Surat Al Inshiqaaq: Kisah Akhirat yang Menakutkan

Pengenalan

Surat Al Inshiqaaq adalah surat ke-84 dalam Al-Quran. Surat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah dengan jumlah ayat sebanyak 25 ayat. Surat ini menceritakan tentang akhirat yang menakutkan dan hari kiamat yang akan datang.

Arti Surat Al Inshiqaaq

Kata ‘Inshiqaaq’ berasal dari bahasa Arab yang berarti ‘terbelah’. Surat ini dinamakan Al Inshiqaaq karena menceritakan tentang terbelahnya langit, bumi, dan segala isinya pada hari kiamat.

Ayat Pertama Surat Al Inshiqaaq

“Apabila langit terbelah dan mendengarkan perintah Tuhannya, dan dilakukanlah apa yang diperintahkan padanya”. (QS. Al Inshiqaaq: 1-2)

Hari Kiamat

Surat Al Inshiqaaq menceritakan tentang hari kiamat yang akan datang. Pada hari itu, langit dan bumi akan terbelah menjadi dua dan segala isinya pun akan terbuka. Manusia akan berdiri di hadapan Allah untuk dihisab atas segala perbuatannya.

Penghuni Neraka

Surat Al Inshiqaaq juga menceritakan tentang penghuni neraka. Mereka adalah orang-orang yang mendustakan Allah dan tidak mempercayai hari kiamat. Mereka akan mengalami siksa yang sangat pedih di neraka.

Penghuni Surga

Di sisi lain, surat ini juga menceritakan tentang penghuni surga. Mereka adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan melakukan amal sholeh. Mereka akan mendapatkan kenikmatan yang tiada tara di surga.

Pentingnya Beriman

Surat Al Inshiqaaq mengajarkan pentingnya beriman kepada Allah dan hari kiamat. Kita harus selalu mengingat bahwa kita akan dihisab atas segala perbuatannya di akhirat kelak. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk beramal sholeh dan meningkatkan iman kita kepada Allah.

Tanda-tanda Hari Kiamat

Surat Al Inshiqaaq juga menceritakan tentang tanda-tanda hari kiamat. Beberapa tanda itu antara lain adalah munculnya Dajjal, turunnya Nabi Isa AS, dan munculnya Ya’juj dan Ma’juj.

Dajjal

Dajjal adalah sosok yang akan muncul di akhir zaman. Ia akan menyebarkan kebohongan dan menyatakan dirinya sebagai Tuhan. Orang-orang yang tidak beriman akan tergoda olehnya dan mengikuti ajarannya.

Nabi Isa AS

Nabi Isa AS adalah nabi terakhir yang akan turun menjelang hari kiamat. Ia akan datang untuk mengalahkan Dajjal dan membawa umat manusia kepada kebenaran.

Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj adalah bangsa yang sangat besar dan kuat. Mereka akan keluar dari tempat mereka terbelenggu dan menyerang manusia. Namun, Allah akan mengirimkan bantuan kepada umat manusia untuk mengalahkan mereka.

Penutup

Surat Al Inshiqaaq mengajarkan kepada kita tentang akhirat yang menakutkan dan hari kiamat yang akan datang. Kita harus selalu meningkatkan iman dan beramal sholeh agar bisa mendapatkan tempat di surga kelak. Janganlah kita tergoda oleh kehidupan dunia yang sementara ini. Semoga kita selalu mendapatkan petunjuk dan keberkahan dari Allah. Aamiin.