Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah
Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah

Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah

Sholat jenazah merupakan salah satu ibadah yang harus dilakukan umat muslim ketika seseorang meninggal dunia. Ibadah ini memiliki tata cara dan bacaan yang harus dipahami dengan baik agar pelaksanaannya sah dan benar di mata agama.

Tata Cara Sholat Jenazah

Tata cara sholat jenazah terdiri dari beberapa langkah, di antaranya:

1. Mendirikan jenazah dengan posisi kepala menghadap ke kiblat.

2. Membaca niat sholat jenazah dalam hati.

3. Membaca takbiratul ihram dan membaca doa iftitah.

4. Membaca surat Al Fatihah dan surat pendek di dalam sholat, yaitu Al Ikhlas.

5. Membaca takbir dan berdoa untuk jenazah.

6. Membaca salam setelah selesai sholat.

Bacaan Sholat Jenazah

Bacaan sholat jenazah terdiri dari beberapa doa dan surat yang harus dibaca saat melaksanakan sholat jenazah. Berikut adalah bacaan sholat jenazah:

1. Doa Ta’awudz.

2. Surat Al Fatihah.

3. Surat Al Baqarah ayat 285-286 atau Surat Al Imran ayat 191-194.

4. Surat Yusuf ayat 101 atau Surat Ar Rahman ayat 33-36.

5. Surat Al Ahqaf ayat 15-16 atau Surat Ad Dukhan ayat 38-59.

6. Doa untuk jenazah.

7. Salam.

Penjelasan Bacaan Sholat Jenazah

Doa ta’awudz adalah doa perlindungan dari kejahatan setan dan godaan syahwat. Surat Al Fatihah merupakan surat pembukaan yang harus dibaca dalam setiap sholat, termasuk sholat jenazah. Surat Al Baqarah ayat 285-286 atau Surat Al Imran ayat 191-194 dipilih sebagai surat kedua karena mengandung kandungan tentang keimanan dan pengharapan kepada Allah SWT.

Surat Yusuf ayat 101 atau Surat Ar Rahman ayat 33-36 dipilih sebagai surat ketiga karena mengandung kandungan tentang keagungan dan kebesaran Allah SWT. Surat Al Ahqaf ayat 15-16 atau Surat Ad Dukhan ayat 38-59 dipilih sebagai surat keempat karena mengandung kandungan tentang akhirat dan hari kiamat.

Doa untuk jenazah adalah doa permohonan ampunan dan rahmat dari Allah SWT untuk arwah jenazah yang telah meninggal dunia. Sedangkan salam merupakan penutup sholat jenazah yang harus dibaca oleh jamaah yang ikut melaksanakan sholat.

Kesimpulan

Sholat jenazah merupakan ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim ketika seseorang meninggal dunia. Pelaksanaan sholat jenazah harus dilakukan dengan memahami tata cara dan bacaan yang benar agar sah di mata agama. Bacaan sholat jenazah terdiri dari beberapa doa dan surat yang harus dibaca secara berurutan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Artikel Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM