Salah satu keuntungan energi matahari adalah
Salah satu keuntungan energi matahari adalah

Salah satu keuntungan energi matahari adalah

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Salah satu keuntungan energi matahari adalah tugas soal Kelas: VII Mata pelajaran: Fisika Materi: Bab 6 – Energi dalam Sistem Kehidupan.

Pertanyaan:

Salah satu keuntungan energi matahari adalah

A. Tidak menghasilkan polusi

B. Energi matahari tidak dapat diperbaharui

C. Energi matahri efisien di beberapa iklim

D. Energi matahari tersedia sepanjang waktu

Jawaban:

Salah satu keuntungan energi matahari adalah

A. Tidak menghasilkan polusi

Penjelasan

Energi mtahari didapat dengan menggunakan Sel surya atau panel surya, yang bekerja merubah energi sinar matahari menjadi energi listrik.

Berikut adalah pernyataan tentang energi matahari di atas:

A. Tidak menghasilkan polusi

Pernyataan ini benar, karena sel surya tidak menghasilkan dampak samping seperti asap pembakaran yang dihasilkan pada mesin yang menggunakan bahan bakar fosil. Sinar matahari yang ditangkap akan digunakan untuk menyebabkan pergerakan elektron di sel surya, tanpa menghasilkan dampak polusi apapun.

B. Energi matahari tidak dapat diperbaharui  

Pernyataan ini salah. Karena energi matahari menggunakan sinar matahari, maka energi akan ada terus selama matahari masih bersinar Matahari menghasilkan sinarnya melalui fusi (pelebura) atom hidrogen menjadi atom helium. Proses fusi ini dapat berlangsung selama trilyunan tahun. Sehingga matahari dapat menyediakan energi sampai waktu yang sangat panjang.

C. Energi matahari efisien di beberapa iklim  

Pernyataan ini salah. Sinar matahari di Bumi jumlahnya bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Daerah beriklim tropis seperti Indonesia memiliki paparan sinar matahari yang besar sepanjang tahun, namun paparan ini sering terhalang awan.

Sebaliknya daerah ebriklim dingin di dekat kutub memiliki paparan sinar matahari sangat sedikit, dan mengalami musim dingin dengan malam yang sangat panjang.

D. Energi matahari tersedia sepanjang waktu

Pernyataan ini salah. Sinar matahari hanya tersedia pada siang hari saja. Sehingga agar dapat dimanfaatkan pada malam hari, energi matahari yang dihasilkan sel surya harus disimpan dalam baterai.

Dalam soal diketahui senter dinyalakan mengakibatkan perubahan energi pada baterai. Ditanyakan tahapan perubahan energi terjadi. Proses menjawab soal tersebut adalah dengan mendeskripsikan prinsip kekekalan energi lalu menjelaskan proses perubahan energi pada baterai ketika senter dinyalakan sehingga dapat disimpulkan manakah diantara pilihan jawaban yang merupakan perubahan energi pada baterai. Prinsip kekekalan energi ialah energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, energi hanya dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Proses dari perubahan energi pada baterai ketika senter dinyalakan adanya proses konversi energi. Dalam baterai menyimpan energi berupa energi kimia. Lalu energi kimia ini mampu diubah secara langsung menjadi energi listrik dengan menghubungkan kedua kutub dengan peralatan listrik. Pada peristiwa senter dinyalakan, perubahan energi kimia menjadi energi listrik yang mengakibatkan arus listrik mengalir dari baterai kemudian ke filamen menjadi panas lalu menghasilkan cahaya. Ketika dialiri arus listrik, filamen di lampu diproduksi menjadi sangat panas yang menyebabkan warna cahaya yang dipancarkan menghasilkan cahaya pada gelombang yang kasatmata. Cahaya ini timbul terjadi adanya perubahan energi dari energi listrik menjadi energi cahaya. Hal ini sesuai dengan hukum kekekalan energi dimana energi kimia dapat dikonversi menjadi energi dalam bentuk energi listrik yang kemudian dikonversikan menjadi energi cahaya. Proses konversi energi kimia menjadi energi listrik lalu menjadi energi cahaya ini memanfaatkan sebuah alat senter. Senter yang berguna untuk penerangan di saat gelap dan menggunakan baterai sebagi sumber energi listrik. Baterai sebagai alat yang menghasilkan energi listrik dengan proses kimia, energi listrik yang dihasilkan dengan melibatkan transfer elektron melalui media yang bersifat konduktif dari dua elektroda (anoda dan katoda) sehingga menghasilkan arus listrik dan beda potensial. Komponen utama pada baterai terdiri dari elektroda dan elektrolit.

Kesimpulan

Dari langkah – langkah pengerjaan diperoleh kesimpulan bahwa proses perubahan energi yang terjadi pada baterai ketika menyalakan senter adalah kimia-listrik-cahaya.