Begini Cara Cek Resi POS Indonesia Untuk Paket Express, Kilat Khusus dan Lainnya Secara Online

Kali ini teknobgt akan membagikan tips bagaimana cara cek resi Kantor POS Indonesia secara online dan langsung dari smartphone anda. cara ini sangat praktis, cepat dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

Jasa ekspedisi atau pengiriman barang memang menjadi solusi cepat dan praktis untuk mereka yang tidak ingin repot-repot mengantarkan barang ke kota lain, apalagi itu akan memakan biaya yang cukup besar sekali jika dibandingkan dengan menggunakan jasa seperti dari POS Indonesia ini.

Perlu anda ketahui bahwa POS Indonesia ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang jasa atau layanan pos. PT POS Indonesia ini miliki 2 model bisnis yaitu Bisnis Surat Paket (BSP) dan Jasa Keuangan (Jaskug).

Layanan pengirimannya terdiri dari Domestik dan Internasional. Untuk Domesik terdiri dari Pos Express, Pos Kilat Khusus, Pos Jumbo Ekonomi, Layanan Standar, Q9 Sameday Service dan QPosin Aja. Sedangkan untuk layanan pengiriman Internasional ada 2 macam yaitu Layanan Prioritas dan Layanan Standard. Nah untuk yang ingin mengetahui lebih jelasnnya tentang layanan pengiriman dari POS Indonesia ini bisa dibaca pada artikel Detail Pengiriman, karena pada kesempatan kali ini teknobgt akan membahas tentang bagaimana cara cek resi POS untuk domesik saja.

Meskipun saat ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan baru yang menawarkan berbagai macam layanan pengiriman paket seperti JNE, JNT, TIKI, Sicepat, SAP, SN Cargo, Lion Express dan yang lainnya, POS Indonesia masih tetap banyak yang menggunakan jasanya karena memang memiliki nilai plus sendiri yaitu jangkauannya bisa hingga pelosok negeri.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tetap setia menggunakan layanan pengiriman barang dari kantor pos, berikut ini ada beberapa cara untuk cek resi POS Indonesia untuk paket Pos Express, Pos Kilat Khusus, Pos Jumbo Ekonomi dan juga layanan standar hingga Q9 Someday dan QPosin Aja.

Cara Cek Nomor Resi POS Indonesia

Cara Tracking nomor resi pos indonesia
POS Indonesia yang siap memberikan pelayanan terbaik. foto : posindonesia.co.id

Teknologi yang semakin canggih juga dimanfaatkan oleh POS Indonesia, salah satunya adalah menghadirkan fitur tracking online yang fungsinya adalah untuk memantau proses pengiriman barangnya. Nah, dengan memanfaatkan Nomor Resi, anda bisa melacak keberadaan/posisi barang yang dikirim kepada ataupun sebaliknya.

Sistem nomor resi paket ini sangatlah canggih, Anda bisa mengetahui posisi barang mulai dinputkan datanya drop point di kantor pos cabang, drop center kantor pusat kota anda, paket sampai di gateway kota anda, paket dikirimkan ke gateway kota tujuan, hingga status paket sedang dikirimkan oleh kurir pun bisa dilihat.

Anda bisa langsung lacak keberadaan paket dengan memanfaatkan fitur “lacak kiriman” melalui website resmi Pos Indonesia di posindonesia.co.id/id/tracking. Caranya adalah dengan menginputkan nomor resi dari paket yang anda kirimkan ataupun paket yang dikirimkan oleh orang lain kepada anda. Intinya begini, jika memiliki data nomor resi, berarti anda bisa melacak keberadaan paketnya.

Selain melalui website resmi, ada beberapa website lainnya yang menyediakan layanan untuk mengecek resi / tracking Pos Exspress dan juga Pos kilat khusus Shopee, Lazada ataupun Bukalapak. Untuk lebih jelasnya, simak artikelnya berikut ini :

Cara Cek Resi Pos Express

Pos Expess ini adalah layanan Premium yang dihadirkan oleh Pos Indonesia, kenapa premium? karena jika menggunakan layanan ini, lama pengirimannya hanya 1 hari saja. Seperti motto untuk Pos Express ini “Kiriman sehari sampai, PASTI.”

Sebenarnya cara dan langkah-langkah cek resi Pos Express ini sama dengan anda ketika ingin mengecek nomor resi Pos Kilat Khusus ataupun Pos Jumbo Ekonomi. Nah untuk lebih jelasnya, kita simak beberapa website yang bisa digunakan untuk tracking paket Pos.

