Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022
Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 1443 H

Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Apakah Kamu pernah mengirim kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada keluarga, saudara maupun teman? Lebaran di Indonesia memang identik dengan kegiatan saling meminta maaf, di artikel ini akan di bahas beberapa contoh gambar kartu ucapan selamat hari raya idul fitri 2022 yang bisa kamu gunakan nanti saat hari raya lebaran.

Idul Fitri merupakan momen paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Ada banyak sekali ibadah yang menyertai hari kemenangan tersebut. Kemudian juga banyak sekali tradisi yang menyambut kedatangannya.

Lebaran dirayakan secara meriah oleh masyarakat tanah air. Terutama di daerah pedesaan, sebab banyak penduduk kota yang mudik. Sehingga desa menjadi lebih padat penduduk lantaran saudara dari jauh berkumpul.

Menyibak Makna Hari Raya Idul Fitri dalam Islam

makna hari raya idul fitri

Makna hari raya idul fitri dalam islam (foto: freepik by rawpixel.com)

Idul Fitri atau biasa disebut dengan Lebaran merupakan hari raya umat Islam yang terjadi di tanggal 1 Syawal dalam penanggalan Hijriah. Penggalan Hijriah bergantung pada peredaran bulan, bukan matahari.

Sebab memakai penanggalan berdasarkan peredaran bulan, maka jatuhnya hari raya selalu berbeda dalam penggalan Masehi. Selain itu, metode yang dipakai dalam menentukan tanggal 1 Syawal juga bermacam-macam.

Sehingga, jatuhnya 1 Syawal bukan hanya berbeda dalam setiap penanggalan Masehi. Akan tetapi juga berbeda antara umat Islam yang satu dengan lainnya. Misalnya saja berbeda ketetapan antara Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah.

Lebaran ini datang setelah Umat Islam berpuasa secara penuh dalam Bulan Ramadan. Setelah menahan haus dan lapar, akhirnya merayakan kemenangan di Idul Fitri.

Apabila bulan Ramadan identik dengan ibadah puasa, maka hari raya ditandai akan ibadah salat Idul Fitri. Salat ini tidak dilakukan secara sendiri-sendiri di rumah. Melainkan secara berjamaah di masjid.

Selain identik dengan Salat Ied, akan terdengar suara takbir, tasbih, tahmid dan tahlil dari berbagai mushola serta masjid. Nuansa keislaman sangat kental dalam perayaan Idul Fitri.

Bukan hanya ada ibadah khusus dalam hari istimewa tersebut. Namun juga banyak tradisi yang menyelimutinya. Tradisi ini berbeda antar negara di dunia. Bahkan berbeda juga untuk setiap suku atau daerah.

Di Indonesia sendiri ada banyak tradisi yang secara umum dilakukan. Seperti mengirim parcel bersama dengan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, memasak ketupat, ziarah kubur, dan lain sebagainya.

Beragam tradisi tersebut dapat dilakukan sebab pemerintah menyediakan libur cuti selama beberapa hari. Sehingga memberikan kesempatan besar bagi masyarakat untuk merayakan Lebaran dengan suka cita.

Sejarah Dirayakannya Hari Raya Idul Fitri

sejarah hari raya idul fitri

Sejarah hari raya idul fitri (foto: freepik)

Di masa sekarang, perayaan Hari Raya Idul Fitri identik dengan aktivitas bermaaf-maafan, bertukar hadiah ditambah kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Sampai bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat maupun rekan.

Perayaannya sendiri bermula dari zaman Nabi Muhammad SAW. Suatu ketika Nabi Muhammad pernah merayakannya dalam keadaan lelah sampai bersandar pada Bilal bin Rabah tatkala menyampaikan khutbah.

Menyongsong hari kemenangan memang dianjurkan dengan melakukan aktivitas positif. Hal ini tampak dalam minat Rasulullah ketika menyongsong momen spesial tersebut. Akan tetapi, beliau tidak pernah mengabaikan syariat agama.

Sebelum Islam hadir ke tanah Arab, masyarakat jahiliyah sudah mempunyai dua jenis hari raya yakni Nairuz dan Mahrajan. Keduanya disambut dengan kegiatan pesta pora yang berisi aktivitas buruk.

Aktivitas tersebut meliputi mengonsumsi minuman memabukkan, menari, hingga bertanding kekuatan. Semua aktivitas tersebut tidak mempunyai manfaat positif sama sekali. Namun sebenarnya hari raya tersebut berawal dari zaman Persia kuno.

Setelah Rasulullah turun ke tanah Arab, dirayakan dua hari raya Idul Fitri dan Idul Adha untuk kaum muslimin. Perayaan ini jauh lebih baik daripada apa yang sudah dilakukan oleh kaum jahiliyah Arab.

Perayaan Idul Fitri pertama kali dirayakan saat 624 Masehi atau tahun ke 2 Hijriyah. Hal ini bersamaan dengan waktu berakhirnya Perang Badar. Kaum Muslimin sukses meraih kemenangan dalam perang tersebut.

Perang Badar yang berlangsung pada Bulan Ramadan sebenarnya diikuti oleh sedikit pasukan kaum muslimin dengan musuh kaum kafir begitu banyak. Namun Allah memberikan sesuatu yang besar bagi kaum muslimin yakni Idul Fitri.

Peran Nabi Muhammad dalam menyambut hari raya membuat masyarakat di masa sekarang bisa melanjutkan aktivitas positif tersebut. Namun dengan penambahan beragam budaya tersendiri.

Ibadah Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Solat eid

Apakah Kamu pernah mendapat kiriman parcel beserta kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri di dalamnya? Parcel tersebut dapat menjadi penanda bahwa hari kemenangan segera tiba.

Selepas melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadan, umat Islam perlu bersiap untuk melaksanakan ibadah menyambut Lebaran. Pada tanggal 1 Syawal, ibadah yang wajib dilaksanakan ialah salat ied.

Ibadah ini dipimpin oleh seorang imam di dalam masjid. Sebab seluruh umat Islam berkumpul, biasanya masjid tidak mampu menampung semua jamaah. Sehingga jamaah yang lainnya akan salat di lapangan atau halaman masjid.

Selain menyambut Lebaran dengan salat, biasanya ada banyak pihak berusaha mengingatkan untuk membayar zakat sebelumnya. Sebab, apabila membayar zakat setelah salat Ied maka tidak diterima.

Padahal, zakat fitrah merupakan ibadah wajib untuk melengkapi puasa Ramadan. Zakat fitrah dapat dibayarkan dengan bahan makanan pokok atau uang. Bahan makanan pokok yang biasa dijadikan zakat masyarakat Indonesia ialah beras.

Jumlah beras yang wajib dikeluarkan ialah 2,5 kilogram. Tujuan dari ibadah ini ialah untuk menghadirkan kebahagiaan bagi umat Islam yang kekurangan atau dalam kondisi fakir miskin.

Selain mendapat parcel dan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, momen kemenangan umat Islam ini mudah ditandai dengan suara takbir. Memang, di malam sebelum dan setelah Lebaran umat Islam disunahkan untuk mengumandangkan takbir.

Setelah salat Ied dilangsungkan, umumnya imam akan menyampaikan khotbah dan doa khusus. Lantas, umat Islam akan mulai menjalankan tradisi saling bermaaf-maafan dan ziarah kubur.

Tradisi bermaaf-maafan sendiri bisa dimulai lebih awal dengan mengirimkan parcel bersama kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Hal ini bisa merekatkan tali persaudaraan bagi yang jarak rumahnya jauh dan tidak dapat bertatap muka untuk bermaaf-maafan.

Anjuran Aktivitas Menjelang Salat Ied

zakat fitrah

Lebaran yang menjadi lambang terlahir kembalinya umat Islam ditandai dengan ibadah khusus. Ibadah ini berupa salat Ied. Dapat dikatakan bahwa salat merupakan ibadah dalam Islam yang kerap dilakukan untuk memperingati hari atau keadaan tertentu.

Misalnya saja saat datang bulan Ramadan, dianjurkan untuk menjalankan Salat Terawih. Misalnya lagi ketika tiba Hari Raya Idul Adha maka sunah melangsungkan Salat Idul Adha.

Ibadah Salat Ied diikuti dengan sunah khusus sebelum melaksanakannya. Umumnya, setiap umat muslim juga berupaya melaksanakan beragam sunah berikut untuk menyempurnakan pahala ibadah.

  1. Mandi

Sebelum melangsungkan salat Idul Fitri di masjid secara berjama’ah, umat Islam dianjurkan untuk mandi dan mensucikan diri. Kemudian mengambil air wudhu sebelum pergi ke tempat salat.

  1. Mengenakan Pakaian Terbaik

Sebenarnya umat Islam hanya diperintahkan untuk mengenakan pakaian terbaik dan memakai wangi-wangian. Akan tetapi, banyak umat Islam memaknainya sebagai mengenakan baju baru. Sehingga tidak heran jika banyak orang mengenakan baju baru.

  1. Makan

Sebelum berangkat salat, dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Kamu juga bisa menikmati makanan dalam parcel yang mungkin dikirimkan oleh kerabat atau kenalan. Jangan lupa membaca kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri di dalamnya.

  1. Berjalan Kaki dengan Arah Berbeda

Ketika pergi ke suatu tempat sangat umum untuk mengambil jalan sama dalam perjalanan pulang. Namun, hal ini tidak disarankan dalam salat Ied. Kamu perlu mengambil jalan berbeda tatkala pergi dan pulang dari ibadah ini.

  1. Takbir

Saat Lebaran tiba, umat Islam disunahkan untuk mengucapkan takbir. Hal ini menunjukkan kegembiraan hati atas datangnya Lebaran. Biasanya, kalimat takbir juga kerap diselipkan dalam kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri.

Persiapan Menjelang Idul Fitri di Indonesia

Sebelum Lebaran tiba, masyarakat akan mulai melakukan persiapan tertentu. Sebab momen spesial yang hanya datang satu kali tersebut sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Berikut ini beberapa persiapan yang umum dilakukan masyarakat tanah air.

  1. Mudik

ilustrasi mudik gratis 2022

Mudik dapat dikatakan sebagai budaya masyarakat tanah air ketika mendekati Lebaran. Masyarakat yang tinggal di kota perantauan akan kembali pulang ke kampung halaman supaya bisa bertemu dengan keluarga besar.

Tidak jarang mereka membawa kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Dibarengi dengan hadiah, atau amplop berisi uang tunai. Biasanya akan dibagikan kepada sanak saudara di kampung. Terutama anak kecil yang suka mendapat hadiah.

  1. Belanja Baju Baru

Masyarakat tanah air sangat gemar membeli baju baru menjelang lebaran. Lantas banyak toko pakaian menawarkan pilihan bervariasi dan terkadang sampai menawarkan diskon khusus.

Selain untuk diri sendiri, tidak jarang masyarakat juga membeli baju baru dan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri sebagai hadiah. Maka tidak heran apabila toko baju selalu ramai di bulan Ramadan.

  1. Membuat Kue Khas

Banyak masyarakat gemar membuat kue khas saat lebaran akan tiba, misalnya saja nastar, kastengel, sagu kue, lidah kucing, dan kue kering lainnya. Banyak juga yang membuat jajanan khas seperti madu mongso, jadah, dan lain sebagainya.

Beragam jenis kue kering atau jajanan biasanya akan disajikan saat lebaran tiba. Sehingga tamu yang datang bersilaturahim bisa menikmatinya. Selain itu, terkadang kue kering juga diberikan dalam bentuk parcel dengan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri di dalamnya.

Tradisi Tatkala Lebaran di Tanah Air

 

Masyarakat Indonesia selalu sibuk melakukan sesuatu saat mendekati lebaran, juga saat hari kemenangan tiba. Banyak sekali tradisi yang dilakukan seperti berikut ini.

  1. Silaturahmi

Tradisi pertama yang tidak mungkin dilewatkan oleh setiap umat Muslim ialah silaturahmi. Silaturahmi ini dilakukan dengan berkunjung ke rumah keluarga, kerabat, rekan maupun tetangga.

Sang tuan rumah akan menyajikan kue kering atau jajanan sehingga bisa berbincang dengan santai dan nikmat. Apabila rumah terlalu jauh, terkadang mengirimkan parcel dan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri sebagai bentuk silaturahmi.

  1. Makan Ketupat

Selain silaturahmi, masyarakat Indonesia juga umum memasak dan mengonsumsi ketupat. Ketupat merupakan beras dimasak dalam anyaman daun kelapa. Anyaman tersebut berbentuk kubus dan sangat cantik dipandang.

Umumnya ketupat disajikan dengan makanan tradisional seperti opor ayam. Di Pulau Jawa, ketupat menjadi lambat permintaan maaf dan permohonan untuk hidup harmonis di masa mendatang.

Ketupat merupakan makanan yang tahan lama meskipun disimpan di suhu ruang. Tidak heran apabila masyarakat suka membuat dalam jumlah banyak lantas membagikannya dengan tetangga.

Jadi, tidak harus memberi parcel berisi kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada orang lain. Bisa juga dengan membagikan ketupat. Terkadang juga sekaligus membagikan makanan pendampingnya.

  1. Membagikan THR ke Anak-Anak

Anak-anak banyak menantikan Lebaran sebab akan memperoleh amplop berisi THR dari orang dewasa. Biasanya nominal uangnya disesuaikan dengan umur sang penerima. Namun tidak jarang seseorang memberikan dengan nominal yang disamakan.

Daripada menerima parcel dan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, anak-anak lebih menantikan amplop THR. Terkadang setelah lebaran dan masuk sekolah anak-anak akan saling bercerita jumlah uang THR yang didapatkan.

Contoh Kartu Ucapan berisi Selamat Hari Raya Idul Fitri

Kartu ucapan lebaran shopee 3
Greeting Card Lebaran / Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 via Shopee https://shope.ee/AUEQHOqUPw
Kartu ucapan lebaran shopee 2
Kartu Lebaran Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bisa dikasih kata kata : https://shope.ee/5KWK7w9Q4f

 

Kartu ucapan lebaran shopee 1
Kartu Lebaran Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bisa dikasih kata kata : https://shope.ee/5KWK7w9Q4f

Lebaran memang identik dengan kegiatan silaturahmi mengunjungi orang-orang yang dikenal untuk menyambung tali persaudaraan dan saling bermaaf-maafan. Akan tetapi, untuk yang jaraknya jauh cukup mengirimkan parcel.

Parcel bisa diisi dengan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, juga bisa mengirim kartu ucapan saja melalui media online. Contohnya melalui platform media sosial berupa Whatsapp.

Permasalahannya ialah banyak orang kebingungan mengenai teks dari kartu ucapan. Sulit untuk merangkai kata-kata cantik dan penuh makna. Tidak perlu kebingungan lagi, kami akan memberikan beberapa contoh yang bisa ditiru.

Contoh ini kami bagi dalam beberapa tema. Sebab, kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri pasti mengandung doa tertentu untuk orang yang menerimanya. Kamu bisa memilih doa seperti apa yang ingin Kamu sampaikan pada sang penerima kartu.

  1. Harapan Kebahagiaan, Kedamaian juga Kemakmuran

Green contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri Modern Happy Eid Al Fitr

Semoga Allah melimpahkan kebahagiaan, kedamaian dan kemakmuran bagi Kamu serta segenap keluarga! Eid Mubarak! Selamat menyambut hari raya Idul Fitri 2022 dengan penuh sukacita!

  1. Harapan Mendapat Berkah

contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri Kartu Ucapan Hari Raya Idul Fitri Keluarga Bertekstur Modern Kolase Foto Hijau Zamrud

Selamat hari raya Idul Fitri, kami seluruh keluarga memohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah senantiasa memberikan berkah kepada Kamu. Semoga terlimpahkan kedamaian juga kemakmuran.

  1. Harapan diampuni Dosa-Dosa

contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri Hijau Scrapbook Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Keluarga Card

Semoga Allah menurunkan berkah dan mengampuni dosa-dosa kita. Selamat menyambut kemenangan hari raya Idul Fitri. Maaf lahir dan batin dengan penuh ketulusan hati.

  1. Harapan Rezeki Berlimpah

contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Keluarga

Selamat menikmati kemenangan di hari raya Idul Fitri! Semoga Allah menghadiahi rezeki yang berlimpah, halal dan membawa ketenangan batin. Maaf lahir dan batin dari lubuk hati paling dalam.

Contoh Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Keluarga

 

contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri Kartu Ucapan Hari Raya Idul Fitri Elegan Ornamen Hijau Tua

Meskipun banyak masyarakat mudik atau pulang kampung saat mendekati Lebaran, bukan berarti semua orang bisa melakukannya. Terkadang, ada sejumlah keluarga gagal mudik sebab terhalang pekerjaan atau urusan lainnya.

Sehingga hanya mampu mengirim kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi keluarga di kampung halaman. Hal ini juga ditujukan untuk keluarga saudara yang lain.

Aktivitas mengirim kartu ucapan ini tergolong mudah. Sebab bisa mengandalkan media online. Mungkin pada zaman dahulu masih harus memakai cara manual seperti mengirim surat melalui kantor pos.

Apabila ingin membagikan hadiah bersamaan dengan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri juga dapat dilakukan. Tidak harus membuat sendiri hadiahnya lantas mengirim ke alamat penerima menggunakan bantuan jasa ekspedisi.

Sekarang ini ada banyak bisnis yang menawarkan pembuatan hadiah custom untuk Lebaran. Biasanya juga sudah disediakan kartu ucapan yang bisa Kamu pesan kata-katanya sesuai kemauan.

Tidak perlu bingung mengenai kata-kata yang perlu dimasukkan dalam kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Seperti ini contoh kalimat yang bisa diterapkan dengan mudah.

  1. Harapan Keberkahan

contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri

Selamat hari raya Idul Fitri, atas nama keluarga … kami memohon maaf lahir dan batin. Tentu ada saat dimana kami sudah menyinggung perasaan dan berbuat kesalahan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan keberkahan dan mengampuni segala dosa.

  1. Harapan Masa Depan Indah

Selamat hari raya Idul Fitri, walaupun raga tidak dapat berjumpa, perkenankan kami memohon maaf untuk segala kesalahan. Semoga Allah menghadiahkan masa depan yang cerah dan penuh kegembiraan.

  1. Harapan Kebahagiaan

Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Selamat Lebaran 2022, di hari yang suci ini semoga Allah memberikan kebahagiaan. Sehingga mampu menjalani kehidupan sehari-hari dengan pikiran positif. Semoga kita berkesempatan untuk dipertemukan lagi tahun depan.

Contoh Kartu Ucapan Lebaran untuk Rekan atau Sahabat

Kartu Ucapan Lebaran untuk Rekan 1

Kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bukan hanya bisa diberikan pada keluarga atau mungkin tetangga dengan bahasa lebih formal. Kamu juga dapat menyerahkannya pada rekan atau sahabat dengan bahasa santai.

Sahabat atau rekan adalah sosok yang cukup dekat dalam kehidupan sehari-hari. Jadi penting untuk silaturahim dengan mereka. Apabila rumahnya cukup dekat, bisa dengan berkunjung ke rumah mereka saat Lebaran tiba.

Kartu Ucapan Lebaran untuk Sahabat

Namun apabila jaraknya jauh, maka cukup kirimkan saja kartu ucapan melalui media online seperti Whatsapp. Kamu bisa mengirimkan kartu dalam bentuk teks di dalam chat atau berbentuk poster dengan mengedit menggunakan aplikasi.

Seperti yang Kamu tahu, saat ini ada banyak sekali aplikasi editing gambar tersedia di App Store maupun Google Play Store, jadi dapat mencoba salah satunya. contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri Untuk teks ucapannya, bisa memakai rekomendasi berikut.

  1. Harapan Allah Menerima Perbuatan baik

Kartu Ucapan Twibbon Lebaran untuk Rekan

Aku senantiasa bahagia tatkala bersama denganmu. Akan tetapi, tentu ada waktu dimana aku menyebabkan rasa marah atau menjadi bergantung padamu. Padahal, kamu sendiri punya banyak kesibukan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan hari raya Idul Fitri ini aku memohon maaf lahir dan batin. Semoga segala perbuatan baikmu diterima oleh Allah sementara seluruh dosamu diampuni oleh-Nya.

  1. Doa Cita-Cita Akan Terwujud

kartu ucapan hari raya idul fitri untuk teman

Di hari raya Idul Fitri ini, aku sampaikan permohonan maaf dan batin. Semoga hari kemenangan ini menjadi awal perjuangan cita-cita yang kamu dambakan. Semoga Allah memudahkan jalanmu untuk meraih cita-cita.

  1. Harapan Rintangan Lenyap

Kartu Ucapan Twibbon Lebaran untuk sahabat

Eid Mubarak! Semoga Allah menghapus segala rintangan dalam hidupmu sehingga mampu mencapai apa yang kamu impikan. Semoga Allah menghujani kamu dengan cinta dan kasih sayang sehingga sukses di kemudian hari.

Aplikasi untuk Edit Kartu Ucapan

Tidak harus membeli kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dari toko atau mengunduh melalui internet dan mengirimnya secara online. Kamu dapat menambahkan nuansa personal dengan membuat sendiri melalui aplikasi.

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa membuat desain grafis terbilang sulit. Saat ini, membuat desain tidak harus memakai aplikasi manual yang mengharuskan Kamu menggambar secara keseluruhan.

Banyak aplikasi desain yang sudah menyediakan template khusus. Kamu hanya perlu memasukkan tulisan dan mungkin berkreasi dengan mengubah tata letak gambar pada template. Menciptakan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri bukan hal sulit.

Selain tersedia beragam template, aplikasi editing gambar dapat diakses cukup melalui ponsel. Kamu bisa mengeditnya secara praktis sembari menunggu buka puasa di bulan Ramadan. Berikut ini rekomendasi aplikasi dari Google Play Store yang bisa dicoba.

