Home / Gadget / Google Pixel 4 Akan Gunakan Dual SIM

Google Pixel 4 Akan Gunakan Dual SIM

Teknobgt.com – Google Pixel 4 dikabarkan akan memiliki fungsi SIM ganda. Artinya, suksesor Pixel 3 ini akan memiliki kemampuan dual-SIM seperti kebanyakan smartphone Android lainnya.

Google sebenarnya sejak Pixel 2 (2017) telah menyematkan dukungan dual SIM. Seperti iPhone terbaru, Pixel 2 memiliki tray untuk satu SIM sedangkan untuk yang kedua disediakan oleh eSIM.

Dukungan eSIM sendiri sangat terbatas di Amerika Serikat dan belahan dunia lain. Namun, Google tampaknya akan membawa kemampuan dual SIM tapi dalam bentuk yang berbeda.

Pixel saat ini menggunakan Dual SIM Single Standby (DSSS). Artinya, Anda tidak bisa menggunakan kedua SIM secara bersamaan. Anda harus beralih di antara dua jaringan untuk menerima panggilan dan pesan dari jaringan masing-masing.

Sedangkan kebanyakan smartphone Android dual-SIM dan iPhone 2018 merupakan Dual SIM Dual Standby (DSDS). Anda bisa membuat dan menerima panggilan serta pesan di kedua jaringan tanpa beralih selama SIM tidak digunakan untuk tujuan yang sama.

Idealnya, ponsel akan memiliki kemampuan Dual SIM Dual Active (DSDA) tapi mereka membutuhkan dua radio nirkabel, bukan satu, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Senin (11/2/2019).

Googler, sebutan pegawai Google, menyarankan Pixel tahun ini yang berjalan di Android Q akan memiliki fungsi dual SIM DSDS. Ada catatan yang menunjukkan, Pixel 3 memiliki kemampuan DSDS tapi terbatas pada pengujian internal.