tips cara membersihkan lensa kamera untuk pemula

7 Cara Membersihkan Kamera Digital Dengan Benar, Pemula Wajib Tahu!

Punya kamera DSLR dan sering banget digunakan untuk hunting foto di outdoor? Nah, kali ini ada tips yang penting sekali bagi para pemula tentang bagaimana cara membersihkan kamera dengan benar agar bersih dari debu atau kotoran.

Merawat dan membersihkan sebuah kamera secara rutin itu sangat wajib dilakukan agar kamera tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi pada bagian lensanya yang sanatlah sensitif jika ada kotoran atau debu akan berdampak buruk di hasil fotonya.

Tapi jika kamu belum pernah membongkar kamera dan membersihkan lensanya lebih baik dibawa ketempat service kamera terdekat agar bisa ditangani oleh yang lebih ahli. Tapi kamu juga bisa mempelajari cara-cara membersihkan kamera digitalnya berikut ini yang teknobgt rangkum dari laman idntimes.

8 Langkah Cara Membersihkan Kamera Dengan Benar

Hal yang harus kamu perhatikan ketika baru pertama kali mencoba untuk membersikan kamera DSRL adalah tetap hati-hati dan harus teliti saat membersihkan dibagian-bagian dalam kamera. Untuk itu coba simak 8 langkah dasar yang wajib kamu ketahui ketika ingin membersihkan kamera sendiri dirumah :

Kumpulkan Alat

cleaning kit kamera

Langkah pertama adalah mengumpulkan kamera yang akan dibersihkan dan juga alat-alat pembersihnya. Apa saja itu?

  • Blower karet yang biasa digunakan untuk memompa udara, jadi ketika pompanya ditekan maka akan mengeluarkan udara yang bisa membersihkan debu ataupun kotoran yang menempel di kamera ataupun kotoran yang ada didalam lensa.
  • Kain Mikrofiber yang mana jenis kain seperti ini memang sudah dirancang khusus untuk membersihkan permukaan kaca seperti lensa kamera. Perlu diingat juga bahwa jangan sekali-kali mengganti jenis kain lain karena bisa berakibat merusak ataupun bisa menggores lensa kameranya.
  • Lens Cleaning Pen, alat yang mirip kuas ini memiliki bulu-bulu halus ini biasanya digunakan menghilangkan debu, kotoran dan juga bekas sidik jari yang menempel di lensa kamera.
  • Cairan Pembersih Lensa, kami bisa membelinya ditoko kamera ataupun membeli online dimarketplace. Banyak sekali merk-merk cairan pembersih lensa yang bisa kamu gunakan seperti Eclipse, New Glow, Claire Lens Cleaner, D’flex dan ada juga merk Opula yang sudah lengkap hadir dalam cleaning kit kamera (mulai dari kain microfiber, blower, kuas dan juga cairan pembersihnya).
Baca Juga:  Ini 7 Kamera Analog Terbaik Dengan Harga Murah, Cocok Untuk Para Pemula!

Gunakan Blower Untuk Membersihkan Lensa Kamera

cara membersihkan lensa kamera digital
cara membersihkan lensa kamera digital, foto: freepik

Setelah mempersiapkan kamera yang akan dibersihkan dan juga menyiapkan cleaning kit kameranya, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan blower untuk membersihkan lensa kameranya.

Jangan melepas lensa kamera yang sudah terpasang, karena itu bisa menyebabkan debu atau kotoran masuk kedalam yang akan sangat sulit untuk dibersihkan. Gunakanlah blower tersebut untuk menyemprotkan angin ke bagian lensa kamera agar kotoran yang menempel bisa lepas.

Setelah beberapa kali memompa blowernya, cek pada lensa kameranya apakah masih ada kotoran, debu atau bekas sidik jari yang menempel. Jika masih kotor maka kamu bisa membersihkannnya dengan cairan pembersih lensa. Caranya adalah semprotkan cairan tersebut ke kain microfiber kemudian usapkan ke permukaan lensa secara perlahan-lahan.

