelah menemukan bug kemudian memperbaikinya.

Pengguna download emulator IOS dan Android ini bisa mengunduh aplikasi dari App Store. Aplikasi yang diunduhnya ini bisa dipelajari dan melakukan debug. Pengembang juga bisa langsung mengubah coding program secara real time, tanpa perlu keluar aplikasi.

4. MobiOne Studio

Banyak sekali pengembang yang terbantu dengan MobiOne Studio. MobiOne Studio IOS ini menyediakan fitur seperti App Sync, penganti UI aplikasi, hingga mode yang bisa diganti-ganti. Salah satu daya tarik utama download emulator IOS dan Android ini adalah App Sync.

Fitur tersebut berguna untuk menguji aplikasi, bahkan yang berukuran besar. Selain itu, interface yang ditampilkan juga sangat sederhana. Kamu bisa memilih mode landscape maupun portrait secara mudah.

5. Xcode

Xcode merupakan bisa digunakan untuk download emulator IOS dan Android, khusus untuk perangkat Apple dan Mac. Kamu tidak bisa menggunakannya di komputer Windows karena aplikasi ini memang dirilis oleh Apple. Pihak Apple merilis software bertujuan untuk mengembangkan aplikasi.

Developer bisa mengembangkan aplikasi buatannya, bahkan sampai dengan hasil maksimal. Software satu ini juga bisa digunakan untuk menguji aplikasi pada tvOS, WatchOS, MacOs, dan sejenisnya. Jika tertarik menggunakannya, cukup masukkan Apple IDE di link https://developer.apple.com/xcode/.

6. Ripple

Opsi download emulator IOS dan Android lainnya adalah Ripple. Kamu hanya perlu mengakses peramban untuk menggunakan aplikasi ini. aplikasi ini biasa digunakan para developer untuk pengujian aplikasi maupun urusan debugging.

Bagi yang ingin menggunakannya, harus menjadi member premium terlebih dahulu. Software satu ini memang tidaklah gratis. Walaupun demikian, banyak yang menyukainya karena kinerjanya yang konstan, serta mudah digunakan.

7. io Emulator

Aplikasi satu ini berbasis web. Pengguna tidak harus download emulator IOS dan android di laptop atau PC terlebih dahulu. Cukup pakai peramban seperti Chrome atau Firefox untuk menjalankan aplikasi.

Emulator ini bisa digunakan untuk menguji aplikasi buatanmu. Aplikasi bisa dikendalikan dan berjalan melalui browser, tanpa perlu diunduh. Sayangnya, pengguna dibebani biaya jika ingin memakainya. Untuk 100 menit pertama gratis, tetapi setelah itu harus membayar $0,05 per menit.

Manfaat Download Emulator IOS dan Android

Perkembangan software satu ini memang cukup signifikan. Hal ini didasari akan banyaknya manfaat yang diberikan emulator. Baik bagi developer maupun pengguna pada umumnya, ada beragam manfaat yang bisa didapat, seperti:

  1. Memungkinkan pengguna di luar OS bisa merasakan pengalaman menggunakan aplikasi di sebuah OS
  2. Membantu mengamankan preservasi digital. Suatu program disimpan dalam format lama bisa diunduh kembali dan dimainkan dengan emulator ini.
  3. Berguna sebagai media menguji aplikasi yang sedang dibuat
  4. Cocok sebagai debugger sehingga bug yang terjadi di aplikasi baru bisa diantisipasi
  5. Membuat pengguna lebih mudah mengeksplorasi fitur digital. Seperti bermain game, maupun menggunakan aplikasi mobile di PC
  6. Download emulator IOS dan Android yang dimiliki menyediakan fitur tambahan cukup beragam. Fitur ini berfungsi agar manfaat program baru lebih beragam dibandingkan sistem aslinya
  7. Efisiensi perangkat dari waktu ke waktu didapatkan pengguna download emulator IOS serta Android
  8. Lebih hemat waktu karena migrasi tidak perlu dilakukan secara berkelanjutan
  9. Kolaborasi secara luas memungkinkan terjadi. Hal ini tentu memberikan lebih banyak manfaat bagi pengguna. Mayoritas emulasi dirilis dengan konsep open source dengan lisensi public
  10. Bisa memakai software secara eksklusif di suatu sistem tanpa adanya kendala, dengan pengalaman yang juga sama
👉 TRENDING:  Cara Menghapus Cache di Android Agar Tidak Lemot!