  1. Canva

Canva ialah aplikasi desain grafis populer yang bisa dipakai untuk beragam desain. Mulai dari poster, logo, brosur, foto, presentasi, dan lain sebagainya. Kamu bisa membuat kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dengan menarik.

Melalui Canva, Kamu bisa menambahkan foto, gambar, latar belakang, text, font, warna dan lain sebagainya. Tersedia beragam template bahkan yang khusus untuk momen tertentu seperti Idul Fitri.

  1. Infinite Design

Rekomendasi aplikasi untuk merancang kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri berikutnya ialah Infinite Design. Aplikasi ini mendukung desain dalam bentuk gambar vektor. Kamu bisa menikmati beragam fitur, seperti shapes, paint, canvas, perspective, dan lain sebagainya.

  1. PicsArt

PicsArt ialah aplikasi edit foto atau video yang mudah dioperasikan. Kamu bisa memakai kolase foto sebagai kartu ucapan menarik. Kamu boleh menambahkan filter, efek, stiker dan lain sebagainya.

Panduan Desain Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Setelah mengetahui beragam aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat kartu ucapan, sekarang Kamu bisa mulai mengunduhnya melalui Google Play Store. Setelah itu, jangan lupa melakukan install.

Apabila aplikasi telah terpasang secara sempurna pada smartphone, bisa mulai membuat desain kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Caranya sama sekali tidak sulit, coba saja terapkan langkah-langkah memakai Canva di bawah ini.

  1. Akses Aplikasi Canva

Langkah pertama tentu saja buka dahulu aplikasinya. Jangan lupa membuat akun agar bisa mengakses semua fiturnya secara gratis. Jika ingin mengakses fitur keseluruhan maka perlu mendaftar premium yang berbayar.

Sebenarnya dengan memakai mode gratis Kamu sudah bisa mengakses beragam template, font, efek dan lain sebagainya. Akan tetapi, mungkin bagi sebagian orang hal tersebut masih kurang memuaskan untuk menciptakan desain kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri.  

Sehingga sebagian orang memilih tipe premium agar bebas menggunakan semua fitur di dalam Canva. Apakah ingin memakai tipe gratis atau berbayar, semua kembali pada pilihan Kamu sendiri.

  1. Menu Templates

Canva menawarkan banyak sekali template poster atau kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Cari saja menu templates di dalam aplikasi dan klik Personal Cards. Pilih saja desain yang sesuai dengan selera.

  1. Edit

Jika sudah mendapatkan templates, maka langkah selanjutnya cukup melakukan edit. Boleh menambahkan teks dengan pilihan font. Boleh menambahkan foto. Boleh juga mengubah susunan elemen desain.

  1. Unduh Hasilnya

Langkah terakhir ialah mengunduh hasil editan Kamu. Bisa diunduh dalam bentuk JPG, PNG maupun PDF. Namun biasanya jika ingin mengirim kartu ucapan memakai media sosial memakai format JPG.

Tips Desain Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Setelah memahami bagaimana panduan membuat kartu ucapan di Canva, mari mengenal beberapa tips pentingnya. Sehingga desain yang akan dihasilkan akan tampak lebih cantik dan menarik.

  1. Memilih Kata Referensi

Pertama, gunakan kata-kata referensi Contoh kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri yang telah kami sampaikan dalam uraian di atas. Tidak harus memakainya secara persis, Kamu boleh mengeditnya sesuai selera.

  1. Template

Setelah menentukan kata-katanya, selanjutnya pilih template dalam Canva yang sesuai. Pilih template menarik mulai dari segi layout, warna, foto, gambar sampai komponen desain lainnya.

  1. Font dan Warnanya

Lantas, gunakan jenis dan warna font yang selaras dengan template. Kamu dapat memilih jenis font yang tersedia di Canva. Warnanya juga bisa diatur dengan mudah. Pastikan font mudah dibaca akan tetapi tidak terlalu kaku.

  1. Ketik Kata

Terakhir, ketikkan kata-katanya pada aplikasi. Lantas bisa mengatur apakah ingin meletakkan katanya di bagian tengah desain, kiri, atas, atau bawah. Cukup sesuaikan dengan template.

Menjelang Lebaran ada banyak sekali persiapan yang dilakukan oleh masyarakat. Termasuk mengirimkan parcel. Jangan lupa menambahkan kartu ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri di dalamnya dengan cantik.

Demikianlah beberapa contoh kartu ucapan selamat hari raya idul fitri yang bisa kamu buat sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan uang.

Selamat Berkreasi