cara screenshot di laptop asus

2 Cara Mudah Untuk Screenshot Di Laptop Asus

Jika anda yang sering menggunakan Whatsapp Web ataupun Web.telegram di laptop untuk berkomunikasi, pasti ada kalanya ingin menyimpan / capture histori komunikasinya. Nah, Apakah anda sudah tau bagaimana cara screenshot laptop asus? jika belum dibawah ini ada beberapa tips yang bisa anda coba.

Dijaman serba praktis seperti sekarang, laptop menjadi pilihan utama sebagai teman bekerja dibandingkan dengan komputer /PC dekstop. Nah tingkat kepraktisannya memang membuat membuat laptop ini menjadi primadona, apalagi laptop Asus, yang saat ini menjadi pilihan banyak orang karena memiliki kualitas dan kenyamanan saat digunakan.

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop dan Komputer

Kembali ke pembahasan awal, screenshot / capture layar memang terkadang dilakukan oleh para pekerja, makasiswa, ataupun para pengusaha yang memang ingin menyimpan tangkapan layarnya itu sebagai data. Jadi bukan hanya bisa untuk screenshot chat whatsapp saja, tapi semuanya bisa anda simpan. Dibawah ini ada 2 cara mudah untuk menyimpan gambar layar / screenshot di laptop Asus Windows 10 ataupun Windows 7, baik itu tanpa aplikasi tambahan ataupun menggunakan aplikasi yang harus anda install.

3 Cara Mudah Screenshot di Laptop Asus

keyboard laptop asus s14 s433

Tips laptop kali ini adalah bagaimana cara screenshot laptop asus tanpa aplikasi tambahan yaitu dengan memanfaatkan fitur yang ada di keyboard laptop (prt sc) dan juga screenshot dengan software lightshot. Selengkapnya dibawah ini :

Print Screen Laptop Asus

Disemua merk laptop, pasti ada tombol [prt sc] di keyboard bagian pojok atas sebelah kanan yang 1 baris dengan F1-F12. Nah cara pertama yang bisa anda coba untuk melakukan screenshot adalah dengan memanfaatkan fitu tersebut. Ada beberapa tombol kombinasi yang harus anda tekan untuk bisa menyimpan gambar layar ini, diantaranya adalah :

Baca Juga  4 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Cara pertama adalah dengan hanya menekan langsung tombol [PRT SC] yang ada di keyboard laptopnya, adapun langkah-langkahnya untuk menyimpan hasil print screennya adalah sebagai berikut :

  1. Setelah menekan tombol [PRT SC], maka semua yang ada dilayar laptop sudah terekam tetapi anda belum bisa melihat hasilnya, karena memang prosesnya belum selesai. pilih media lain untuk menampilkan hasil screenshotnya itu seperti Microsoft Word atau Powerpoint dengan cara Klik kanan dan Paste jika anda ingin langsung memasukkannya ke dokumen, presentasi, tugas atau pekerjaan anda tanpa di edit atau dicrop terlebih dahulu.
  2. Atau bisa juga menggunakan Program Paint jika anda ingin menyimpan hasil screenshotnya itu sebagai media gambar. Dengan Program Paint ini juga anda bisa mengedit terlebih dahulu, seperti cropping ataupun penambahan teks.
  3. Jika anda ingin mengedit yang lebih profesional bisa menggunakan Adobe Photoshop.

Cara kedua ini adalah dengan kombinasi tombol [PRT SC] + [Logo Windows], yang mana dengan menekan tombol kombinasi ini, anda bisa menghasilkan screenshot yang otomatis tersimpan di dalam folder Screenshoot ( biasanya didalam foldel My Pictures).

Cara ketiga adalah kombinasi tombol [PRT SC] + [ALT], yang mana dengan cara ini anda bisa capture / screenshot layar yang aktif saja (program yang sedang dijalankan) tanpa taskbar windows. Cara ini tidak langsung menyimpan gambar didalam folder, tetapi anda harus mem-PASTE-kan terlebih dahulu ke Microsoft office ataupun Paint (program grafis).

Screenshoot Layar Laptop Dengan Snipping Tools

program snipping tool untuk capture layar

Cara screenshot di laptop asus tanpa aplikasi tambahan selanjutnya adalah dengan aplikasi / program Snipping tools yang merupakan asli bawaan Windows. Banyak orang yang tidak tau dengan kegunaan program ini dan lebih banyak langsung menggunakan aplikasi tambahan seperti Lightshot. Padahal dengan Snipping Tools anda bisa dengan mudah capture layar laptop sesuai dengan yang di pilih.

Baca Juga  Berikut Ini Cara Mematikan Laptop Hang Yang Benar

Snipping Tool ini berada di folder Accessories bersama denga Run, Paint, Notepad dan yang lainnya. atau jika anda kebingungan mencarinya bisa dengan cara klik start (logo windows di pojok kiri bawah) kemudian ketikkan saya langsung “Snipping Tool” , maka akan muncul dan langsung bisa digunakan.

Program Lightshot Dari app.prntscr.com

program lightshot untuk windows

Cara ketiga untuk screenshot di layar laptop ataupun pc windows adalah dengan menginstal program Lightshot. Ini merupakan Aplikasi screenshot gratis untuk windows ataupun Mac, jadi anda bisa langsung download saja dari link app.prntscr.com/build/setup-lightshot.exe.

Setelah download, langsung saja instal seperti biasa dan program Lightshot ini akan berjalan di starup sehingga ketika anda ingin menggunakannya cukup menekan tombol kombinasi [FN] + [PRT SC] , maka layar laptop anda akan redup yang disebabkan karena anda belum memilih mana yang akan anda screenshot.

Program Lightshot ini juga sangatlah lengkap karena sudah dengan sekali jalan anda bisa langsung simpan hasil screenshotnya, atau status dicopy dan dipastekan ke media lain seperti Microsoft Office atau yang lainnya.

Kesimpulan 

Seperti itulah 3 cara yang bisa anda lakukan untuk capture dan menyimpan gambar layar anda. Sebenarnya cara screenshot ini bukan untuk laptop asus saja, tetapi merk lain seperti Laptop Hp, Lenovo, Acer, Dell, TOshiba, Sony, dan juga laptop Axio bisa melakun screenshot layar dengan cara yang sama. Biasanya hanya berbeda di tombol kombinasinya saja, sedangkan untuk fungsi dan cara kerjanya tetap sama saja kok.