Apa Hal yang Mempengaruhi Ketersediaan Emulator?

Perangkat lunak yang banyak manfaatnya ini, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam ketersediaannya. Pengembang aplikasi ini membuatnya dengan menimbang beberapa faktor. Ada 3 macam faktor yang bisa mempengaruhi ketersediaan sebuah emulator, diantaranya:

  1. Popularitas

Suatu sistem bisa dilihat popularitasnya dari segi jumlah pengguna. Jika suatu sistem semakin populer, maka banyak yang akan mengemulasinya. Tentu ada pihak ketiga yang akan membuat sistem emulasi, karena dinilai pangsa pasarnya menjanjikan.

  1. Hal-hal Teknis

Ada beberapa hal teknis yang mempengaruhi emulasi sebuah sistem. Jika secara teknis sistemnya saja sudah susah, tentu emulator akan sulit bekerja. Biasanya sistem yang susah diemulasikan ini karena memiliki data yang terenskripsi.

  1. Ketersediaan Informasi

Membuat perangkat satu ini perlu informasi lengkap serta menyeluruh. Informasi seperti perilaku pengguna, sistem, dan sejenisnya sangat diperlukan dalam membuatnya. Semakin banyak info yang tersedia, penulisan emulasinya juga makin mudah.

Jenis Utama Emulator yang Perlu Diketahui

Perangkat emulasi ternyata hadir dengan dua jenis utama. Jenis tersebut dikembangkan menjadi beberapa produk aplikasi download emulator IOS dan Android yang beragam. Dua jenis utama aplikasi ini adalah:

  1. Dedicated Emulator

Dedicated emulator bisa disebut juga single system emulator. Jenis emulator ini berguna untuk mengemulasi 1 jenis sistem. Misalnya emulator untuk IOS berarti hanya bisa digunakan di perangkat dengan basis sama.

  1. Multi-System Emulator

Multi system emulator merupakan lawan kata jenis di atas. Program ini hanya bisa melakukan emulasi pada beberapa macam sistem. Sebenarnya, kualitas single system jauh lebih baik karena fokusnya hanya ada pada satu macam. Walaupun demikian, jenis emulator ini yang lebih banyak digunakan.

Apakah Menggunakan Emulator Aman?

Pilihan jenis download emulator IOS dan Android bermacam-macam. Namun, banyak pertanyaan yang muncul dari penggunaan aplikasi ini. Salah satunya adalah isu keamanannya. Menggunakan emulasi sebenarnya aman asalkan:

  1. Unduh program emulasi ini dari sumber yang terpercaya. Sumber sangat menentukan keamanan unduhan. Google maupun link resmi adalah tempat yang disarankan untuk download emulator IOS
  2. Emulator hanya bekerja meniru sistem operasi. Hal ini termasuk legal. Jika ada aplikasi yang justru meniru perangkat fisik, sudah dipastikan illegal dan sebaiknya tidak digunakan. Download emulator IOS dan android yang benar-benar legal
  3. Tidak mengandung banyak iklan. Selain menghambat kinerja, emulator dengan banyak iklan juga dikhawatirkan mengandung malware
  4. Interface tidak terlalu kompleks dan dirancang untuk mempermudah pengguna
  5. Baik versi gratis maupun berbayar, sama-sama aman. Pastikan download emulator IOS dan android sesuai dengan kapasitas PC agar tidak lag
  6. Tidak ada tawaran tambahan saat mengunduh emulator. Jika ada tawaran tambahan saat menjalankannya, dikhawatirkan adalah virus atau upaya untuk mengumpulkan data pengguna

Bagaimana Tips Agar Main Game via Emulator Lancar?

Bermain game mobile di PC memang lebih seru. Selain layarnya lebih lebar, efek sound juga semakin terasa. Terkadang ada masalah lag saat menggunakan download emulator IOS serta Android. Agar bermain game lebih lancar, ini dia hal yang harus diperhatikan.

