Doa Sebelum Bekerja

Sebelum memulai aktivitas sehari-hari, sebagai orang muslim, kita diajarkan untuk selalu memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca doa sebelum bekerja.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Bekerja

Membaca doa sebelum bekerja memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah agar pekerjaan yang akan kita lakukan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT sehingga hasilnya menjadi lebih baik dan berkah. Selain itu, membaca doa sebelum bekerja juga bisa membuat kita lebih tenang dan fokus dalam melakukan pekerjaan.

Berbagai Doa Sebelum Bekerja

Berikut ini beberapa doa sebelum bekerja yang bisa kita amalkan:

1. اللَّهُمَّ اِنَّكَ تَرَىٰ وَتَسْمَعُ وَتَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِي، فَاَصْلِحْ لِي شَأْنِيَ كُلَّهُ، اللَّهُمَّ وَاعْصِمْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَاَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ اَنْ اُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Melihat, Maha Mendengar, dan Maha Mengetahui segala apa yang ada dalam diriku, maka perbaikilah segala urusanku. Ya Allah, lindungilah aku dari depan, belakang, kanan, kiri, dan dari atas. Aku berlindung dengan keagunganMu agar aku tidak ditimpa bahaya dari bawahku.”

2. بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ، بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا.

Artinya: “Dengan nama Allah, Ya Allah aku memohon kebaikan dalam masuk dan keluar. Dengan nama Allah kami masuk, dan dengan nama Allah kami keluar, dan kepada Allahlah kami bertawakkal.”

3. اللَّهُمَّ إِنِّيْ أُسْلِمُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَأُوْكَلُهَا إِلَيْكَ، وَأُوْذِيْعُهَا بِأَمْرِكَ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِهَا فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ.

Artinya: “Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepadaMu, dan aku kembalikan kepadaMu, dan aku menyerahkan diriku dengan perintahMu. Jika Engkau menyimpan diriku, maka rahmatilah dia. Jika Engkau mengirimkan diriku, maka jagalah dia dengan cara Engkau menjaga hambaMu yang shalih.”

Kesimpulan

Membaca doa sebelum bekerja sangat penting bagi setiap muslim. Selain sebagai pembuka sebelum melakukan aktivitas, doa ini juga meminta perlindungan dari Allah SWT dan memberikan keberkahan dalam pekerjaan yang akan dilakukan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membaca doa sebelum bekerja agar segala urusan kita selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.