Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah
Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah

Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah

Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah …

A. mengurangi gaya tekan dan memperbesar luas bidang

B. mengurangi gaya tekan dan memperkecil luas bidang

C. meningkatkan gaya tekan dan memperbesar luas bidang

D. meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang

Jawaban :

D. meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang

Penjelasan :

Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapat tekanan yang besar adalah dengan cara D (meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang tekan). Jika luas bidang tekannya besar maka tekanannya semakin kecil.

Pembahasan

tekanan dibedakan menjadi tiga yaitu tekanan pada zat padat, zat cair dan zat gas.

Tekanan pada zat padat yaitu gaya dibagi dengan luas penampang.

Adapun rumus atau persamaan pada tekanan zat padat yaitu sebagai berikut:

P = F/A

keterangan:

P = tekanan (satuan N/m² atau pascal)

F = gaya (satuan Newton)

A = luas bidang tekan (satuan m²)

Dari persamaan tekanan zat padat diatas dapat disimpulkan bahwa semakin besar gaya tekan yang diberikan, maka semakin kecil tekanan yang dihasilkan, sedangkan semakin kecil luas permukaan bidang tekan, maka semakin besar tekanan yang dihasilkan.

Contoh penerapan dalam kehidupan sehari – hari yaitu pada kapak. Mata pada kapak sengaja dibuat tajam untuk memperbesar tekanan, sehingga memudahkan tukang kayu dalam memotong atau membelah kayu. Ketika kita memotong atau membelah kayu dengan kapak yang tajam maka tenaga yang dikeluarkan akan sedikit dibandingkan menggunakan kapak yang tumpul.

Upaya untuk mendapatkan tekanan yang besar dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

  1. Menggunakan pompa air: Pompa air merupakan alat yang dapat menghasilkan tekanan yang besar dengan menggunakan energi mekanik. Pompa air dapat digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah tempat yang membutuhkan tekanan tinggi, seperti pada sistem irigasi, pemadam kebakaran, atau industri.
  2. Menggunakan kompresor udara: Kompresor udara adalah alat yang berfungsi mengubah udara biasa menjadi udara yang bertekanan tinggi. Kompresor udara dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pada proses pengolahan minyak, pemadam kebakaran, atau industri otomotif.
  3. Menggunakan hidrolik: Sistem hidrolik merupakan sistem yang menggunakan fluida untuk menghasilkan tekanan yang besar. Sistem ini sering digunakan pada alat-alat berat seperti excavator, bulldozer, atau alat berat lainnya yang membutuhkan tenaga yang besar untuk bekerja.
  4. Menggunakan sistem tinggi rendah: Sistem tinggi rendah adalah sistem yang menggunakan tekanan tinggi pada bagian tertentu dan tekanan rendah pada bagian lainnya. Sistem ini biasanya digunakan pada sistem pemadam kebakaran atau industri pengolahan minyak.

Untuk mendapatkan tekanan yang besar, sebaiknya dipilih alat yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak melebihi batas kemampuan alat tersebut. Selain itu, perlu diperhatikan juga keamanan dan keselamatan saat menggunakan alat tersebut agar tidak terjadi kecelakaan.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang mungkin timbul tentang upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar:

  1. Apa saja alat-alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan tekanan yang besar?

Alat-alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan tekanan yang besar antara lain pompa air, kompresor udara, sistem hidrolik, dan sistem tinggi rendah.

  1. Bagaimana cara kerja pompa air untuk menghasilkan tekanan yang besar?

Pompa air menggunakan energi mekanik untuk memompa air dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi. Proses ini menghasilkan tekanan yang besar pada air yang dipompa.

  1. Bagaimana cara kerja kompresor udara untuk menghasilkan tekanan yang besar?

Kompresor udara menggunakan motor atau mesin untuk mengubah udara biasa menjadi udara yang bertekanan tinggi. Proses ini dilakukan dengan cara mengcompress udara tersebut dengan kecepatan yang tinggi sehingga tekanannya meningkat.

  1. Bagaimana cara kerja sistem hidrolik untuk menghasilkan tekanan yang besar?

Sistem hidrolik menggunakan fluida untuk menghasilkan tekanan yang besar. Fluida tersebut dikompress dengan menggunakan piston atau sejenisnya, sehingga tekanannya meningkat.

  1. Bagaimana cara kerja sistem tinggi rendah untuk menghasilkan tekanan yang besar?

Sistem tinggi rendah menggunakan tekanan tinggi pada bagian tertentu dan tekanan rendah pada bagian lainnya. Tekanan tinggi tersebut dihasilkan dengan cara mengcompress fluida atau udara yang ada pada bagian tertentu sehingga tekanannya meningkat.