cara mengembalikan foto dan video yang terhapus di hp

Cara Mudah Mengembalikan File Foto dan Video Yang Terhapus di Hp Android

Mengabadikan momen-momen bahagia bersama keluarga, teman ataupun pacara dalam bentuk foto adalah hal yang sangat sering dilakukan banyak orang, baik itu menyimpan di memori HP, upload ke sosial media ataupun mencetak foto-fotonya yang disimpan dalam album foto.

Terkadang kita lupa ketika menyimpan foto atau video di HP dan ternyata kapasitas memorinya mulai penuh, biasanya mulai menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak penting, membersihkan cache, hingga menghapus file-file yang tersimpan termasuk foto dan juga video.

Nah dimomen menghapus file foto dan video ini biasanya kita tidak sadar bahwa ada file penting atau momen berharga yang memang disimpan sebagai kenang-kenangan yang belum dibackup atau dipindahkan ke laptop/komputer.

Apakah foto atau video yang sudah dihapus tersebut bisa dikembalikan lagi? tentu saja bisa, seperti pada kesempatan kali ini teknobgt ini membagikan tips tentang bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp Android. Sedangkan untuk pengguna iPhone bisa dicek pada artikel TIPS Mengembalikan Foto Yang Terhapus di iPhone

2 Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus

Jangan panik ketika kamu dengan tidak sengaja menghapus foto-foto penting yang tersimpan dimemori karena dibawah ini ada diulas beberapa cara mudah untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP Android.

Aplikasi Deleted Photo Recovery

deleted photo recovery untuk android

Cara pertama yang bisa coba ketika ingin mengembalikan foto yang terhapus di Hp Android adalah dengan aplikasi Deleted Photo Recovery, kamu bisa mendownloadnya secara gratis di google playstore.

Banyak orang yang mempercayai bahwa aplikasi ini bisa membantu mengembalikan foto yang terhapus, cara kerjanya adalah sebagai berikut :

  • Instal aplikasi Deleted Photo Recovery kemudian buka aplikasinya dan lakukan scan
  • Tunggu beberapa saat hingga proses scannya selesai dan foto-foto yang hilang/terhapus akan kembali kefolder asalnya.
Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Bluetooth Laptop di Semua Merek

Jika penasaran, kamu bisa langsung download aplikasi Deleted Photo Recovery – Restore Deleted Photos ini Disini atau bisa langsung buka Playstore di HP kamu dan cari aplikasinya.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP, seperti Aplikasi Dumpster, DiskDigger photo recovery, DigDeep Image Recovery, Photo Recovery Workshop dan yang lainnya.

Restore Foto Dengan Bawaan Android

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP adalah dengan menggunakan fitur bawaan dari Android itu sendiri karena di galeri foto Hp androidmu terdapat icon Recycle Bin / bak sampah yang masih menyimpan foto-foto yang dihapus selama 30 hari (terhitung saat kamu menghapus foto didalam galeri).

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi galeri di hp kemudian pilih bagian “album”
  • Setelah itu scroll hingga paling bawah, maka kamu akan menemukan icon Recycle Bin dengan tulisan “Baru saja dihapus” pilih dan akan ditampilkan foto-foto yang baru saja kamu hapus (periode 30 hari).
  • Pilih foto mana saya yang ingin dikembalikan dalam folder galeri kemudian dibagian bawah pilih “pulihkan”

Dengan cara itu kamu bisa mengembalikan foto yang terhapus. Lalu bagaimana jika kita ingin mengembalikan video yang terhapus? apakah caranya sama? Jika video yang terhapus itu belum genap 30 hari, maka file video tersebut masih berada di bak sampahnya dan bisa langsung kamu pulihkan.

Lalu bagaimana dengan video yang terhapus sudah lebih dari 30 hari? Nah, jika masalahnya seperti itu kamu bisa simak beberapa cara mengembalikan video yang terhapus di HP berikut ini :

Baca Juga:  Ada Bug di Aplikasi Zoom Yang Bisa Mencuri Kata Sandi

Cara Mengembalikan Video Yang Terhapus

File Recovery – Recover Deleted Files

Cara pertama untuk kamu yang ingin mengembalikan video yang terhapus tanpa root adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi File Recovery yang bisa mengembalikan berbagai macam file seperti foto, video dan juga audio. Adapun langkah-langkah proses recoverynya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah Download aplikasi File Recovery – Recover Deleted Files Disini
  2. Kemudian setelah selai instal, buka aplikasinya dan di menu pertama pilih “Video Recovery” karena kita akan mencari video yang terhapus.
  3. Aplikasi akan secara otomatis melakukan scanning, tunggu proses tersebut hingga selesai.
  4. Jika sudah selesai, maka akan ditampilan file-file video yang sudah pernah kamu hapus.
  5. Pilih video yang akan kamu kembalikan dan pilih “Restore Now” untuk mengembalikan video ke dalam galeri HP

Bagaimana dengan tingkat keberhasilannya? jika dipantau dari kolom review aplikasinya di google playstore, ada beberapa orang yang gagal mencari file video yang terhapus, tapi ada juga yang berhasil mengembalikan video yang terhapusnya.

Solusi Agar Foto dan Video Tidak Hilang

google photos untuk backup

Nah, teknobgt ingin menambahkan tips tentang bagaimana cara terbaik untuk menyimpan file foto dan video di HP mudah direstore ketika terhapus dengan tidak sengaja. Yaitu memanfaatkan fitur dari aplikasi Google Photos. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tidak bisa mengembalikan foto atau video yang terhapus.

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Google Photos
  • Kemudian pilih opsi Pengaturan
  • Tekan Backup & Sync, lalu pilih periode waktu dan metode apa saja yang diinginkan untuk mencadangkan file foto yang tersimpan di memori Hp.
  • Selesai

Jadi, kamu bisa membackup/mencadangkan file foto ke aplikasi Google Photos. Dengan cara ini kamu bisa menyimpan lebih banyak foto dan waktu yang tak terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *