apa yang dimaksud dengan 5G kegunaannya apa saja

Teknologi Jaringan 5G Sudah Di Depan Mata, Apa Saja Kegunaannya?

Di tahun 2021 nanti rencananya Pemerintah Indonesia akan mulai membangun jaringan Teknologi 5G, yang mana ini sudah banyak diperbincangkan oleh masyarakat luas. Akhirnya banyak muncul pertanyaan apa yang dimaksud dengan teknologi 5G ini? perbedaannya dan juga kegunaannya untuk apa saja?

Seperti yang diberitakan oleh CNN Business International, Yang dimaksud dengan Teknologi 5G adalah sebuah teknologi nirkabel berikutnya dari konektivitas seluler yang diharapkan dapat mengubah cara hidup dan pekerjaan seseorang. Selain memiliki jaringan yang lebih cepat, teknologi 5G mampu untuk menangani lebih banyak perangkat dibandingkan dengan pendahulunya 4G LTE.

Jadi perbendaan antara teknologi 5G dan 4G LTE ini adalah 5G ini lebih unggul kemampuannya dalam menangani banyak perangkat, itu artinya tidak ada lagi istilah internet lemot.

Lalu untuk kegunaan teknologi jaringan 5G dalam mendukung aktivitas sehari-hari apa saja? karena kecepatan yang lebih ngebut dibandingkan pendahulunya, 5G diprediksi akan menjadikan konektivitas lebih baik lagi dari sebelumnya. Dikutip dari Techradar, ada beberapa kegunaan yang bisa diberikan 5G dalam memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Contohnya adalah :

Kegunaan / Keunggulan Teknologi 5G

  1. Download dan upload yang lebih cepat jadi tak ada lagi alasan download game dan juga upload foto ke sosial media lebih lama dari sebelumnya.
  2. Mendukung streaming konten video maupun YouTube yang lebih lancar, tanpa ngadat sedikitpun.
  3. Meningkatkan voice dan juga video call dengan kualitas yang lebih tinggi dan ditambah dengan koneksi seluler yang lebih top.
  4. Layanan 5G juga mendukung lebih banyak perangkat IoT seperti yang kerap ditemukan di smart home maupun smart watch
  5. Memperluas teknologi yang canggih seperti mobil tanpa pengemudi dan smart city.

Berbagai produsen ponsel pun juga terus menyiapkan diri mereka dalam menyambut teknologi 5G tersebut, salah satunya OPPO. Sudah banyak perjalanan yang ditempuh OPPO dalam berinovasi untuk mendukung teknologi 5G ini.

Dimulai pada bulan Oktober 2018, kala itu OPPO melakukan panggilan video 3D pertama yang menggunakan internet berbasis 5G. Sebulan berikutnya, OPPO membuat panggilan video pertama menggunakan ponsel 5G.

Perjalanan OPPO bersama teknologi baru ini tidak berhenti sampai di situ saja. Di awal tahun 2019, tepatnya di bulan Februari, OPPO memulai awal proyek 5G dan di bulan April juga menggandeng Swisscomm dalam pengembangannya.

OPPO pun meluncurkan ponsel 5G pertamanya di Eropa pada bulan Mei 2019 yaitu OPPO Reno 5G yang sukses mencuri perhatian. 2 bulan berikutnya atau di bulan Juli 2019 OPPO membuat sebuah Hotel di Australia yang menggunakan jaringan 5G.

Perjalanan OPPO dengan 5G juga berlanjut di akhir tahun 2019, yaitu di bulan November ketika OPPO menciptakan laboratorium pengembangan 5G dengan menggaet Ericsson. Sela 1 bulan berikutnya, OPPO kembali membuat sebuah kerja sama DSS pertama perusahaan dengan Ericsson, Qualcomm Technologies, Swisscom dan Telstra.

Dilihat dari perjalanan yang panjang tersebut, OPPO nampaknya sudah sangat dekat dengan teknologi 5G. Hal tersebut tidak hanya dilihat dari ponsel 5Gnya saja, tetapi juga inovasi-inovasi teknologi 5G yang juga digarap oleh OPPO.

#Artikel Asli