cara scan dokumen dan foto di Hp Android iPhone ke PDF

Cara Mudah Scan Foto dan Dokumen di Hp Ke PDF Atau JPG

Di era Digital, Dunia ada di genggaman anda. Istilah seperti itu sepertinya memang benar adanya, karena dengan smartphone anda bisa melakukan banyak hal. Seperti ketika ingin merubah dokumen fisik ke bentuk digital, tanpa bantuan alat scanner anda bisa dengan mudah scan dokumen atau foto dari Hp dan dirubah menjadi file PDF/Jpg.

Alat scanner yang paling banyak digunakan oleh perkantoran ataupun rental komputer biasanya adalah tipe flat seperti Canon Lide 120 Flatbed Scanner, Epson Perfection V39 Flatbed Color Image Scanner dan merk lainnya juga. Tapi alat-alat seperti itu pasti jarang sekali dimiliki oleh perorangan (disimpan dirumah) kecuali mungkin dia memiliki perusahaan dan dijalankan dari rumah yang tentunya harus punya alat pendukung seperti scanner ini.

Nah, teknobgt punya solusi nie untuk kalian yang tiba-tiba membutuhkan file digital/softcopy dari dokumen-dokumen fisik ketika ingin mengirimkan lamaran kerja via email, ataupun saat ingin mendaftar program / kuliah yang kebanyakan menggunakan sistem online saat ini (untuk menghindari kerumunan masa saat pandemi covid-19 seperti saat ini).

Solusinya adalah cukup dengan Smartphone / Hp Android ataupun iPhone, bisa langsung scan foto dan dokumen dan dirubah menjadi file digital pdf ataupun JPG. dengan cara ini pastinya anda bisa lebih hemat waktu, uang dan tentunya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hasil dari scan dari Hp juga tidak kalah baik dari alat scanner seperti yang biasa digunakan.

Cara scan foto dan dokumen di Hp dan dirumah ke file PDF ataupun JPG ini ada 2 cara yaitu menggunakan aplikasi tambahan dan ada juga tanpa aplikasi. Untuk lebih jelasnya, apa saja aplikasinya dan cara-caranya bisa mengikuti cara-caranya dibawah ini.

3 Cara Scan Foto dan Dokumen di Hp

Untuk Scan foto/dokumen di Hp Android, semua merk dan tipe bisa anda gunakan seperti Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi, Asus dan yang lainnya. Tapi, untuk mendapatkan hasil scan yang lebih bagus, anda bisa menggunakan Hp Android yang memiliki kamera dengan resolusi tinggi.

Untuk pengguna iPhone juga bisa melakukan scan foto atau dokumen dari iPhone karena aplikasi yang akan digunakan sudah ada di App Store.

Aplikasi Google Drive

scan dokumen dari hp dengan google drive
Cara Scan dokumen dari Google Drive (foto:gtricks.com)

Cara pertama yang bisa dicoba untuk scan foto di Hp adalah dengan aplikasi Google Drive. Belum pernah pakai fitur itu kan? Nah jadi, selain fungsinya untuk menyimpan file-file secara online, Google Drive ternyata mempunya fitur Scan yang tentunya bisa kalian gunakan untuk merubah dokumen fisik menjadi softcopy / file digital.

Baca Juga:  Ini Dia 6 Jenis Lensa Kamera DSLR dan Fungsinya

Jadi, fitur dari Google Drive ini bisa dimanfaatkan sebagai pemindai foto/dokumen secara online dan menyimpan hasil scannya dalam format PDF di akun Google Drive Anda. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pertama-tama buka aplikasi Google Drive di Hp kemudian pilih “Add” ada tanda (+) dikanan bawah
  2. Akan muncul 6 pilihan fitur yang bisa digunakan yaitu ada Folder, Upload, Scan, Google Dokumen, Google Spreadsheet dan Google Slide. Pilih “Scan/Pindai” Jika ini pertama kali, maka akaun muncul notifikasi untuk akses kamera, pilih Izinkan
  3. Setelah itu layar Hp akan berubah menjadi mode Foto, Nah disini siapkan foto/dokumen yang akan di scan dari Hp di tempat yang datar dan untuk hasil yang maksimal fokuskan terlebih dahulu ke objek lalu tekan tombol “foto” dibawah untuk proses selanjutnya
  4. Jika hasilnya sudah terlihat bagus, tekan icon “checklist” dibagian kanan
  5. Sebelum hasil scannya disimpan, anda masih bisa mengeditnya seperti rotasi, crop dan beberapa pilihan mode warna.
  6. Jika ingin hasil scannya didalam 1 file PDF dari beberapa lembar dokumen, anda bisa pilih Re-scan halaman “Re-scan current page” dengan icon “+ dalam kotak” yang berada di pojok kiri bawah.
  7. Setelah selesai semua, tekan tombol simpan dan berina sesuai yang diinginkan. Anda juga bisa membuat folder baru di Google Drive.

