Ini Daftar Aplikasi Android Yang Berisi Adware Bahaya, Segera Hapus atau Jangan Coba-Coba Instal
aplikasi android berisi adware berbahaya
Daftar Aplikasi Android yang terdapat Adware Berbahaya (Foto: botcrawl.com)

Ini Daftar Aplikasi Android Yang Berisi Adware Bahaya, Segera Hapus atau Jangan Coba-Coba Instal

Para pengguna smartphone Android diharapkan agar lebih hati-hati saat ingin menginstal aplikasi baru, karena ada laporan dari perusahaan Cyber Security yang memperingatkan adanya penyebaran aplikasi yang didalamnya terdapat Adware berbahaya.

Dalam beberapa bulan terakhir Keamanan siber ini telah mendeteksi sejumlah aplikasi yang kemungkinan didalamnya terdapat perangkat lunak beriklan atau Adware Wave. Sebenarnya ini bukan hal baru, karena fenomena Adware yang berbahaya ini sudah ada sejak lama dan tersebar di berbagai macam perangkat lunak seluler seluruh dunia.

Baca Juga : Daftar Antivirus Android Terbaik 2020

Avast, yang merupakan salah satu antivirus android terbaik ini telah memiliki daftar aplikasi yang harus dihindari dan jika itu tidak penting jangan di instal. Tim peneliti dari Avast ini telah mempelajari dari ratusan ulasan pengguna aplikasi yang diklaim adanya adware berbahaya, berikut ini daftar aplikasi tersebut (dikutip dari laman Phone Arena) :

πŸ‘‰ TRENDING:  7 HP Gaming Murah Rp 1 Jutaan Terbaru, Mabar FF - PUBG - Mobile Legend Tetap Lancar!

Daftar Aplikasi Berbahaya Karena Terdapat ADWARE

daftar aplikasi yang terdeteksi adware berbahaya

  1. Shoot Them
  2. Crush Car
  3. Rolling Scroll
  4. Helicopter Attack – New
  5. Assasain Legend – 2020 New
  6. Helicopter Shoot
  7. Rugby Pass
  8. Flying Skateboard
  9. Iron It
  10. Shooting Run
  11. Plant Monster
  12. Find Hidden
  13. Find 5 Differences – 2020 New
  14. Rotate Shape
  15. Jump Jump
  16. Find the Differences – Puzzle Game
  17. Sway Man
  18. Desert Against
  19. Money Destroyer
  20. Cream Trip – New
  21. Props Rescue

Dilihat dari daftar diatas, bisa dikatakan bahwa kategori β€œgames” menjadi paling banyak menyumbang aplikasi yang berisikan Adware berbahaya. Kemudian para peneliti dari keamanan siber mendapatkan banyak ulasan yang menyebutkan promosi iklan berbeda saat mereka menggunakan aplikasi di atas.

πŸ‘‰ TRENDING:  2 Cara Mudah Memindahkan Kontak Dari iPhone ke Android

Para pengguna smartphone Android banyak yang terkecoh dengan tayangan iklan aplikasi-aplikasi tersebut dan jika sudah di instal, mereka akan mulai menyerang pengguna smartphone dengan tayangan iklan didalamnya bahkan ada juga iklan yang muncul di luar aplikasi. Hal-hal yang seperti ini sangat berpotensi smartphonenya terinfeksi virus dan tentunya mengganggu penggunanya juga.

Jumlah penginstal aplikasi yang banyak bukan berarti aman dari adware dan juga virus karena angka tersebut bisa saja dimanipulasi Bahkan aplikasi populer yang nilai unduhnya hinga jutaanpun masih berpotensi berbahaya untuk smartphone.

Jadi, bijaklah dalam memilih aplikasi yang akan di instal agar smartphone anda bisa terhindar dari serangan adware, ransomware, spyware, trojan maupun virus. Langkah awal yang bisa anda lakukan sebelum menginstal aplikasi tersebut adalah membaca ulasan-ulasannya.

πŸ‘‰ TRENDING:  2 Cara Mudah Hapus Akun Google di Hp Android
apakah videoder berbahaya -