fbpx
Kunci Jawaban Soal Perbandingan dan Skala SD di TVRI

Kunci Jawaban Soal Perbandingan dan Skala SD di TVRI 24 April 2020

Dibawah ini adalah rangkuman dan penjelasan dari Kunci Jawaban Soal Perbandingan dan Skala SD di TVRI pada 24 April 2020 yang mana ini merupakan materi untuk tingkat SD Kelas 4, 5 dan 6. Program tayangan Gemar Matermatika tentang Perbandingan dan Skala ini akan tayang pada jam 9 pagi (WIB) setelah acara Sahabat pelangi tingkat SD kelas 1, 2 dan 3.

Anda sebagai orangtua ataupun wali murid memanfaatkan Kunci Jawaban Soal Perbandingan dan Skala SD di TVRI ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan anaknya yang menjawab Soal-soal dari tayangan film animasinya. Kunci Jawaban Perbandingan dan Skala ini bisa langsung muncul karena memang materi/video yang akan tayang besok sudah ada di Ringkasan materi mari menabung di TVRI 24 April 2020.

Kunci Jawaban Soal Matematika Perbandingan dan Skala di TVRI

rumus skala

Yang ingin menonton live streaming materi mari menabung diTVRI bisa klik link ini :

Website resmi TVRI : tvri.go.id/live

Ada 3 Soal yang muncul di program tayangannya Gemar Matematika : Perbandingan dan Skala, yang jika kalian mencermati filmnya makan akan sangat mudah menjawab soal-soalnya. Adapun 3 soal materi mari menabung SD kelas 1, 2 dan 3 nya sebagai berikut :

Soal dan jawaban belum adan dan akan diupdate besok pagi.

UPDATE : Soal dan Kunci Jawabannya sudah ada, silahkan disimak

Segmen 1

Soal : Pak Ridwan dapat menyelesaikan 15 pekerjaan dalam waktu 2 hari. Berapa banyak pekerjaan yang dapat ia selesaikan dalam waktu 4 hari?

Kunci Jawaban dan Penjelasan : 2 hari = 15 pekerjaan dan 4 hari = 30 pekerjaan

Penjelasannya begini , jadi Pak Ridwan dapat menyelesaikan 30 pekerjaan dalam waktu 4 hari.

Segmen 2

Soal : Sebuah miniatur bangunan memiliki tinggi 20 cm. Tinggi sebenarnya bangunan tersebut adalah 200 m. Tentukan skala perbandingan antara tinggi miniatur dan tinggi bangunan sebenarnya!

Kunci Jawaban dan Penjelasan :

Tinggi miniatur = 20 cm
Tinggi sebenarnya = 200 m = 20.000 cm

Skala = tinggi miniatur / tinggi sebenarnya
= 20 / 20.000
= 1 / 1.000
= 1 : 1.000

Penjelasannya begini : Jadi perbandingan antara tinggi miniatur dan tinggi bangunan sebenarnya adalah 1 : 1.000.

Segmen 3

Soal : Pak Tono harus menyelesaikan pemasangan keramik di sebuah rumah dengan luas lantai 20 meter persegi. Jika dilakukan sendiri, ia mampu menyelesaikan pekerjaan itu dalam waktu 5 hari. Jika dilakukan oleh dua orang, berapa hari mereka mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut?

Kunci Jawaban dan Penjelasan : 1 orang = 5 hari dan 2 orang = 2,5 hari

Penjelasannya begini, jadi mereka dapat menyelesaikan pemasangan keramik dalam waktu 2,5 hari atau 2 1/2 hari.

Nah itulah soal – soal dan kunci jawabannya yang lengkap untuk materi Gemar Matematika tentang Perbandingan dan Sakla untuk tingkat SD Kelas 4 – 6 yang tayang di program belajar dari rumah TVRI 24 April 2020 Jam 9 Pagi.