  1. Gunakan Kartu Grafis

Agar download emulator IOS dan Android bisa digunakan secara lancar, manfaatkan kartu grafis. Tips ini khusus bagi PC dengan dual GPU. Emulator harus diatur menggunakan GPU agar bermanfaat memproses visualisasi, Jika tidak digunakan, CPU komputer akan memprosesnya dan berakhir lag.

Bagi pengguna GPU Nvidia, coba ganti di Nvidia Control Panel. Sedangkan untuk GPU AMD Radeon, ubah di Radeon Setting. Setelah kartu grafis digunakan, update dan sesuaikan fiturnya jika masih mengalami lag saat bermain game.

  1. Setting RAM

Setelah membuka download emulator IOS dan Android, emulator harus diatur terlebih dahulu. Saat di menu pengaturan, terdapat opsi untuk mengubah alokasi RAM. Kamu bisa mengubah sesuka hati dari 1 Gb hingga 4 Gb, walaupun biasanya 800 Mb yang dipakai.

Saat memilih jumlah alokasi RAM, sesuaikan dengan kapasitas di PC. Jangan alokasikan RAM 2 Gb untuk emulator padahal PC hanya memiliki RAM yang sama. Jika demikian, maka komputer menjadi lag dan sulit digunakan.

  1. Atur Kualitas Grafis Game

Kualitas grafis yang tidak sesuai dengan aplikasi yang berjalan, bisa membuat game tampak patah-patah saat dimainkan. Coba atur grafis yang digunakan sebelum menggunakan emulator. Pilih pengaturan grafis yang paling rendah agar kinerja PC lebih ringan.

  1. Internet Harus Cepat

Sebaik apapun download emulator IOS dan Android yang diunduh, tetap akan lag jika koneksi internet tidak stabil. Koneksi internet adalah kebutuhan krusial bagi yang bermain game online. Pastikan internet lancar agar bermain game tanpa kendala lag.

Jika bermain di dalam rumah, tentu koneksi internet cukup memadai. Lain jika kamu sedang di luar dan menggunakan koneksi WiFi. Pastikan WiFi aman dan terpercaya. Sebab, banyak kasus pembajakan dikarenakan akses WiFi publik yang tidak aman.

  1. Update Kartu Grafis

Walaupun menggunakan emulator Android, pada dasarnya kamu tetap menggunakan perangkat komputer untuk main game. Agar kinerja PC lancar, sebaiknya update driver grafis berkala. Kartu grafis sangat berpengaruh pada jalannya game.

Selain itu, kinerja emulator Android maupun IOS yang diunduh juga lebih lancar. Proses visual yang tampak juga akan lebih lancar. Bahkan dengan emulator yang kapasitasnya berat pun, kinerja PC tetap lancar berkat update kartu grafis.

Apa Saja Kekurangan Menggunakan Emulator IOS dan Android?

Berbicara tentang download emulator IOS dan Android, kekurangannya harus diperhatikan. Hal ini bisa digunakan sebagai pertimbangan agar lebih bijak memutuskan pengunduhan.

  1. Baterai Laptop Cepat Habis

Kebutuhan spesifikasi tinggi membuat emulator perlu banyak daya. Hal ini memungkinkan baterai laptop cepat habis. Jika kamu menggunakan laptop, sebaiknya selalu sediakan charger agar saat baterai habis bisa diisi secepat mungkin.

  1. Spek Komputer Harus Tinggi

Hasil download emulator IOS dan Android bisa berjalan dengan baik, jika didukung perangkat spesifikasi tinggi. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk bermain game maupun menjalankan aplikasi berat. Jika spesifikasi PC saja minim, jangan heran jika kinerjanya akan sering lag.

  1. Risiko Crash Lebih Besar

Aplikasi ini pada dasarnya bekerja secara virtual. Tidak heran jika ada yang tidak cocok dengan sistem yang berjalan, crash adalah risiko terbesarnya. Bahkan risiko blue screen of death pada laptop juga bisa terjadi.

👉 TRENDING:  Aplikasi Videoder, Pengunduh Video dari Youtube, Facebook, IG, Tiktok Yang Powerfull

Sebenarnya risiko ini bisa diminimalisir. Caranya dengan mempelajari penyebabnya, kemudian memperbaikinya. Pengguna juga harus menyesuaikan pengaturan agar kompatibel digunakan di PC. Untuk itu sebelum download emulator IOS dan android pastikan mengetahui resikonya

  1. Tidak Semua Bisa Diemulasi

Memang para developer berusaha agar semua aplikasi maupun game Android kompatibel untuk diemulasi. Walaupun demikian, tidak menjamin semua aplikasi bisa dijalankan via emulator.

Pengembang butuh waktu lama agar emulator ciptaannya bisa menjalankan banyak game maupun aplikasi. Umumnya, download emulator IOS serta Android hanya memungkinkan permainan populer yang bisa diemulasi.

Apa Saja Kelebihan Menggunakan Emulator IOS dan Android?

Walaupun ada sejumlah kekurangan, nyatanya pengguna aplikasi ini masih setia. Hal ini tidak lain karena kelebihannya yang beragam. Beberapa kelebihan dari download emulator IOS dan Android, tentu bisa makin menambah keyakinanmu untuk menggunakannya.

  1. Kontrol Penuh

Pengembang emulator memahami bahwa bermain game, maupun menjalankan aplikasi di layar lebih lebar memberikan kesenangan tersendiri. Tidak heran jika software ini hadir dengan kontrol penuh.

Pengguna dapat menambahkan kontrol gesture untuk memudahkan bermain game. Tidak jarang keyboard dan mouse bisa digunakan walaupun sedang memainkan game ponsel berbasis Android maupun IOS.

  1. Lebih

Kamu bisa menjalankan berbagai aplikasi di ponsel pada komputer secara lebih praktis. Misalnya menggunakan Instagram, bermain game, dan sejenisnya. Tanpa kerepotan, aplikasi berjalan cepat

Beberapa emulator bahkan sudah hadir dengan pendekatan yang lebih profesional. Misalnya menyediakan peralatan pendukung untuk para developer aplikasi dalam pengujian aplikasi buatannya. Tentu hal ini dinilai lebih praktis karena tidak perlu memasukkannya ke smartphone.

  1. Root tanpa Risiko

Tanpa banyak yang tahu, download emulator IOS dan Android ternyata bisa di-root. Fitur ini akan memudahkan kamu dalam mengeksplor sistem, bahkan minim risiko. Umumnya root perangkat akan membuat garansi hangus.

Emulator berguna agar kamu lebih leluasa mengutak-atik perangkat, tanpa khawatir berpengaruh pada smartphone. Padahal, Android zaman sekarang lebih susah di­-root dibandingkan generasi sebelumnya.

  1. Gratis

Pengguna emulator semakin banyak karena aplikasi ini bisa diperoleh gratis. Kamu tidak perlu membayar untuk bisa download emulator IOS dan android dan menjalankannya. Kamu hanya perlu menghadapi risiko iklan yang muncul jika menggunakan versi gratis. Selebihnya, fungsi utama aplikasi tetap bisa didapatkan.

Mengapa Emulator Lambat Dalam Bekerja?

Penggunaan emulator semakin populer berkat Youtuber gaming yang marak mempromosikan. Walaupun demikian, terkadang kinerja aplikasi ini tidak selamanya mulus. Terkadang lambat bahkan bisa menyebabkan PC lag karena disebabkan oleh beberapa hal.

  • Kemungkinan RAM kecil sehingga perangkat sulit melakukan multi tasking
  • Processor hanya berjenis Intel I3 dan OS Windows 10 yang membuat emulator tidak bekerja optimal
  • Salah setting alokasi RAM saat mengunduh emulator
  • Perlu diingat, game Android terbaru pun mengharuskan perangkat untuk memainkannya dengan spesifikasi tinggi. Minimal RAM 3 Gb
  • Jenis emulator tidak sesuai dengan sistem di PC

Software emulator ini memang banyak manfaatnya bagi pengguna IOS maupun Android. Kamu bisa mengunduhnya di tempat yang terpercaya. Jika ingin download emulator IOS dan android secara lebih aman, cari yang legal dan memiliki interface sederhana.