Larung Sesaji Gunung Kelud
Larung Sesaji Gunung Kelud

Larung Sesaji Gunung Kelud

Larung Sesaji Gunung Kelud adalah upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan syukur dan permohonan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sejarah Larung Sesaji Gunung Kelud

Upacara Larung Sesaji Gunung Kelud pertama kali dilakukan pada zaman Kerajaan Majapahit. Pada saat itu, upacara ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Sri yang dipercaya sebagai dewi padi. Setelah itu, upacara ini berkembang dan dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pelaksanaan Larung Sesaji Gunung Kelud

Pelaksanaan Larung Sesaji Gunung Kelud dilakukan setiap tahun pada saat bulan Suro. Bulan Suro adalah bulan pertama dalam kalender Jawa. Upacara ini dilakukan di puncak Gunung Kelud yang terletak di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sebelum upacara dimulai, masyarakat Jawa Tengah akan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk upacara tersebut. Mereka akan membuat sesaji yang terdiri dari berbagai macam makanan dan buah-buahan. Selain itu, mereka juga akan membawa bunga dan kemenyan sebagai simbol penghormatan.

Setelah itu, mereka akan mendaki Gunung Kelud dan menuju puncak gunung. Di puncak gunung, mereka akan menempatkan sesaji yang sudah mereka persiapkan tadi di atas sebuah meja yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, mereka akan berdoa dan memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Makna Larung Sesaji Gunung Kelud

Larung Sesaji Gunung Kelud memiliki makna yang dalam bagi masyarakat Jawa Tengah. Upacara ini merupakan bentuk penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Selain itu, upacara ini juga sebagai bentuk permohonan keselamatan dan keberkahan bagi masyarakat Jawa Tengah.

Kesimpulan

Dalam tradisi masyarakat Jawa Tengah, upacara adat seperti Larung Sesaji Gunung Kelud masih sangat dihormati dan dilestarikan. Upacara ini merupakan bentuk penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan keselamatan.

ArtikelLarung Sesaji Gunung Kelud

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM