fbpx
aplikasi google home hub chromecast

Aplikasi Google Home Bisa Hubungkan Smartphone ke TV

Di Indonesia saat ini semua orang diwajibkan untuk berdiam diri dirumah karena memang itu adalah himbauan dari Pemerintah agar penyebaran virus corona COVID-19 ini tidak menyebar. Banyak rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan saat #dirumahAja, Tapi apa kalian pernah dengar aplikasi Google Home Hub? yang bisa juga digunakan untuk menghubungkan smartphone ke TV?

Jadi begini, Google Home sendiri sebenarnya adalah produk speaker aktif pintar yang mana fungsinya sebagai google assistant, sehingga bisa membantu berbagai pengaturan dalam 1 ruangan yang tentunya sudah di setting terkebih dahulu oleh pemiliknya dan hal yang wajib adalah terkoneksi wifi internet.

Sedangkan Aplikasi Google Home Hub ini adalah program pengontrolnya yang hadir di aplikasi android ataupun iPhone. Dengan aplikasi ini anda bisa mengontrol Google Nest, Google Home (speaker aktif), dan Chromecast. Ratusan bahkan ribuan perangkat yang ada dalam 1 ruangan bisa anda kotrol dengan 1 perangkat ini, asalkan sudah kompatible dengan sistem google home hub ini. Lalu bagaimana caranya untuk menghubungkan tampilan smartphone ke TV?

Menghubungkan Smarthpne ke TV Biasa dengan Aplikasi Google Home

menghubungkan smatrphone ke tv

Jika TV yang anda miliki sudah Smart TV mungkin ini adalah cara yang mudah karena memang fitur didalamnya sudah bisa terhubung ke internet dan bisa juga menghubungkan langsung ke smarthpone tanpa bantuan kabel. Nah kali ini teknobgt.com akan memberitahukan caranya menghubungkan tampilan smartphone ke TV biasa LCD, LED bahkan dihubungkan ke TV tabung juga bisa loh.

Caranya bagaimana?

Menggunakan perangkat tambahan yang namanya Android TV Box. Tau kan apa itu? yang biasanya ditawarkan oleh pihak penyedia layanan internet seperti XL Home ataupun Indihome.

Kenapa harus menghubungkan smartphone ke TV jika sudah menggunakan Android TV Box?

Sekarang kita balik nanya deh, kalian bisa nggak akses browser di Android TV box? sepertinya tidak bisa kecuali menggunakan perangkat yang sudah di unlock atau diutak atik terlebih dahulu. Aplikasi yang ada dipertangkat itu semuanya original, dia tidak bisa menginstal sembarangan dan ketika kita buka google playstorenyapun berbeda yang ditampilkan hanya yang support saja seperti Youtube, Facebook watch, Netflix, iFlix, Hooq dan kebanyakan aplikasi premium.

Bagimana jika anda ingin menonton drama korea terbaru yang hanya ada di website-website tertentu saja? atau ingin menonton film box office yang maaf (bajakan)? nah ini solusinya untuk anda yang ingin menonton film-film terbaru dan favorit di smartphone yang sudah dihubungkan ke TV.

Oke Saya ingin sekali mencobanya, apa yang harus dilakukan?

Sebelumnya download terlebih dahulu aplikasi Google Home di android dan iPhone :

Kemudian, berikut ini langkah-langkah mudah untuk menghubungkan smartphone dengan TV biasa yang dibantu dengan android tv box :

aplikasi google home hub copy

  1. Syaratnya kalian harus sudah berlanggananan internet wifi dirumah dengan tambahan android tv box, kemudian internetnya juga harus dalam keadaan aktif dan lancar.
  2. Buka aplikasi google home, kemudian klik mulai dan login menggunakan akun gmail anda.
  3. Maka akan masuk ke halaman berikutnya, yang mendeteksi perangkat android tv box anda.
  4. Tekan pada perangkat yang terdeteksi itu kemudian akan muncul tampilan pengontol volumenya tv.
  5. Dari situ anda sudah bisa mengecilkan dan membesarkan volume suaranya.
  6. Nah dibagian bawah tepatnya di pojok kanan bawah ada  tulisan Transmisikan Layar
  7. Tekan itu, maka tampilan smartphone anda akan muncul di tv kesanyangan.
  8. Nah setelah itu akses deh browser untuk membuka website yang menyediakan film-filem korea terbaru, film box office , pokoknya semua film favorit anda sekarang bisa anda tonton di tv. tidak perlu lagi pegel-pegel tangannya megangin Hp untuk nonton film seperti biasanya.

Kenapa Aplikasi ini bisa menyambungkan smartphone ke tv?

Jadi anda bisa menggunakan aplikasi google home ini untuk berbagai macam produk seperti :

  • Menyiapkan perangkat Google Nest dan Home (Google Home, Google Nest Mini (generasi kedua), Google Home Mini (generasi pertama), Google Home Max, Google Nest Hub, Google Nest Hub Max), Google Nest Wifi, dan Chromecast (Chromecast, Chromecast Ultra, Chromecast Audio, serta TV dan speaker yang dilengkapi Chromecast).
  • Mengontrol, mengatur, dan mengelola lampu, kamera, TV, dan perangkat lainnya yang kompatibel, semua hanya dari satu perangkat. Aplikasi Google Home berfungsi seperti remote dengan ribuan perangkat smart home dari merek paling populer.
  • Mengelola setelan dan preferensi Asisten Google Anda.

Fitur Chromecast sudah ada di android tv box yang anda punya, jadi aplikasi ini bisa mengontrolnya dan mentransmisikan tampilan smartphone ke tv. Jika anda nonton youtube di smartphone, anda bisa dengan mudah menghubungkan ke tv anda, tanpa bantuan aplikasi ini. cukup tekan logo chromecast/transmisi maka diaakan otomatis terhubung. Selamat mencoba ya!