Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer bumi semakin meningkat
dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer bumi semakin meningkat

Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer bumi semakin meningkat

Sebutkan dampak apabila kadar gas rumah kaca di atmosfer bumi semakin meningkat …

Jawaban :

Berikut ini adalah dampak yang terjadi apabila kadar gas rumah kaca diatmosfer bumi semakin meningkat adalah terjadinya pemanasan global yang bisa memicu beberapa hal, seperti :

  1. Kekeringan karena suhu udara meningkat .
  2. Terjadinya banyak bencana,
  3. Es di kutub akan mencair, dan
  4. Munculnya berbagai macam penyakit

Penjelasan :

Dampak utama yang terjadi apabila kadar gas rumah kaca ini meningkat adalah terjadinya pemanasan global. Nah, dari pemanasan global inilah dapat memicu hal-hal seperti : Kekeringan karena suhu udara meningkat.

Efek rumah kaca (greenhouse effect) adalah efek yang disebabkan oleh adanya emisi gas-gas rumah kaca, salah satunya adalah gas CO2. Efek rumah kaca yang berlebihan akan membuat panas matahari tidak leluasa untuk terpantul kembali ke luar angkasa dan malah kembali berbalik arah menuju ke dalam atmosfer Bumi.

👉 TRENDING:  Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di indonesia adalah

Dampak Meningkatnya Kadar Gas Rumah Kaca di Atmosfer Bumi

Panas yang terus menerus terperangkap akan menaikkan suhu rata-rata Bumi yang disebut dengan pemanasan global. Dampak dari pemanasan global :

Kekeringan karena suhu udara meningkat.

Jika suhu udara semakin meningkat, maka cadangan air di bawah tanah juga akan sedikit demi sedikit menguap. Hal ini akan membuat tanah menjadi lebih kering. Kondisi tanah yang kering dapat menyebabkan gagal panen.

Terjadinya banyak bencana.

Suhu udara yang tidak stabil membuat angin juga berputar dengan suhu antara panas dan dingin, tidak stabilnya angin ini dapat memutar satu sama lainnya membentuk angin topan.

Es di kutub akan mencair.

👉 TRENDING:  Tiga puluh orang dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 24 hari dan ...

Es adalah air yang membeku. Jika kembali terkena panas, sudah menjadi rahasia umum es akan kembali ke bentuk air.

Munculnya berbagai macam penyakit.

Di dalam es yang dingin, bakteri-bakteri akan mengalami proses tidur (tidak beraktivitas), namun jika suhunya perlahan meningkat, suhu akan semakin hangat. Suhu hangat adalah suhu optimal bakteri untuk membelah diri. Hal ini berbahaya, karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Disclaimer : ini merupakan contoh soal IPA Kelas 7 SMP MTs yang sifatnya sebagai referensi orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam belajar. Jawaban dari soal-soalnya ini mungkin tidak mutlak kebenarannya, jadi para orang tua dan siswa bisa mengembangkannya menjadi jawaban yang lebih baik dan benar.