Apa Itu Layar Super Retina dan Super Retina XDR di iPhone
Apa Itu Layar Super Retina dan Super Retina XDR di iPhone

Apa Itu Layar Super Retina dan Super Retina XDR di iPhone

Apple mulai menghadirkan layar dengan teknologi Super Retina pada perangkat iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max, sedangkan untuk layar Super Retina XDR digunakan untuk mendukung performa iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Ini semuanya dirancang oleh Apple untuk memanjakan mata penggunanya karena memang kualitas yang tinggi adalah standar dari perusahaan Apple. Dilansir dari laman resmi Apple, mengatakan bahwa percaya ini adalah layar OLED terbaik yang pernah disertakan dalam smartphone serta menawarkan akurasi warna terbaik di industri.

Teknologi yang ada di Layar Super Retina dan Super Retina XDR ini bisa menghasilkan kontras luar biasa, kecerahan tinggi, dan gamut warna lebar berstandar bioskop. Beserta manajemen warna sistem terbaik, warnanya dikalibrasi secara presisi untuk menghasilkan pengalaman menonton yang optimal.

Rentang Dinamis Tinggi

layar super retina iphone

Super Retina dan Super Retina XDR juga dilengkapi Rentang Dinamis Tinggi (HDR), yang mampu menampilkan area gelap dan terang yang luas pada foto dan video. Dengan fitur ini, Anda dapat melihat hitam legam yang gelap dan putih murni yang cerah sembari mempertahankan nuansa dramatis di antaranya. Foto terlihat lebih hidup dan semua yang Anda tonton dalam Dolby Vision, HDR10, atau HLG lebih mengesankan dari sebelumnya.

👉 TRENDING:  Harga Terbaru iPhone 8 Plus dan Spesifikasinya

Teknologi OLED

Layar Super Retina dan Super Retina XDR menggunakan teknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED). Super Retina dan Super Retina XDR memiliki peningkatan lebih lanjut dibandingkan tampilan OLED konvensional demi menghadirkan pengalaman menonton yang luar biasa, untuk pertama kalinya sesuai dengan standar iPhone.

Teknologi OLED menghasilkan rasio kontras yang sangat tinggi dan resolusi yang tinggi. Dan tanpa lampu latar, OLED memancarkan cahaya melalui setiap piksel, sehingga mewujudkan layar yang lebih tipis. Layar Super Retina dan Super Retina XDR mengatasi tantangan yang dihadapi layar OLED konvensional dengan kecerahan tinggi, dukungan warna yang luas, dan akurasi warna terbaik di industri.

Jika melihat layar OLED di luar sudut tampilannya, Anda mungkin melihat sedikit perbedaan warna dan rona. Ini adalah karakteristik OLED dan merupakan kondisi yang normal. Dengan penggunaan lama dalam jangka panjang, layar OLED juga dapat menunjukkan sedikit perubahan visual. Kondisi ini juga wajar dan dapat mencakup “persistensi gambar” atau “burn-in”, yaitu ketika layar masih menunjukkan sisa gambar yang samar meskipun ada gambar baru yang muncul di layar. Hal ini dapat terjadi dalam kasus yang lebih ekstrem seperti ketika gambar dengan kontras tinggi yang sama ditampilkan terus-menerus dalam waktu yang lama.

👉 TRENDING:  Spesifikasi iPhone XS MAX Harga Terbaru 2021

Kami telah merancang layar Super Retina dan Super Retina XDR sebagai yang terbaik di industri ini sehingga mampu mengurangi efek “burn-in” pada OLED. Hal ini mencakup algoritme khusus yang memantau penggunaan piksel individual untuk menghasilkan data kalibrasi layar. iPhone menggunakan data tersebut untuk secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan setiap piksel sesuai kebutuhan guna mengurangi efek visual “burn-in” dan mempertahankan konsistensi pengalaman menonton.

Selain itu, semua layar, termasuk OLED dan LCD, mungkin akan mengalami penurunan tingkat kecerahan seiring bertambahnya usia pemakaian layar. Hal ini dapat terjadi pada semua produk elektronik konsumen.

Mengoptimalkan layar Super Retina dan Super Retina XDR

Dengan iOS versi terbaru, iPhone dirancang khusus untuk meminimalkan efek penggunaan jangka panjang dan memperpanjang masa pakai layar Super Retina dan Super Retina XDR. Berikut beberapa langkah tambahan yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan layar Super Retina atau Super Retina XDR:

  • Perbarui iPhone ke iOS versi terbaru. Jika pembaruan terkini telah tersedia, Anda akan melihat permintaan untuk memperbarui. Anda juga dapat memeriksa pembaruan di Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Gunakan Kecerahan Otomatis untuk menyesuaikan kecerahan tampilan secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar di lokasi Anda. Pengaturan ini dinyalakan secara default. Untuk memeriksa pengaturan ini, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks, lalu gulir ke bawah dan nyalakan Kecerahan Otomatis.
  • Atur iPhone agar layar mati saat tidak digunakan. Sebaiknya pilih waktu yang lebih singkat. Untuk menyesuaikan pengaturan ini, buka Pengaturan > Layar & Kecerahan > Kunci Otomatis.
  • Hindari menampilkan gambar statis pada kecerahan maksimum dalam waktu yang lama. Jika ada app yang membuat layar tetap menyala saat iPhone tidak digunakan secara aktif, Anda dapat mengurangi tingkat kecerahan untuk sementara menggunakan Pusat Kontrol.
👉 TRENDING:  Ini Yang Menyebabkan iPhone Sering Restart Sendiri