sistem operasi minimum untuk whatsapp
Tahun 2021 nanti sistem operasi ini tidak bisa menjalankan Whatsapp, Foto: freepik.com

Mulai Tahun 2021, HP Merk dan Tipe Ini Tidak Bisa Lagi Menggunakan Whatsapp!

Memasuki tahun 20201 ini, Whatsapp akan mengeluarkan kebijakan baru yaitu tidak memberikan dukungan pada HP Android dan iOS versi lama. Seperti pada artikel ini yang akan membeberkan beberapa tipe HP yang tidak bisa lagi mengakses aplikasi Whatsapp untuk berkomunikasi.

Hal yang paling sering pihak Whatsapp umumkan setiap ada update terbaru adalah para penggunanya diharapkan segera update aplikasi WA yang sudah terinstal di Hp/Smartphone dan juga agar aplikasinya berjalan dengan sempurna, pihak mereka juga meminta untuk selalu mengupdate sistem operasi (OS).

Whatsapp selalu menekankan untuk para penggunanya agar menggunakan sistem operasi terbaru agar fitur-fitur didalamnya bisa berjalan dengan lancar. Hal penting lainnya ketika menggunakan OS terbaru itu adalah terhindarnya dari serangan virus, malware ataupun Hacker. Yang menjadi berita hangatnya adalah pihak Whatsapp mengupdate FAQ di situs resmi mereka (faq.whatsapp.com) mengenai masalah standar minimum sistem operasi yang bisa menjalankan aplikasi Whatsapp di tahun 2021.

Dikutip dari laman resminya tersebut, pihak Whatsapp merubah miminum OS yang bisa menjalankan Aplikasi Whatsapp seperti informasi dibawah ini :

Whatsapp menyediakan dukungan dan menyarankan untuk menggunakan perangkat berikut ini:

  1. Telepon Android yang menjalankan OS 4.0.3 dan yang lebih baru
  2. iPhone yang menjalankan iOS 9 dan yang lebih baru
  3. Telepon tertentu yang menjalankan KaiOS 2.5.1 yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2

Dari data tersebut, terdapat beberapa Merk dan Tipe HP Android yang masih menjalankan sistem operasi dibawah standar Whatsapp (versi 4.0.3) diantaranya adalah Samsung Galaxy S2, LG Optimus Black, HTC Desire dan Motorola Droid Razer. Para penggunanya terancam tidak bisa menggunakan Whatsapp lagi kecuali mereka bisa melakukan upgrade sistem operasi pada HP yang mereka gunakan.

Baca Juga  Sudah Tau Blom Ada Whatsapp Web untuk Laptop atau PC?

Selain Android, ada juga beberapa produk Apple yang terancam tidak bisa mengakses Whatsapp karena masih berjalan pada iOS 9 kebawah seperti pada iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5/5S/5C, dan iPhone 6/6S. Para penggunanya bisa melalukan update iOS ke versi iOS 9 dan untuk pengguna iPhone 6 dan iPhone 6S bisa mengupgrade OS mereka ke versi paling baru yaitu iOS 14.

Mungkin dari beberapa tipe HP yang disebutkan diatas, masih ada yang menggunakan sistem operasi dibawah standar Whatsapp, Jadi Anda bisa mengecek sendiri versi sistem operasi HP yang anda gunakan dengan cara berikut ini :

Cara Mengecek Versi Sistem Operasi Pada Smartphone Android dan iPhone

  • Pilih menu pengaturan/Settings pada HP Android anda
  • Kemudian cari menu “About” yang biasanya ada dibagian bawah
  • Pilih Menu About/tentang makan akan ditampilan detail versi sistem operasi (OS) yang digunakan

Jika versi OS yang digunakan adalah diatas OS 4.0.3 maka, Hp anda aman dan tetap bisa menggunakan Aplikasi WA pada tahun 2021 nanti. Sedangkah untuk pengguna iPhone yang ingin mengetahui versi iOS yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Pilih menu Settings kemudian pilih General
  • Setelah itu pilih opsi About
  • Maka iPhone anda akan menampilkan detail versi iOS yang digunakan iPhone anda.

Pada tahun sebelumnya juga, Whatsapp telah mengupdate FAQ penggunaan aplikasinya yang mana pada tahun 2020 Whatsapp sudah tidak bisa lagi digunakan oleh HP Android dengan OS versi 2.3.7 dan dibawahnya. Kemudian iPhone yang masih menggunakan iOS 8 kebawah tidak bisa juga mengakses Whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *