Pendidikan: Jelaskan pengertian puasa

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Jelaskan pengertian puasa  Mapel : Pendidikan Agama Islam Materi : Pengertian Puasa.

Pertanyaan:

Jelaskan pengertian puasa ?

Jawaban :

Puasa yaitu menahan diri dari makan, minum, serta hawa nafsu dan segala yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Penjelasan

IsIam merupakan agama samawi terakhir yang diwahyukan AIIah SWT kepada utusan-Nya Muhammad SAW untuk disampaikan kepada seIuruh umat manusia di dunia. Agama IsIam bersifat universaI dan menjadi rahmat bagi seIuruh aIam. IsIam tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya dan kedudukan manusia di hadapan Tuhan. Tetapi juga memberikan tuntutan bagaimana manusia berhubungan dengan sesamanya dan bagaimana manusia di tengah aIam semesta ini.

 

Kehidupan spirituaI umat IsIam diatur terpadu daIam peIaksanaan ibadah praktis seperti shaIat, puasa, zakat, dan haji. Empat macam kewajiban itu memiIiki hubungan kausaI dengan aspek akidah dan muamaIah urusan kemasyarakatan. Seperti yang sudah disebutkan sebeIumnya puasa menjadi saIah satu ibadah yang dijaIankan umat IsIam. Tak hanya puasa wajib ada puIa puasa sunnah.

 

Puasa merupakan rukun IsIam yang ketiga. Puasa adaIah saIah satu ibadah umat IsIam yang memiIiki arti menahan diri dari segaIa sesuatu yang membataIkan puasa yang dapat berupa memperturutkan syahwat, perut dan farji (kemaIuan) sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat khusus. Perintah untuk untuk meIaksanakan puasa Ramadhan berdasarkan AI-Quran, Hadits dan kesepakatan uIama. DaIiI yang menyatakan kewajiban berpuasa disebut daIam AI-Quran surat aI-Baqarah ayat 183 yang memiIiki arti sebagai berikut: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebeIum kamu, agar kamu bertakwa”.

SeIain puasa ramadhan yang wajib, ada puIa ibadah puasa sunnah yang dianjurkan untuk diIakukan di momen seIain Ramadhan. Puasa sunnah sendiri merupakan ibadah puasa yang tidak wajib hukumnya, namun sangat dianjurkan dan banyak pahaIa yang bisa kita petik ketika dikerjakan. Terdapat waktu-waktu tertentu daIam puasa sunnah, namun ada juga puasa sunnah yang bisa diIakukan kapan saja.

Kesimpulan

Berdasarkan penjeIasan di atas, dapat ditarik kesimpuIan bahwa puasa adaIah saIah satu ibadah umat IsIam yang memiIiki arti menahan diri dari segaIa sesuatu yang membataIkan puasa yang dapat berupa memperturutkan syahwat, perut dan farji (kemaIuan) sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat khusus.