salah satu kelebihan dari teknologi digital adalah
salah satu kelebihan dari teknologi digital adalah

salah satu kelebihan dari teknologi digital adalah

Salah satu kelebihan dari teknologi digital adalah …

Jawaban : Lebih Praktis

 

Kelebihan teknologi digital:

  1. Lebih praktis untuk melakukan aktivitas sehar-hari. Saat  mencari informasi, dan belajar. Cukup dengan mengetik kata kunci pada layanan mesin pencarian, pengetahuan bisa didapat dengan mudah dan cepat.
  2. Mendekatkan yang jauh. Contohnya untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh bisa dilakukan kapan saja dengan panggilan suara atau pun video. Hal ini menghewat waktu unutk berpergian jauh.
  3. Efisien dalam arti hemat tenaga dan biaya. Dengan adanya layanan surat elektronik (e mail), tidak perlu lagi menulis surat satu persatu, mengirimkan ke kantor pos, dan tidak perlu menunggu surat sampai dalam hitungan hari. Layanan surat digital menyampaikan surat dalam hitungan detik. Mengirim surat bisa dilakukan kapan aja, dan dimana saja.
  4. Menghitung numerik secara tepat. Seperti kalkulator atau aplikasi menyumpan data. Hasil operasi angka dengan komputer pasti tepat sesuai data yang dimasukkan.

Kekurangan teknologi digital:

  1. Membuat orang semakin malas karena kemudahan dan kecepatannya. Hal ini mengakibatkan kurangnya daya juang generasi muda dalam belajar dan bekerja. Contohnya siswa yang sudah malas membaca buku secara lengkap karena bisa mendapatkan jawaban praktisnya dari mencari di internet.
  2. Informasi dapat dimanipulasi dengan mudah. Penggunaan nama palsu dan filter visual dapat menipu. Berita, gambar, dan video palsu juga membuat orang mudah diprovokasi. Contohnya video hoax yang beredar diberbagai media digital.
  3. Mempersulit warga negara senior (orang tua) yang harus beradaptasi menggunakan perangkat digital terbaru. Misalnya lansia yang yang harus menggunakan uang elektronik saat naik bus.

Penjelasan

Teknologi digital adalah semua yang proses berdasarkan operasi numerik dan sinyal elektronik. Bentuknya bisa berupa mesin yang memberikan dan mengambil informasi secara otomatis seperti mesin ATM maupun ponsel pintar.

Hal – hal yang dilakukan secara otomatis ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya bisa memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan, menampilan tayangan yang menarik dan jernih, juga menjaga keakuratan data. Namun teknologi digital juga memiliki dampat negatif bagi gaya hidup masyarakat menjadi serba instan, dan bagi masyarakat generasi tua agak sulit untuk beradaptasi untuk menggunakan teknologi digital terbaru.