Seperti itulah langkah-langkah untuk scan foto/dokumen di Hp Android menggunakan fitur dari Google Drive. Anda juga bisa memang Widget Drive di halaman depan Hp agar bisa dengan cepat melakukan scan.

Aplikasi CamScanner

aplikasi camscanner terbaik

Selanjutnya ada aplikasi CamScanner yang bisa membantu anda untuk memindai dokumen fisik menjadi softcopy langsung dari Hp. Ini bisa menjadi alternatif jika anda tidak ingin menggunakan fitur scan dari Google Drive.

Di Hp/Smartphone Android, aplikasi Google Drive ini adalah salah satu aplikasi bawaan dari pabrik, yang artinya anda bisa scan foto di Hp tanpa aplkasi tambahan lagi. Cukup dengan fitur yang ada di Google drive saja.

Nah berbeda dengan CamScanner ini yang masuk sebagai pihak ketiga atau aplikasi tambahan untuk membantu anda scan foto ataupun dokumen yang memiliki banyak fitur.( Lihat : CamScanner, Aplikasi Scan Dokumen Terbaik Langsung Dari Hp).

Baca Juga:  Daftar Harga Terbaru Paket Internet dan Nelpon Telkomsel 2019

Aplikasi CamScanner ini bisa digunakan untuk pengguna Smartphone Android dan juga iPhone.

Aplikasi CamScanner ini sangat populer karena memang memiliki banyak fitur dan menyebut dirinya sebaga Document Scanner App for Android, PDF Reader, File Manager, Word/Excel/Power Point Docs Editor, PDF Scanner, Qr Code Scanner, Translate Image App.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, seperti video diatas tadi, hanya dalam waktu sebentar saja bisa menambahkan tandatangan “add signature”.

Cara Scan Dokumen di iPhone Dengan Notes

scan document in Notes App IPhone
Scan document in Notes App IPhone (Foto:macrumors)

Pengguna iPhone juga memiliki aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk scan dokumen langsung yaitu “Notes”. Pada iOs 11 Apple telah menambahkan fitur scan terbaru di aplikasi Notes. Jadi pengguna iPhone yang sudah menggunakan iOS 11 baru bisa memanfaatkan fitur tersebut.

Berikut ini adalah cara menggunakan Aplikasi Notes di iPhone untuk Scan Dokumen :

  1. Langkah pertama adalah buka aplikasi Notes kemudian pilih/ketuk icon kotak dengan pensil didalamnya (membuat catatan baru)
  2. Setelah itu pilih icon “+” lingkarang dengan tanda + (tambah) didalamnya maka akan muncul Menu di atas keyboard Anda. Di menu itu, ketuk lagi lingkaran dengan tanda + di dalamnya dan pilih “Scan Documents”
  3. Maka iPhone anda akan menaktifkan kamera, Nah disini siapkan dokumen  yang akan di scan dan pastikan dokumen yang akan discan itu berada di tempat yang datar agar hasilnya sempurna.
  4. Aplikasi Notes akan secara otomatis memfokuskan kamera pada dokumen atau anda juga bisa mengontrol secara manual dengan cara mengetuk layar iphonenya. Tekan tombol foto untuk proses selanjutnya
  5. Setelah itu Aplikasi Notes akan menampilkan hasilnya dan anda bisa edit, keep Scan ataupun Retake/mengulangi scan juga hasilnya blur atau miring.
  6. Jika sudah selesai semua, pilih tombol “Selesai” yang ada di pojok kiri atas untuk menyimpan hasil scannya. Ikuti perintahnya hingga hasil scannya tersimpan sesuai keinginan anda.
  7. Jika ingin menyimpan file hasil scan sebagai format PDF, ketuk ikon Unggah/Upload. sobat kemudian dapat memilih untuk membuat PDF, ataupun extensi lainnya. Pilih Buat PDF
  8. Maka setelah itu file PDF dari dokumen yang discan tadi akan terbuka di Notes. Pilih Selesai/done.

Seperti itulah 3 cara scan foto ataupun dokumen di Hp Android dan iPhone dengan mudah dan cepat. Jadi dengan aplikasi bawaan dan juga tambahan aplikasi tersebut sudah bisa mengubah Hp/Smartphone anda menjadi alan scanner dokumen tercepat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *