Doa Sholat 5 Waktu

Sholat lima waktu adalah salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Selain sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, sholat lima waktu juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Selain itu, setiap sholat memiliki doa yang harus dibaca setelah selesai melaksanakan sholat. Berikut ini adalah doa sholat lima waktu yang harus dibaca:

Doa Setelah Sholat Subuh

“Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abu’u laka bini’matika ‘alayya, wa abu’u bidzambi, faghfirli innahu la yaghfiru adhdz-dzunuba illa anta.”

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Rabbiku, tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perjanjian dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Doa Setelah Sholat Dzuhur

“Allahumma inni zalamtu nafsi zulman katsiran, wa la yaghfirudz-dzunuba illa anta, faghfirli maghfiratan min ‘indika, warhamni innaka antal gafurur rahim.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah menyakiti diriku sendiri dengan banyak dosa. Dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan ampunan dari-Mu dan sayangilah aku karena Engkaulah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa Setelah Sholat Ashar

“Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar.”

Artinya: Maha Suci Allah, segala puji hanya bagi Allah, tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah dan Allah Maha Besar.”

Doa Setelah Sholat Maghrib

“Allahumma antas salam wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram.”

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah sumber kedamaian dan dari-Mu lah datangnya kedamaian. Maha Suci Engkau, wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan.”

Doa Setelah Sholat Isya

“Allahumma a’inni ‘ala dhikrika, wa syukrika, wa husni ‘ibadatika.”

Artinya: Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah kepada-Mu dengan sebaik-baiknya.”

Kesimpulan

Sholat lima waktu adalah hal yang penting bagi seorang muslim. Dalam melaksanakan sholat, kita harus membaca doa setelahnya sebagai bentuk syukur dan permohonan ampunan kepada Allah SWT. Semoga dengan membaca doa sholat lima waktu, kita selalu diberikan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Aamiin.