Bacaan Sholat dan Artinya

Sholat adalah salah satu ibadah pokok dalam Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Dalam melaksanakan sholat, terdapat bacaan-bacaan yang harus dibaca oleh setiap muslim yang melaksanakan sholat. Bacaan sholat ini memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Berikut adalah bacaan sholat dan artinya.

Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram adalah bacaan pertama yang dibaca dalam sholat. Bacaan ini memiliki arti sebagai tanda dimulainya sholat dan sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT. Bacaan takbiratul ihram adalah sebagai berikut:

Allahu Akbar

Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah adalah surat yang wajib dibaca dalam setiap rakaat sholat. Surat Al-Fatihah adalah surat yang memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Bacaan surat Al-Fatihah adalah sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, Ar-Rahmanirrahim, Maliki Yaumiddin, Iyyaka Na’budu Wa Iyyaka Nasta’in, Ihdinassiratal Mustaqim, Siratal Ladhina An’amta ‘Alaihim, Ghairil Maghdubi ‘Alaihim Waladdallin.

Surat Pendek

Setelah membaca surat Al-Fatihah, selanjutnya umat muslim membaca surat pendek. Surat pendek yang dibaca tergantung pada rakaat yang sedang dilaksanakan. Berikut adalah bacaan surat pendek yang biasa dibaca dalam sholat:

Surat Al-Ikhlas:

Qul huwallahu ahad, Allahus samad, Lam yalid wa lam yulad, Wa lam yakullahu kufuwan ahad.

Surat Al-Falaq:

Qul a’udhu bi rabbil falaq, Min sharri ma khalaq, Wa min sharri ghasiqin idza waqab, Wa min sharrin naffathati fil ‘uqad, Wa min sharri hasidin idza hasad.

Surat An-Nas:

Qul a’udhu bi rabbin nas, Malikin nas, Ilahin nas, Min sharril waswasil khannas, Alladhi yuwaswisu fi sudurin nas, Minal jinnati wan nas.

Rukuk

Setelah membaca surat pendek pada rakaat pertama, selanjutnya umat muslim melakukan rukuk. Rukuk adalah sujud yang dilakukan dengan posisi membungkuk. Bacaan yang dibaca saat melakukan rukuk adalah:

Subhanallah Rabbiyal Adzim

I’tidal

Setelah melakukan rukuk, selanjutnya umat muslim melaksanakan i’tidal. I’tidal adalah posisi sholat yang dilakukan dengan posisi berdiri kembali setelah melakukan rukuk. Bacaan yang dibaca saat melakukan i’tidal adalah:

Sami’allahu liman hamidah, Rabbana wa lakal hamd.

Sujud

Setelah melakukan i’tidal, selanjutnya umat muslim melakukan sujud. Sujud adalah posisi sholat yang dilakukan dengan posisi bersujud. Bacaan yang dibaca saat melakukan sujud adalah:

Subhanallah Rabbiyal A’la

Duduk Antara Dua Sujud

Setelah melakukan sujud, selanjutnya umat muslim duduk antara dua sujud. Bacaan yang dibaca saat duduk antara dua sujud adalah:

Rabbighfirli, Warhamni, Wahdini, Warzuqni, Wa ‘Afini.

Sujud Kedua

Setelah duduk antara dua sujud, selanjutnya umat muslim melakukan sujud kedua. Bacaan yang dibaca saat melakukan sujud kedua adalah:

Subhanallah Rabbiyal A’la

Duduk Tasyahud Awal

Setelah melakukan sujud kedua, selanjutnya umat muslim duduk tasyahud awal. Bacaan yang dibaca saat duduk tasyahud awal adalah:

At-Tahiyyatu Lillahi Was Shalawatu Wattayyibatu, Assalamu ‘Alaika Ayyuhannabiyyu Warahmatullahi Wabarakatuh, Assalamu ‘Alaina Wa ‘Ala Ibadillahis Shalihin, Ashhadu Alla Ilaha Illallahu, Wa Ashhadu Anna Muhammadan Rasulullah.

Duduk Tasyahud Akhir

Setelah melakukan sujud kedua, selanjutnya umat muslim duduk tasyahud akhir. Bacaan yang dibaca saat duduk tasyahud akhir adalah:

At-Tahiyyatu Lillahi Was Shalawatu Wattayyibatu, Assalamu ‘Alaika Ayyuhannabiyyu Warahmatullahi Wabarakatuh, Assalamu ‘Alaina Wa ‘Ala Ibadillahis Shalihin, Ashhadu Alla Ilaha Illallahu, Wa Ashhadu Anna Muhammadan ‘Abduhu Wa Rasuluh.

Salam

Setelah duduk tasyahud akhir, selanjutnya umat muslim memberikan salam. Salam adalah tanda bahwa sholat telah selesai dilaksanakan. Bacaan yang dibaca saat memberikan salam adalah:

Assalamu ‘Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Kesimpulan

Bacaan sholat dan artinya memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Dalam melaksanakan sholat, setiap muslim harus membaca bacaan yang telah ditentukan dengan benar dan dengan penuh kesadaran. Dengan membaca bacaan sholat dengan benar, maka sholat yang dilaksanakan akan menjadi lebih sempurna dan mendapatkan pahala yang lebih besar dari Allah SWT.