Al Qasas Ayat 77: Kisah Nabi Musa dan Harun dalam Minta Bantuan Allah

Al Qasas Ayat 77 adalah salah satu ayat dalam Al-Quran yang menceritakan kisah Nabi Musa dan Harun dalam meminta bantuan Allah SWT ketika mereka dihadapkan pada keadaan yang sulit. Ayat ini juga memberikan pelajaran penting bagi kita tentang bagaimana cara meminta pertolongan Allah dalam segala hal.

Kisah Nabi Musa dan Harun

Nabi Musa dan Harun adalah dua nabi yang diutus oleh Allah SWT untuk membawa pesan-Nya kepada umat manusia. Mereka dikenal sebagai nabi yang sangat kuat dan gigih dalam berjuang untuk kebenaran. Pada suatu hari, Nabi Musa dan Harun dihadapkan pada situasi yang sulit ketika mereka berada di hadapan Firaun yang sombong dan keras kepala.

Firaun tidak mau mendengarkan pesan dari Nabi Musa dan Harun, bahkan ia memperbudak orang-orang Bani Israel dan membuat mereka menderita. Nabi Musa dan Harun merasa sangat kesulitan menghadapi Firaun yang sangat kuat dan berkuasa. Namun, mereka tidak putus asa dan tetap berusaha untuk memperjuangkan kebenaran.

Minta Bantuan Allah

Ketika Nabi Musa dan Harun merasa kesulitan dalam menghadapi Firaun, mereka meminta bantuan kepada Allah SWT. Mereka sadar bahwa hanya Allah yang bisa membantu mereka mengatasi semua kesulitan yang mereka hadapi. Oleh karena itu, mereka berdoa dengan tulus kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya.

Mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau telah memberikan kekuasaan kepada Fir’aun dan kaumnya untuk memerintah atas kami, dan mereka telah berlaku aniaya terhadap kami. Ya Tuhan kami, selamatkanlah kami dari (aniaya) orang-orang yang zalim itu.” (QS. Al-Qasas: 77)

Pelajaran dari Kisah Nabi Musa dan Harun

Kisah Nabi Musa dan Harun dalam meminta bantuan Allah memberikan pelajaran penting bagi kita. Pertama, ketika kita menghadapi kesulitan, kita harus selalu meminta bantuan kepada Allah SWT. Kita harus berserah diri kepada-Nya dan memohon pertolongan-Nya. Kedua, kita harus tetap gigih dan tidak putus asa dalam berjuang untuk kebenaran.

Ketiga, kita harus selalu mengingat bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan atas segala sesuatu. Ketika kita meminta bantuan kepada-Nya, maka Allah akan memberikan jalan keluar bagi kita. Keempat, kita harus selalu memohon perlindungan dari orang-orang yang zalim dan tidak menginginkan kebaikan bagi kita.

Kesimpulan

Al Qasas Ayat 77 mengajarkan kita tentang pentingnya meminta bantuan kepada Allah SWT ketika kita menghadapi kesulitan. Kisah Nabi Musa dan Harun dalam memohon pertolongan Allah menjadi inspirasi bagi kita untuk tetap gigih dan tidak putus asa dalam berjuang untuk kebenaran. Kita harus selalu mengingat bahwa hanya Allah yang memiliki kekuasaan atas segala sesuatu dan hanya Dia yang bisa memberikan jalan keluar bagi kita dari segala kesulitan.