Baca Juga  TrueCaller, Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Anonim

Posindonesia.co.id

cek resi di website pos indonesia

Website rekomendasi yang pertama untuk mengecek nomor resi atau tracking paket yang dikirimkan adalah website Pos Indonesia itu sendiri. Anda bisa langsung mengaksesnya disini :

https://www.posindonesia.co.id/id/tracking

Setelah halaman tracking nomor resi Pos nya sudah terbuka, cukup dengan cara menginputkan nomor resi paket Pos Express yang dikirimkan dan klik/tekan tombol “Cari” di bagian bawah. Maka akan menuju halaman dimana data paket ditampilkan.

Cekresi.com

tracking pos express via cekresi

Rekomendasi website yang kedua untuk mengecek nomor resi Pos Express adalah melalui website pihak ketiga yaitu cekresi.com. Website ini bukan milik Pos Indonesia, tetapi mereka hanya menyediakan layanan cek resi saja. Tapi diwebsite ini fiturnya lebih lengkap karena bukan hanyak untuk cek resi Pos saja, tetapi bisa juga digunakan untuk cek nomor resi dari JNI, Tiki, EMS, Sicepat, Lion Express, Pandu Logistic, REX indonesia, J&T, PCP dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari daftar perusahaan yang sudah didukung oleh cekresi.com ada sekitar 57 perusahaan cargo.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah siapkan nomor resi yang akan dilacak / tracking.
  2. Kemudian, buka browser di smartphone ataupun PC/laptop dan masuk ke website www.cekresi.com
  3. atau jika ingin langsung ke tracking pos Express bisa melalui link berikut ini : cekresi.com/tracking/cek-resi-pos
  4. Setelah masuk, ketikkan nomor resi paket Pos Expressnya dan klik tombol Cek Resi yang berwarna biru.
  5. Nah maka, halaman tersebut akan merefresh untuk menampilkan data dari paket yang kita lacak keberadaannya.

Nah itulah 2 website yang bisa Anda gunakan untuk melacak / tracking nomor resi paket kiriman dari layanan Pos Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi website-website yang memiliki fitur seperti cekresi.com ini. Tapi rasanya dengan menggunakan 1 website saja sudah cukup.

Cek Resi Pos Kilat Khusus

Lalu bagaimana untuk cara mengecek nomor resi Pos Kilat Khusus?

Caranya sama seperti 2 website diatas tadi. Jika Anda ingin cek resi Pos kilat khusus bisa langsung melalui website resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau langsung saja scroll keatas dan kli link trackingnya. Lalu masukkan nomor resi dari paket Pos Kilat khusus yang anda gunakan. Maka akan menampilkan data-data paket kiriman anda.

Baca Juga  Spesifikasi Samsung Galaxy S20 dan Fitur Unggulannya

Apakah bisa tracking nomor resi pos kilat khusus dari website cekresi.com? sangat bisa sekali, caranya juga sangat mudah dan sama seperti tadi diatas.

Kemudian, cara yang sama juga bisa anda lakukan untuk tracking / cek resi Pos Jumbo Ekonomi, Layanan Standar, Q9 Sameday Service dan QPosin Aja. Bisa menggunakan layanan dari website resmi ataupun pihak ketiga.

Nah itulah 2 website yang bisa digunakan untuk mengecek nomor resi Pos Indonesia. Tapi bagaimana jika kedua website itu sedang mengalami gangguan, eror atau tidak bisa menampilkan hasilnya? Jika terjadi masalah seperti ini, dan Anda merasa bahwa paket tersebut berupa hal penting, Anda bisa datang langsung ke Kantor Pos pusat terdekat di kota Anda. Datang kesana dan jika langsung menemui Customer Service untuk menanyakan perihal paket yang tidak bisa di lacak.

Sering ada muncul pertanyaan tentang apakah bisa melacak kiriman pos tanpa nomor resi? misalnya menggunakan Nama atau Alamat pengirim/penerima saja?

Perlu diketahui bahwa sistem tracking nomor resi yang dilakukan secara online melalui website resmi Pos Indonesia ini hanya membaca Nomor Resi saja. jadi ketika Anda mengetikkan Nama atau alamat, maka website tersebut tidak bisa menampilkan paket kiriman yang sedang dilacak.

Jadi solusinya bagaimana? Cara terbaiknya adalah datang langsung ke Kantor Pos pusat terdekat di kota Anda dan disana bisa langsung menemui Customer Service atau Security yang biasanya akan diarahkan kebagian mana yang harus anda datangi untuk mengecek paket tanpa nomor resi tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *