Contoh Persamaan Akuntansi dan Penyelesaiannya
Contoh Persamaan Akuntansi dan Penyelesaiannya

Contoh Persamaan Akuntansi dan Penyelesaiannya

Akuntansi merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam bisnis dan keuangan. Dalam akuntansi, terdapat persamaan akuntansi yang harus dipahami oleh setiap orang yang ingin memahami dasar-dasar akuntansi. Persamaan akuntansi adalah suatu persamaan yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan dalam sebuah perusahaan.

Persamaan Akuntansi

Persamaan akuntansi terdiri dari tiga unsur yaitu aktiva, hutang dan modal. Ketiga unsur tersebut harus selalu seimbang. Persamaan akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut:

Aktiva = Hutang + Modal

Artinya, jumlah aktiva yang dimiliki oleh perusahaan harus selalu sama dengan jumlah hutang dan modal yang dimilikinya. Dalam hal ini, aktiva adalah semua aset yang dimiliki oleh perusahaan, sedangkan hutang adalah semua kewajiban yang harus dibayarkan oleh perusahaan dan modal adalah selisih antara aktiva dan hutang.

Contoh Persamaan Akuntansi dan Penyelesaiannya

Contoh persamaan akuntansi dapat dilihat dalam transaksi berikut:

PT. ABC melakukan pembelian barang seharga Rp 10.000.000 dengan membayar tunai.

Dalam transaksi ini, aktiva perusahaan bertambah sebesar Rp 10.000.000 karena barang yang dibeli merupakan aset perusahaan. Namun demikian, hutang dan modal perusahaan tidak berubah karena pembelian tersebut dibayar secara tunai. Sehingga, persamaan akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut:

Aktiva = Hutang + Modal

Rp 10.000.000 = Rp 0 + Rp 10.000.000

Transaksi selanjutnya adalah PT. ABC melakukan penjualan barang seharga Rp 15.000.000 dengan cara kredit selama 30 hari.

Dalam transaksi ini, aktiva perusahaan tidak berubah karena barang yang dijual telah keluar dari perusahaan. Namun demikian, hutang perusahaan bertambah sebesar Rp 15.000.000 karena pembelian dilakukan secara kredit, dan modal perusahaan juga bertambah sebesar Rp 15.000.000 karena perusahaan berhak atas uang yang akan diterima dalam 30 hari ke depan. Sehingga, persamaan akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut:

Aktiva = Hutang + Modal

Rp 10.000.000 = Rp 15.000.000 + Rp 10.000.000

Setelah 30 hari, PT. ABC menerima pembayaran dari pelanggan sebesar Rp 15.000.000.

Dalam transaksi ini, hutang perusahaan berkurang sebesar Rp 15.000.000 karena pelanggan telah membayar tagihannya. Namun demikian, modal perusahaan tetap tidak berubah karena uang yang diterima merupakan hak perusahaan. Sehingga, persamaan akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut:

Aktiva = Hutang + Modal

Rp 10.000.000 = Rp 0 + Rp 10.000.000

Kesimpulan

Dalam akuntansi, persamaan akuntansi sangat penting untuk mencatat transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Persamaan akuntansi terdiri dari tiga unsur yaitu aktiva, hutang dan modal yang harus selalu seimbang. Dengan memahami persamaan akuntansi, kita dapat memahami dasar-dasar akuntansi dan dapat menerapkan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Contoh Persamaan Akuntansi dan Penyelesaiannya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM