Surat Al Hujurat

Pengenalan Surat Al Hujurat

Surat Al Hujurat merupakan surat ke-49 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 18 ayat dan nama Al Hujurat diambil dari ayat pertama surat ini. Surat Al Hujurat termasuk surat Madaniyah karena diturunkan setelah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Isi Surat Al Hujurat

Surat Al Hujurat membahas tentang akhlak dan adab yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ayat-ayat dalam surat ini memberikan pedoman tentang hubungan sosial, hubungan dengan Allah, dan hubungan dengan Rasulullah SAW.

Ayat-ayat Terkenal dalam Surat Al Hujurat

Ayat-ayat terkenal dalam Surat Al Hujurat antara lain:

“Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Al Hujurat: 13)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan). Dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita yang diolok-olokkan itu lebih baik dari wanita yang mengolok-olokkan. Janganlah kamu saling mencela dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk setelah (manusia) memperoleh iman. Dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (Al Hujurat: 11)

Akhlak dalam Surat Al Hujurat

Surat Al Hujurat memberikan pelajaran-pelajaran tentang akhlak yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa akhlak yang ditekankan dalam surat ini antara lain:

1. Berbicara dengan sopan dan tidak memanggil orang dengan sebutan yang tidak pantas.

2. Menjaga kehormatan dan privasi orang lain.

3. Tidak mengolok-olok atau mencela orang lain.

4. Tidak menyebar fitnah atau kabar burung yang tidak jelas kebenarannya.

5. Menjaga hubungan dengan Allah dan Rasulullah SAW.

Kesimpulan

Surat Al Hujurat memberikan pengajaran tentang akhlak dan adab yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Surat ini mengajarkan kita untuk berbicara dengan sopan, menjaga kehormatan dan privasi orang lain, tidak mengolok-olok atau mencela orang lain, tidak menyebar fitnah atau kabar burung yang tidak jelas kebenarannya, dan menjaga hubungan dengan Allah dan Rasulullah SAW. Dengan menerapkan ajaran-ajaran dalam Surat Al Hujurat, kita dapat menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain.