Bacaan Surat Al-Falaq: Mengenal Ayat dan Makna

Surat Al-Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al-Quran yang terdiri dari lima ayat. Ayat-ayatnya mengandung doa dan permohonan perlindungan kepada Allah SWT dari segala kejahatan yang bisa membahayakan manusia. Surat ini termasuk surat pendek yang sering dibaca dalam sholat dan juga di luar sholat sebagai amalan harian.

Asal Usul Surat Al-Falaq

Surat Al-Falaq turun pada masa Rasulullah SAW tinggal di Mekah, tepatnya pada tahun ke-10 setelah kenabian. Surat ini turun setelah Surat Al-Ikhlas dan keduanya sering dibaca dalam sholat sunnah.

Makna dan Khasiat Surat Al-Falaq

Surat Al-Falaq memiliki banyak makna dan khasiat bagi yang membacanya. Di antaranya:

1. Permohonan perlindungan

Surat Al-Falaq adalah doa permohonan perlindungan dari segala kejahatan yang bisa membahayakan kita. Dalam ayat pertama, Allah SWT memerintahkan manusia untuk memohon perlindungan kepada-Nya dari kejahatan yang diciptakan di waktu malam atau siang.

2. Menghindari kesyirikan

Surat Al-Falaq mengajarkan manusia untuk selalu berpegang teguh kepada Allah SWT dan menghindari kesyirikan. Dalam ayat kedua, Allah SWT memerintahkan manusia untuk mencari perlindungan kepada-Nya dari tipu daya orang yang dengki dan iri hati.

3. Sarana pengobatan

Surat Al-Falaq juga dipercaya sebagai sarana pengobatan dari berbagai macam penyakit, baik fisik maupun psikologis. Dalam ayat keempat dan kelima, Allah SWT memerintahkan manusia untuk mencari perlindungan kepada-Nya dari bahaya penyakit dan gangguan setan.

Cara Membaca Surat Al-Falaq

Surat Al-Falaq bisa dibaca kapan saja dan di mana saja, baik dalam sholat maupun di luar sholat. Berikut cara membacanya:

1. Niat dan bacaan basmalah

Sebelum membaca Surat Al-Falaq, ada baiknya untuk mengucapkan niat dan bacaan basmalah terlebih dahulu.

2. Membaca Surat Al-Falaq

Mulailah membaca Surat Al-Falaq dari ayat pertama hingga ayat kelima dengan tartil dan tajwid yang benar.

3. Membaca doa setelah selesai

Setelah selesai membaca Surat Al-Falaq, disarankan untuk membaca doa agar mendapat perlindungan dari segala kejahatan.

Keutamaan Membaca Surat Al-Falaq

Membaca Surat Al-Falaq memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

1. Mendapat perlindungan dari segala kejahatan

Membaca Surat Al-Falaq bisa membantu kita mendapat perlindungan dari segala kejahatan yang bisa membahayakan kita, baik dari manusia maupun setan.

2. Menghindari kesyirikan

Membaca Surat Al-Falaq juga bisa membantu kita menghindari kesyirikan dan selalu berpegang teguh kepada Allah SWT.

3. Mendapatkan keberkahan

Membaca Surat Al-Falaq juga bisa membantu kita mendapatkan keberkahan dan kesejahteraan dalam hidup.

Kesimpulan

Surat Al-Falaq adalah surat pendek yang mengandung doa permohonan perlindungan dari segala kejahatan. Surat ini bisa dibaca kapan saja dan di mana saja sebagai amalan harian. Membaca Surat Al-Falaq memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun psikologis. Oleh karena itu, mari kita jadikan Surat Al-Falaq sebagai bagian dari amalan harian kita untuk mendapatkan perlindungan dan keberkahan dalam hidup.