Sebutkan nabi nabi yang bergelar ulul azmi
Sebutkan nabi nabi yang bergelar ulul azmi

Sebutkan nabi nabi yang bergelar ulul azmi

Pertanyaan

Sebutkan nabi nabi yang bergelar ulul azmi

Jawaban

Nabi dan rasul yang adalah bergelar ULUL AZMI antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Nabi Nuh as
  2. Nabi Ibrahim as
  3. Nabi Musa as
  4. Nabi Isa as
  5. Nabi Muhammad SAW

Penjelasan

Ulul Azmi adalah gelar yang melekat pada nabi dan rasul pilihan yang memiliki kesabaran, ketabahan dan keteguhan hati yang sangat kuat dalam membela agama Allah SWT. Nabi dan rasul ulul azmi ini disebutkan mendapatkan cobaan dan ujian yang jauh lebih dahsyat dibanding nabi dan rasul lainnya.

Gelar ulul azmi ini datang bukan dari manusia melainkan dari Allah SWT sendiri. Ulul Azmi ini bisa dijumpai langsung dalam Surah Asy-Syura ayat 13 dan juga Surah Al-Ahqaf ayat 35.

 

  • Ulul Azmi

Ulul azmi dapat didefinisikan sebagai sebuah gelar yang diberikan kepada rasul atas keteguhan dan ketabahan dalam menghadapi ujian dan menjalankan ketauhidan kepada Allah SWT. Kata “ulu” atau uli berarti “memiliki”, sedangkan kata “azmi” dapat berarti keteguhan hati yang kuat. Terdapat lima nabi dan rasul yang memiliki gelar ulul azmi, meliputi Nabi Nuh as, Ibrahim as, Musa as, Isa as, dan Muhammad Saw.

  1. Nabi Nuh as diangkat menjadi salah satu ulul azmi atas ketabahan dan keteguhannya dalam menyebarkan agama Islam, meskipun ditentang serta dihina oleh banyak orang. Bahkan, anaknya yang bernama Kan’an dan istrinya juga menentang ajaran yang dibawa Nabi Nuh as. Kaum dari Nabi Nuh as menjadi salah satu generasi terkejam dan menimbulkan kezaliman dalam sejarah Islam.
  2. Nabi Ibrahim as diangkat menjadi salah satu ulul azmi setelah membangun Ka’bah di Mekah dan perlawanan terhadap raja Namrud yang menyembah berhala dan terkenal akan kekejamannya. Ajaran yang dibawa oleh Nabi Ibrahim as tentunya ditentang oleh umatnya yang menganggap Nabi Ibrahim as membawa ajaran baru yang menyesatkan. Penyebaran agama Islam ini menyebabkan Nabi Ibrahim as mendapat hukuman dibakar hidup-hidup, namun dengan izin Allah SWT maka Nabi Ibrahim as tidak hangus terbakar.
  3. Nabi Musa as diangkat sebagai salah satu ulul azmi setelah melakukan perlawanan terhadap raja Firaun, yaitu salah satu raja yang menganggap dirinya sendiri sebagai Tuhan. Kesabaran dan ketabahan Nabi Musa as dalam menyebarkan agama Islam ini terus diganggu dengan berbagai tindakan yang dilakukan raja Firaun.
  4. Nabi Isa as diangkat menjadi salah satu ulul azmi setelah sabar dan tabah dalam menghadapi fitnah dari kaum Yahudi, karena dilahirkan tanpa seorang ayah dan dianggap sebagai seorang penista agama. Hingga akhirnya, seorang murid Nabi Isa as berkhianat dan hendak membunuh Nabi Isa as.
  5. Nabi Muhammad Saw merupakan nabi terakhir sekaligus nabi akhir zaman (khatamun nabiyyin) yang dijamin oleh Allah SWT terpelihara dan terbebas dari dosa serta kesalahan (maksum). Selain itu, Nabi Muhammad Saw juga memiliki gelar Uswatun Hasanah yang berarti suri tauladan yang baik. Beliau diangkat sebagai ulul azmi karena ketabahan dan kesabarannya dalam menerima hinaan dan cobaan dari kaum Quraisy ketika menyebarkan agama Islam. Nabi Muhammad dijadikan sebagai nabi terakhir oleh Allah SWT sebagai suri teladan yang baik untuk umat manusia, hal ini dijelaskan dalam Surah Al-Ahzab ayat 21.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat kita ketahui bahwa terdapat lima nabi dan rasul yang memiliki gelar ulul azmi, meliputi Nabi Nuh as, Ibrahim as, Musa as, Isa as, dan Muhammad Saw.

 

Pelajari

  • Materi tentang pengertian ulul azmi
  • Materi tentang maksud ulul azmi

=================

Kelas          : SMP

Mapel         : Pendidikan Agama Islam

Bab             : Nabi & Rasul