Pendidikan: Jelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah.

Berikut ini jawaban sudah terverifikasi ahli tentang pertanyaan Jelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah. Mapel: agama Kelas: 6 Materi: Zakat.

Pertanyaan :

Jelaskan pengertian zakat menurut bahasa dan istilah.

Jawaban:

Zakat dalam istilah adalah harta seorang muslim yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya seperti fakir miskin, yatim dan lain sebagainya.

Penjelasan:

Zakat dalam istilah adalah harta seorang muslim yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Muslim dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya seperti fakir miskin, yatim dan lain sebagainya.

Zakat dari segi bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat agama Islam. Zakat merupakan rukun keempat dari rukun Islam.

Hukum Zakat

Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu pokok bagi tegaknya syariat umat Islam. Hal ini ditegaskan di sebuah hadits yang dari Ibnu Umar, Rasulullah menyebutkan bahwa “Islam dibangun di atas lima tiang pokok, yaitu kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan naik haji bagi yang mampu.”makanya, hukum zakat adalah wajib fardhu atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah seperti salat, haji, dan puasa yang telah diatur secara sangat rinci berdasarkan Al quran dan Sunah.

Jenis zakat

Zakat terbagi atas dua jenis yakni:

  •    Zakat fitrah

Zakat yang wajib dikeluarkan umat muslim menjelang hari raya Idul Fitri pada bulan suci Ramadhan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah tersebut.

  •    Zakat maal (harta)

Zakat yang dikeluarkan seorang muslim yang meliputi hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing-masing jenis memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.

 

Pelajari:

  1. Jelaskan pengertian zakat
  2. Zakat fitrah disebut juga zakat
  3. Sebutkan yang termasuk syarat wajib Zakat
  4. Bacaan doa ijab qobul zakat​
  5. Sebutkanlah hikmah zakat