Tulisan Korea A Sampai Z: Belajar Menulis Hangul dengan Mudah
Tulisan Korea A Sampai Z: Belajar Menulis Hangul dengan Mudah

Tulisan Korea A Sampai Z: Belajar Menulis Hangul dengan Mudah

Bagi pecinta K-Pop dan drama Korea, tentu sudah tidak asing lagi dengan tulisan Hangul atau tulisan Korea. Tulisan ini memang memiliki bentuk yang unik dan cantik sehingga banyak orang ingin belajar menulisnya. Namun, bagi sebagian orang, belajar menulis tulisan Korea bisa terasa sulit karena berbeda dengan huruf Latin. Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap belajar menulis tulisan Korea A sampai Z dengan mudah.

A. Mengenal Huruf Vokal pada Tulisan Korea

Tulisan Korea terdiri dari dua jenis huruf, yakni konsonan dan vokal. Huruf vokal pada tulisan Korea terdiri dari 10 karakter, yaitu: ㅏ (a), ㅑ (ya), ㅓ (eo), ㅕ (yeo), ㅗ (o), ㅛ (yo), ㅜ (u), ㅠ (yu), ㅡ (eu), dan ㅣ (i).

Untuk menulis huruf vokal pada tulisan Korea, cukup dengan menggambar garis vertikal atau horizontal pada karakter vokal yang sesuai. Misalnya, untuk menulis huruf a, cukup dengan menggambar garis horizontal di bagian bawah karakter ㅏ.

B. Mengenal Huruf Konsonan pada Tulisan Korea

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tulisan Korea terdiri dari dua jenis huruf, yakni konsonan dan vokal. Huruf konsonan pada tulisan Korea terdiri dari 14 karakter, yaitu: ㄱ (g/k), ㄴ (n), ㄷ (d/t), ㄹ (r/l), ㅁ (m), ㅂ (b/p), ㅅ (s), ㅇ (ng), ㅈ (j/ch), ㅊ (ch), ㅋ (k), ㅌ (t), ㅍ (p), dan ㅎ (h).

Untuk menulis huruf konsonan pada tulisan Korea, cukup dengan menggambar garis-garis pada karakter konsonan yang sesuai dengan bunyi yang diinginkan. Misalnya, untuk menulis huruf k, cukup dengan menggambar garis horizontal pada karakter ㄱ.

C. Mengenal Konsonan Ganda pada Tulisan Korea

Tulisan Korea juga memiliki konsonan ganda atau diphthong yang terdiri dari 5 karakter, yaitu: ㄲ (kk), ㄸ (tt), ㅃ (pp), ㅆ (ss), dan ㅉ (jj). Konsonan ganda ini memiliki bunyi yang lebih kuat dari konsonan tunggal.

Untuk menulis konsonan ganda pada tulisan Korea, cukup dengan menggambar dua garis pada karakter konsonan yang sesuai. Misalnya, untuk menulis huruf kk, cukup dengan menggambar dua garis horizontal pada karakter ㄱ.

D. Mengenal Huruf Gabungan pada Tulisan Korea

Tulisan Korea juga memiliki huruf gabungan atau kombinasi antara konsonan dan vokal. Huruf gabungan ini terdiri dari 11 karakter, yaitu: 가 (ga), 나 (na), 다 (da), 라 (ra), 마 (ma), 바 (ba), 사 (sa), 아 (a/ya), 자 (ja), 차 (cha), dan 카 (ka).

Untuk menulis huruf gabungan pada tulisan Korea, cukup dengan menggabungkan karakter konsonan dan vokal yang sesuai. Misalnya, untuk menulis huruf ga, cukup dengan menggabungkan karakter ㄱ dan ㅏ.

E. Mengenal Penulisan Kata pada Tulisan Korea

Setelah mengenal huruf konsonan, vokal, konsonan ganda, dan huruf gabungan pada tulisan Korea, selanjutnya adalah mengenal penulisan kata. Penulisan kata pada tulisan Korea dilakukan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

Untuk menulis kata dalam bahasa Korea, cukup dengan menggabungkan huruf konsonan dan vokal yang sesuai untuk membentuk suku kata. Misalnya, untuk menulis kata “an-nyeong-ha-se-yo” yang berarti “halo”, cukup dengan menggabungkan karakter-karakter berikut: ㅇ (ng), ㅏ (a), ㄴ (n), ㄴ (n), ㅕ (yeo), ㅇ (ng), ㅎ (h), ㅏ (a), ㅅ (s), ㅔ (e), ㅇ (ng), ㅛ (yo).

F. Kata-kata Penting dalam Bahasa Korea

Untuk memperkaya kosa kata dalam bahasa Korea, ada beberapa kata penting yang perlu diketahui, seperti:

– An-nyeong-ha-se-yo (안녕하세요): Halo

– Kamsa-ham-ni-da (감사합니다): Terima kasih

– Mian-ham-ni-da (미안합니다): Maaf

– Sarang-hae-yo (사랑해요): Saya mencintaimu

– Jal-jja (잘자): Selamat malam

G. Belajar Menulis Nama dalam Bahasa Korea

Menulis nama dalam bahasa Korea juga cukup mudah. Cukup dengan menggabungkan karakter konsonan dan vokal yang sesuai untuk membentuk suku kata dalam nama tersebut. Misalnya, untuk menulis nama “Dinda”, cukup dengan menggabungkan karakter-karakter berikut: ㄷ (d/t), ㅣ (i), ㄴ (n), ㄷ (d/t), ㅏ (a).

Jika nama tersebut memiliki konsonan ganda, cukup dengan menggabungkan dua karakter konsonan yang sesuai. Misalnya, untuk menulis nama “Hanna”, cukup dengan menggabungkan karakter-karakter berikut: ㅎ (h), ㅏ (a), ㄴ (n), ㄴ (n), ㅏ (a).

H. Belajar Menulis Kalimat dalam Bahasa Korea

Setelah bisa menulis kata dan nama dalam bahasa Korea, selanjutnya adalah belajar menulis kalimat. Untuk menulis kalimat dalam bahasa Korea, cukup dengan menggabungkan kata-kata yang sudah dipelajari sebelumnya.

Misalnya, untuk menulis kalimat “Saya suka makan ramen” dalam bahasa Korea, cukup dengan menggabungkan kata-kata berikut: 저는 (saya), 라면 (ramen), 먹다 (makan), 좋아해요 (suka).

I. Menyambung Kata dalam Bahasa Korea

Salah satu keunikan dari bahasa Korea adalah adanya penyambung kata atau partikel yang terdapat di antara kata-kata dalam kalimat. Partikel ini digunakan untuk menunjukkan hubungan antara kata-kata dalam kalimat.

Beberapa partikel yang sering digunakan dalam bahasa Korea antara lain: 이/가 (i/ga), 은/는 (eun/neun), 을/를 (eul/reul), 에/에서 (e/es-eo), dan 와/과 (wa/gwa).

Misalnya, untuk menulis kalimat “Saya suka makan ramen di restoran” dalam bahasa Korea, cukup dengan menggabungkan kata-kata berikut: 저는 (saya), 라면 (ramen), 먹다 (makan), 좋아해요 (suka), 식당 (restoran), 에서 (di).

J. Menulis Angka dalam Bahasa Korea

Tulisan angka dalam bahasa Korea cukup mudah. Angka 1 sampai 10 ditulis sebagai berikut: 1 (하나), 2 (둘), 3 (셋), 4 (넷), 5 (다섯), 6 (여섯), 7 (일곱), 8 (여덟), 9 (아홉), dan 10 (열).

Sedangkan untuk angka di

Artikel Tulisan Korea A Sampai Z: Belajar Menulis Hangul dengan Mudah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM