Jelaskan tantangan bangsa indonesia dalam menerapkan pancasila sebagai dasar negara pada reformasi
Jelaskan tantangan bangsa indonesia dalam menerapkan pancasila sebagai dasar negara pada reformasi

Jelaskan tantangan bangsa indonesia dalam menerapkan pancasila sebagai dasar negara pada reformasi

Jelaskan tantangan bangsa indonesia dalam menerapkan pancasila sebagai dasar negara pada reformasi …

Jawaban :

Tantangan dalam penerapan Pancasila masa reformasi tidak bersumber dari ancaman-ancaman pemberontakan lagi, akan tetapi tantangan yang dihadapi bersumber dari kondisi kehidupan masyarakat yang diwarnai oleh kehidupan yang serba bebas (kebebasan berekspresi, kebebasan berorganisasi, kebebasan berbicara, dsb), menurunya rasa persatuan dan kesatuan antar warga bangsa, serta tantangan terhadap perkembangan dunia yang begitu sangat cepat dan mendasar.

Penjelasan :

Masa reformasi dimulai saat Soeharto mundur dari jabatannya dan digantikan oleh B.J. Habibie. Dalam pemerintahannya, B.J. Habibie berusaha untuk memperbaiki sistem ekonomi, mereformasi bidang politik dan hukum, mengeluarkan UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Muka Umum, dan lain-lain.

👉 TRENDING:  Panjang meja tenis meja adalah

Mulai pada masa reformasi, penerapan Pancasila sebagai ideologi negara terus digaungkan hingga saat ini. Tidak hanya itu, upaya penggantian ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya juga berkurang.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal Jelaskan tantangan bangsa indonesia dalam menerapkan pancasila sebagai dasar negara pada reformasi dari mata pelajaran sejarah kelas 9 SMP BAB. Masa orde baru sampai reformasi yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar. dengan mencari jawaban  dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.

👉 TRENDING:  Jelaskan manfaat perdagangan antar pulau