Apple google mozilla microsoft bekerja sama buat browser extetion

Microsoft, Google, Apple dan Mozilla Bekerjsa Sama Untuk Standarkan Penggunaan Extention di Browser!

Kabar baik bagi yang suka browsing/berselancar di internet dengan menggunakan browser Chrome, Safari, Microsoft Edge dan Mozilla karena tim pengembang dari semuanya itu sedang bekerja sama untuk meningkatkan dan menstandardkan pemakaian Exntention di browser masing-masing.

Tim pengembang browser dari Microsoft, Google, Apple dan Mozilla ini ingin semua extention itu bisa digunakan oleh semua browser. Perlu diketahui bahwa saat ini ada beberapa extention yang hanya bisa digunakan oleh browser tertentu saja, oleh sebab itu diperlukan standarisasi dalam pengembangan extention browsernya.

Para pengembang browser Edge, Chrome, Safari dan Mozilla Firefox ini diharuskan membuat extention untuk masing-masing browser tersebut agar bisa memfasilitasi penggunanya saat berselancar.

Apa itu Browser Extention?

Browser Extention adalah sebuah software berukuran sangat kecil dan harus dipasang/ditambahkan ke browser yang fungsinya banyak sekali seperti bisa memblokir iklan, menyimpan password, translate, mempermudah akses software analisis online dan masih banyak lagi.

Contohnya saja seperti pada browser Google Chrome, kamu bisa menambahkan berbagai macam extention melalui Chromre Webstore Ekstensi : https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=id dan jika ingin melihat daftar extention yang terpasang bisa langsung ketikkan chrome://extensions/ di address bar.

Dilansir dari laman Cnet, (7/6/2021) 4 Perusahaan teknologi besar ini resmi bekerjasama dan membentuk group WebExtensions Community Group (WECG) yang diumumkan di World Wide Web Consortium (W3C). Tujuannnya adalah untuk mempermudah para developer dalam membuat extention browser yang bisa digunakan di semua browser.

Nantinya forum akan membuatkan standar API dan fungsionalitas extension yang sama di seluruh browser. Itu artinya bahwa para developer akan lebih mudah dalam  membuat extension untuk berbagai browser.

Seperti yang ditulis pada website resmi mereka yang menyatakan bahwa “Kami bertujuan untuk mengidentifikasi kesamaan, membawa [browser] ke dalam keselarasan yang lebih dekat, dan memetakan arah untuk evolusi masa depan,”

Tapi dari program kerjasama 4 perusahaan besar itu, belum ada kepastian kapan akan merilis standarisasi extention untuk browser ini.