Pasang Pelindung Lensa

UV filver lens

Setelah lensa dibersihkan, cara agar lensa kameramu tidak mudah kotor adalah dengan memasangkan UV filter untuk melindungi lensanya.

Alat ini (UV Filter) memiliki fungsi ganda yaitu melindungi lensa dari debu, ataupun kotoran dan fungsi yang kedua adalah melindungi lensa dari sinar ultraviolet secara langsung.

Dengan cara ini kamu juga bisa melindungi lensa dari benturan benda-benda disekitar. Jika terbentur ataupun tergores kamu tidak perlu membeli lensa kamera yang harganya lumayan mahal. Cukup dengan mengganti UV filternya saja yang harganya kisaran di 100ribuan.

Membersihkan Bagian Sensor (Harap HATI-HATI)

swab for cleaning sensor camera
swab for cleaning sensor camera, foto: slrlounge.com

Pada bagian ini kamu harus berhati-hati ketika ingin membersihkan sensor kameranya dan jangan sekali-kali memegang dengan tangan/jari langsung. Langkah-langkah dalam membersihkan bagian sensor kamera adalah sebagai berikut :

  • Letakkan bodi kameranya ditempat yang datar dan ada pencahayaan yang terang
  • Kemudian hidupkan kameranya dan atur pada mode pembersihan (tujuannya adalah agar cermin didepan sensor bisa terangkat).
  • Setelah itu kamu bisa mulai membersikan sensornya.
Baca Juga:  Ini Dia 6 Jenis Lensa Kamera DSLR dan Fungsinya

Perlu diketahui juga bahwa di beberapa merk kamera itu ada perbedaan pengaturan saat ingin masuk ke mode pembersihan, Seperti pada kamera Nikon D50 yang memberikan nama Mirror Lock-Up ketika kamu ingin membersihkan sensornya.

Bersihkan Sensor Kamera Dengan Swab

cleaning sensor kamera dengan swab
cleaning sensor kamera dengan swab. foto: aliexpress.com

Cara yang benar ketika kamu ingin membersihkan sensor kamera adalah dengan alat Swab sepert gambar diatas. Setelah selesai membersikannya, segera matikan kameranya agar cermin yang tadi posisinya naik bisa keposisi semula.

Kamu juga bisa menggunakan Bulb Blower untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sensornya.

Bersihkan Juga Bagian Viewfinder

cleaning viewfinder digital camera
cleaning viewfinder digital camera, foto: youtube.com

Selanjutnya kamu jangan lupa juga untuk membersikan bagian viewfinder yang biasa untuk melihat objek yang akan difoto. Banyak orang yang melewatkan bagian ini kerana dianggap selalu bersiha atau dianggap juga tidak berpengaruh pada hasil fotonya nanti.

Cara membersihkan viewfinder ini cukup mudah yaitu semprotkan /teteskan ciaran pembersih lensa kamera ke kain microfiber dan selanjutnya usap dengan pelan-pelan. Cara lainnya jika kain microfivermu sudah kotor bisa menggunakan cutton bud yang kamu teteskan cairan pembersih terlebih dahulu.

Bersihkan Juga Bodi Kamera

lens cleaning pen
lens cleaning pen bisa kamu gunakan untuk membersihkan bodi kamera, foto: canon.com.hk

Kamu juga wajib untuk membersihkan bodi kameranya. bagian bodi ini paling mudah kotor karena selalu kita pegang dengan tangan, sedangkan tangan kadang lupa habis memegang sesuatu yang kotor kemudian memegang bodi kamera lagi.

Kamu bisa gunakan alat lens cleaning pen untuk membersihkan bodi kamera di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh kain pembersihnya.

Itulah 7 cara atau langkah-langkah dalam membersihkan lensa kamera digital secara mandiri dirumah. Tapi, jika kamu masih belum percara diri untuk membersihkan sendiri, jangan malu ataupun sungkan untuk membawa kameranya itu ketempat service kamera untuk dibersihkan saja. Atau bisa juga mengubungi teman di komunitasmu untuk membantu membersihkan lensa kameranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *