Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian

Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian?

Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian …?

A. Penutup

B. Aspek yang dilaporkan

C. Argumen

D. Sebab-akibat

Jawaban yang tepat adalah : D. Sebab-akibat

Penjelasan :

Yang dimaksud dengan TEKS EKSPLANASI adalah jenis teks yang berisi penjelasan mengenai suatu proses atau Sebab-akibat dari suatu fenomena baik sosial maupun alam dan sebagainya.

Teks Eksplanasi ini fungsinya untuk menerangkan atau menjelaskan sesuatu hal pada pembacanya.

Adapun struktur dari teks eksplanasi ini adalah sebagai berikut:

  • Penyataan Umum
  • Deretan Penjelas atau Urutan Sebab Akibat
  • Interpretasi atau Penutup (opsional)

Pada bagian penutup dari teks eksplanasi, kita sebenarnya juga akan menjumpai INTISARI dari penjelasan yang disebutkan dalam teks. Intisari ini selain mengandung kesimpulan juga disertai dengan saran atau pun juga tanggapan dari penulis teks. Namun bagian penutup sebagai inti teks eksplanasi bukan jawaban yang tepat sebab struktur penutup sifatnya OPSIONAL, bisa ada bisa tidak pada sebuah teks eksplanasi.

Disclaimer : Ini merupakan pembahasan kunci jawaban untuk soal “Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian” yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar.

Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar dengan cara mencari jawaban untuk soal Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian? dari buku sekolah sesuai kurikulum yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia.